Apakah Hosting VPS Membuat Blog Loading Lebih Cepat?

Apakah Hosting VPS Membuat Blog Loading Lebih Cepat?

Wuzz.. wuzz.. gitu katanya kecepatan loading blog kalau memakai hosting VPS. Yang jelas, kata banyak orang penggunaan hosting Virtual Private Server akan sangat membantu kecepatan penayangan sebuah laman website. Cepat dan bisa mencapai 3 detik. Begitu katanya.

Benar atau tidaknya, ya terus terang, malas untuk mengeceknya. Toh juga kecepatan loading sebuah website tergantung bukan hanya sekedar pada jenis hosting yang dipergunakan. Masih banyak faktor lainnya, seperti template yang dipergunakan, apakah kodingnya sudah dilakukan dengan baik. Berapa banyak foto atau image yang ditampilkan juga memberikan pengaruh.

Dan, yang pasti adalah kecepatan internet yang dipergunakan oleh yang membuka blog itu. Meskipun memakai VPS atau Cloud hosting sekalipun, kalau memakai mobile data dan berada di blank spot atau ketika peak hours, atau puncak pemakaian, ya hasilnya sama saja, alias tetap lemot. Begitu juga kalau memakai internet statis di rumah yang jaringannya dipakai begitu banyak pemakai dan penuh, rasanya jelas kecepatan loading sebuah laman tidak akan cepat.

Jadi, sebenarnya tidak bisa dikatakan bahwa pemakaian hosting VPS memberi kepastian loading blog atau website menjadi cepat dan di bawah 3 detik.

Ngawur saja kalau ada yang bisa memastikan.

Hanya, kalau diukur dari perangkat yang sama, seperti laptop yang sama dengan jaringan internet yang sama, bisalah dibuatkan sedikit perbandingan soal kecepatan. Apalagi kalau pemakainya sama. Jadi, agak lebih sahih sedikit untuk memberikan ulasan atau opini.

Ternyata, hasilnya.. memang menggunakan hosting VPS membuat blog menjadi lebih cepat. Setidaknya itu yang saya alami setelah pindah dari shared hosting di salah satu provider jasa internet Indonesia.

Penilaian itu diukur bukan menggunakan GTMetrix atau Pagespeed Insight, tools yang biasa digunakan kalau berbicara tentang kecepatan loading sebuah website. Tetapi, itu tidak saya gunakan.

Ini hanya penilaian berdasarkan pengamatan saja.

Itupun bukan dilakukan dengan mencoba menayangkan sebuah laman di blog, tetapi rasa bahwa kecepatan loading meningkat hadir ketika mengakses dashboard dari beberapa blog Wordpress Self Hosted yang saya kelola. Dibandingkan ketika memakai shared hosting, terasa sekali ada peningkatan kecepatan.

Dulu saat memakai shared hosting, terkadang agak lama kursor berputar-putar agar dashboardnya tampil. Kadang membuat saya kesal menunggu. Sekarang, setelah memakai VPS, dashboard butuh waktu lebih sedikit daripada untuk menguap.

Bahkan untuk menampilkan laman login dari Wordpress juga singkat sekali.

Cepat. Memang.

Begitu juga ketika mengupload foto, maklum lah blog yang saya kelola banyak mengandalkan foto, belum terjadi adanya gagal upload seperti yang kerap dialami saat memakai shared hosting. Semua foto bisa terunggah sempurna tanpa halangan, pertanda tidak adanya gangguan atau interupsi saat pengunggahan terjadi.

Waktunya juga lebih cepat.

Ketika menekan tombol preview juga sama. Tidak ada lagi waktu tunggu yang lama, tergantung dari halamannya, rata-rata kalau dihitung pakai stopwatch berada di bawah 3 detik. Lumayan bagus.

Kesimpulannya adalah betul, memang, bahwa memakai VPS ternyata bisa membantu mempercepat waktu loading sebuah laman.

Dan, hal itu membuat saya senang karena tidak lagi merasa bete atau jengkel karena kesulitan mau login atau mengupload foto. Itu sekarang. Entah nanti ketika pengunjung bertambah banyak, apakah masih terasa demikian atau tidak.

Entahlah. Bodo amat dan rasanya tidak harus dipikirkan sekarang. Yang penting saat ini adalah menikmati perubahan yang menggembirakan.

2 Responses to "Apakah Hosting VPS Membuat Blog Loading Lebih Cepat?"

  1. Apakah membeli 1 vps ini hanya untuk 1 domain saja pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa buat banyak domain.. saya memakainya untuk 2 domain dan 4 subdomain alias 6 website..:-D Ogah rugi.. hahahaha

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel