Kecepatan Loading Blog Bukan Hanya Tergantung Pada Server atau Blognya Saja

Kecepatan Loading Blog Bukan Hanya Tergantung Pada Server atau Blognya Saja
"Kalau kecepatan loading blog di atas 3 detik pembaca akan kabur!" Itulah jargon yang sering digembar-gemborkan para pakar dan master blogging Indonesia. Entah darimana mereka mendapatkan data 3 detik itu. Kemungkinan besar sih hanya dari membaca beberapa situs di luar negeri saja tanpa pernah melakukan sendiri survey atau riset terkait hal itu. Sesuatu yang juga diragukan mengingat berbagai keterbatasan yang dipunyai blogger.

Mana lah mungkin ada blogger yang mau mengucurkan dana untuk sekedar mendapatkan data. Apalagi blogger Indonesia, yang bukan karena pelit, tetapi karena memang tidak ada uang sama sekali.

Jargon yang lucunya kerap ditelan begitu saja oleh banyak orang dan kemudian disebarkan lagi ke yang lain, bahkan tanpa melewati proses pemikiran ulang dan analisa. Pokoknya begitu ya begitu, lempar saja. Tidak heran hoax banyak beredar di negeri ini.

Pagi ini, saat membuka dashboard beberapa blog yang saya kelola, faktanya hadir di depan mata. Blog-blog berbasis Wordpress self-hosted dan Blogspot semua berjalan lemot ala siput. Padahal yang berbasis Wordpress sudah menggunakan VPS (Virtual Private Server) dan yang blogspot, tentunya sudah cukup paham kemampuan server Google.

Tetapi...

Semua blog loadingnya lambat sekali. Ada yang mencapai 1 menit baru tampil di layar notebook. Ada yang kadan 30-40 detik.

Haruskah saya salahkan pengelola VPS? Perlukah saya menyalahkan Google?

Padahal, kenyataannya jaringan internet di rumah yang lambat . Providernya semakin kurang bagus karena kecepatannya terus menurun. Meskipun demikian, juga ada kemungkinan router yang dipakai sudah uzur dan layaknya sesuatu yang tua tidak bisa berjalan dengan cepat.

Barulah, setelah kemudian dilakukan tethering ke jaringan Telkomsel (3G saja, karena tidak punya ponsel 4G), terlihat performa sebenarnya dari blog-blog itu. Cepat sekali. Bahkan kurang dari 1 detik laman tampil.

Kejadian ini hanya menunjukkan satu hal yang pasti. Jargon lebih dari 3 detik pembaca kabur adalah ngawur dan tidak berdasarkan pada data dan fakta. Itu hanyalah celotehan mendekati omong kosong dari para blogger tutorial.

Bukan berarti kecepatan loading blog tidak penting, tetapi omong kosong karena mereka yang mengumbar tentang itu tidak punya data dan fakta. Mereka hanya mengambil data dari sumber yang mungkin tidak sesuai atau data yang sebenarnya mereka tidak pahami sama sekali.

Kecepatan loading blog atau website tergantung banyak hal. Server, websitenya sendiri, dan satu yang sering dilewat adalah jaringan dan perangkat yang dipergunakan oleh yang pembaca.

Kalau gadget atau jaringan yang dipakai si pembaca lambat, ya maka loadingnya akan lambat juga. Tidak mungkin tidak. Mau memakai VPS atau cloud sekalipun, kalau gadgetnya yang sudah uzur dan jaringannya banyak blank spotnya, ya tidak akan menjadi cepat juga.

Dan, hal itu banyak terjadi di Indonesia yang jaringan internetnya masih entah peringkat ke berapa puluh dunia karena lambatnya. Belum lagi kalau dipakai secara mobile dengan blank spot lumayan banyak.

Jadi, angka 3 detik itu asalnya darimana? Diukur dari perangkat yang mana? Lewat jaringan yang mana?

Bahkan, kalau melihat GTMetrix, website yang kerap dijadikan rujukan dalam soal kecepatan internet, disanapun disebutkan bahwa pengukuran dilakukan dari "server anu" ke "server itu". Ada tolok ukurnya. Bukan merupakan data yang berlaku umum dan di semua area.

Lalu, bagaimana cara para blogger mendapatkan data "lebih dari 3 detik" pembaca kabur? Data negara mana yang dipakai? Kok langsung diterapkan di Indonesia.

Atau karena di Indonesia banyak "orang pintar" yang bahkan bisa menggandakan uang, data tersebut juga didapat dari yang seperti ini?

Yah, kalau begitu pantas saja banyak blogger Indonesia tidak maju-maju. Kalau malas berpikir dan menelaah, bagaimana bisa maju dan berkembang. Tidak heran juga banyak berita bohong bersliweran di negara tersayang ini, ya warganya saja malas untuk melakukan cek dan recek, bahkan tentang satu data kecil tentang "tiga detik".

Lebih mudah menelan saja.

3 Responses to "Kecepatan Loading Blog Bukan Hanya Tergantung Pada Server atau Blognya Saja"

  1. Iya memang begitulah Pak, lebih mudah menelan daripada mengunyah, padahal yang ditelan adalah Batu.Setelah dikerongkongan baru ketahuan ngk enaknya.

    Begitupun dengan pemahaman yang selama ini terjadi, langsung ditempel di jidat karena yang mengatakannya adalah senior blogger, padahal masih banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti perangkat yang sudang uzur.

    Mudah2 dengan artikel ini para blogger menjadi insaf.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ragu kalau bakalan ada yang insaf.. soalnya kenyataan kadang nggak enak didengar. Lebih enak membahas mimpi atau sesuatu yang ngawang saja.. biar keren..

      Delete
  2. Betul pak, walaupun loading blog cepet kalau internetnya lemot ya sama aja. akhirnya lambat-lambat juga.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel