25 Website Penyedia Foto dan Image Gratis Untuk Artikel - Bukan Hanya Pixabay!

Website Penyedia Foto dan Image Gratis Untuk Artikel - Bukan Hanya Pixabay!

Image di atas bagus sekali bukan. Pemandangan pantai berpasir putih dengan laut biru itu tentunya membuat Anda ingin segera berlibur. Hebat fotografernya bisa mengabadikan keindahan seperti itu.

Bukan saya. Walau saya juga bisa disebut fotografer, tetapi bukan saya yang menghasilkan foto tersebut. Foto itu diambil dari salah satu website penyedia foto dan image gratis yang banyak ada di internet. Lisensinya CC 0 atau public domain alias mau dipergunakan untuk apa saja boleh, termasuk komersial. Mau memberi backlink atau tidak juga tidak perlu dipikirkan.

PIXABAY! Mungkin itu tebakan Anda. Nama itu memang sepertinya sudah terpatri dan terkoneksi dengan frase "foto gratis" atau "image gratis". Pertanda juga bahwa Anda seorang blogger atau setidaknya gemar berselancar di internet. Maklum, blogger biasanya gemar mencari image berlisensi bebas karena berarti tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membuat artikel.

Tetapi, boleh saya jawab kalau memang itu yang ada di pikiran Anda bahwa foto tersebut berasal dari si Pixabay? Jawabannya SALAH.

Foto atau image tersebut diambil dari FuriousCamera, sebuah website sejenis dengan Pixabay atau Pexels yang menyediakan image atau foto gratis bagi siapapun yang memerlukannya. Tidak perlu bayar dan juga tidak perlu memberikan backlink apapun.

Mau dipakai untuk komersial juga boleh. Itu tertulis jelas ketika Anda memasuki homepage dari website ini.

Dan Furious Camera hanyalah satu dari puluhan website sejenis yang menawarkan image atau foto gratis kepada semua orang yang memerlukannya. Saya sebut puluhan karena memang ada banyak sekali website penyedia foto dan image gratis. Bukan hanya Pixabay saja.

(Baca juga : Beda Foto Dari Pexels dan Pixabay

Website Penyedia Foto dan Image Gratis Untuk Artikel - Bukan Hanya Pixabay!
Sumber foto : Startupstockphotos

Dalam segi jumlah serta variasi foto, Pixabay memang dikata yang paling top diantara msemua website penyedia foto gratis ini. Tetapi, bukan tanpa kelemahan. Image-image di website itu disuplai oleh banyak orang dengan kemampuan yang berbeda-beda, itulah mengapa terkadang ada foto yang terasa kurang bagus atau menarik karena pemotretnya mungkin kurang berpengalaman.

Dalam tulisan yang linknya sudah disebutkan di atas foto ini, dijelaskan bahwa dalam segi artistik dan pengambilan foto, image yang berasal dari Pexels terasa lebih baik dibandingkan yang berasal dari Pixabay. Itu penilaian dari saya sendiri, seorang blogger yang juga menyukai dunia potret memotret.

Terlepas dari itu, dengan mengetahui sumber foto gratis lain, tentu juga akan semakin menguntungkan jika Anda adalah blogger, publisher, atau apapun yang membutuhkan image gratis. Pilihan menjadi semakin banyak dan variasinya menjadi hampir tidak terbatas.

Iya kan. Apalagi ada beberapa website image gratis yang mengkhususkan diri pada genre atau topik tertentu, seperti Startupstockphotos yang mengkhususkan diri untuk membuat foto bagi usaha pemula.

Nah, mungkin jika Anda belum tahu website-website apa yang menyediakan foto atau image gratis, dan selama ini hanya tahu Pixabay saja, silakan lihat di bawah ini. Beberapa di antaranya merupakan langganan saya juga.

Website Penyedia Foto dan Image Gratis

1) PIXABAY

Tetap harus dimasukkan ke dalam daftar karena masih merupakan tempat yang "luar biasa" untuk menemukan foto atau image yang dibutuhkan. Dari berbagai segi, variasi, jumlah, website ini memang bisa disebut amazing, alias luar biasa.

Tidak perlu dijelaskan lebih lanjut lagi karena sudah pasti banyak yang mengetahuinya.

2. PEXELS

Dari segi jumlah dan variasi, jelas kalah jauh dari Pixabay. Pasti itu. Tetapi, dari sisi lain, yaitu segi artistik rasanya, website ini sedikit berada di atas Pixabay. Website ini juga fokus pada foto dan bukan image (tahu bedanya kan?)

3. UNSPLASH

Kebanyakan foto, tetapi image juga ada. Variasinya lumayan banyak dan bisa digunakan untuk berbagai hal.

Dari segi jumlah, kurang lebih sama dengan Pexels. Segi artistik pun begitu juga.

Setiap 10 hari akan ada penambahan 10 foto/image baru.

Soal lisensi, jangan khawatir CC zero alias Public Domain dan bisa digunakan untuk apa saja.

4. REALISTIC SHOTS

Butuh foto pemandangan yang indah? Website ini menyediakan banyak. Kualitasnya juga tidak meragukan. Tetapi, kalau memang butuh sesuatu yang bernuansa kantoran pun bukan sebuah masalah, ada cukup banyak.

Tujuh foto diupload setiap minggu. Sedikit kelihatannya, tetapi pasti lebih dari kebutuhan kita.

Foto-fotonya bebas mau dipergunakan untuk apapun alias CC 0

5.  LIFE OF PIX

Namanya berarti "Kehidupan Gambar/Image". Foto-foto yang ditawarkannya, bisa dikata yang paling spesial dan bagus kalau dari segi fotografi. Indah dan membuat ternganga.

Maklum saja, website penyedia foto gratis yang satu ini sepertinya fokus pada menyediakan foto pemandangan dan landscape.

Tidak terlalu banyak dalam hal jumlah, tapi rasanya siapapun bisa terjebak di dalamnya menikmati keindahan pemandangan dari seluruh dunia, meski tidak menemukan yang dicari disini.

INI BUKAN MUNGUT DARI WEBSITE PENYEDIA FOTO GRATIS YAH.. HASIL KARYA SENDIRI


6. Barn Images

Kalau diterjemahkan namanya "Gudang Image". Tidak salah juga karena memang banyak sekali yang diberikan disini. Mulai dari yang sekedar pemandangan hingga yang terlihat menarik dari sudut seni.

Dua fotografer dari Latvia, Latvia, Igor Trepeshchenok dan Roman Drits adalah orang yang berada di belakang website yang menyediakan foto berkualitas tinggi ini.


7. Free Nature Stock

Dari namanya saja sudah terlihat jenis foto yang dibagikan di website yang merupakan proyek pribadi seorang fotografer bernama Adrian Pelletier ini. Betul sekali tentang "alam". Nature = Alam.

Buat Anda yang ingin memberi kesegaran sejenak kepada para pembacanya, foto-foto di website ini akan sangat membantu setelah membaca artikel yang berat-berat.


8. Jay Mantri

Namanya seperti orang Indonesia yang kerap disebut tukang suntik tetapi bukan dokter, mantri. Tetapi, tentunya bukan. Anda tidak akan menemukan jarum suntik di website miliknya.

Yang Anda akan temukan adalah berbagai foto berkualitas yang bisa dipergunakan untuk apa saja karena berlisensi CC 0 . Ya bebas, bahkan untuk keperluan komersial.

Jangan khawatir kualitasnya jelek karena Jay Mantri adalah seorang desainer grafis yang juga seorang fotografer profesional. Jadi, hasilnya tidak akan mengecewakan.


9. Photo Collections

"Koleksi Foto" itu terjemahan dalam bahasa Indonesianya. Tidak salah juga karena website ini memang merupakan kumpulan dan koleksi foto dari seorang fotografer bernama Vadim Goncharov. Terus terang melihat hasil jepretannya membuat iri saya.

Keren banget. Tema kebanyakan fotonya adalah tentang alam, pemandangan, dan binatang.

Bebas dipergunakan untuk apa saja. Baik sekali kan fotorgafernya.


10.Kaboompics

Kaboom! Dan, Anda hanya perlu memilih foto yang Anda mau dari ribuan foto yang ada di website penyedia foto yang satu ini.

Pengguna foto dari website yang satu ini termasuk nama-nama terkenal, seperti CNN atau Forbes. Kualitasnya memang keren dan foto-fotonya terasa sekali diambil dengan teknik dan naluri seni yang sangat baik.

11. Picography

Gunakan dengan cara yang kamu mau. Itulah inti lisensi foto-foto yang disediakan oleh Hidden Depth ini. Mau sekedar untuk pemanis postingan atau bahkan untuk presentasi proyek bisnis yang bernilai milyaran.

Silakan saja.

12. Travel Coffee Book

Lisensinya sama, bebas atau Public Domain. Hanya memang keterbatasan dari foto-foto di website yang ini adalah tema-nya yang berkisar pada momen-monen perjalanan saja.

Soal kualitas dan nilainya tidak ada masalah karena diambil dengan sangat baik. Kalaupun tidak ada yang cocok, jalan-jalan ke website penyedia image yang satu ini akan menambah pengetahuan tentang keindahan yang ada di dunia karena dilengkapi dengan keterangan.

13. Stocksnap

Mirip dengan Pixabay dan Pexels. Lingkup foto dan image yang ada disini beragam sekali. Kualitasnya kurang lebih sama dengan Pixabay. Jumlah, tidak sebanyak web itu tetapi tetap akan membuat Anda pegal kalau mau menelusuri semua fotonya.

Foto-fotonya tersusun dalam berbagai kategori yang sangat membantu dalam pencarian.

14.  The Pic Pac

Namanya mirip dengan permen Tic Tac atau game Pacman, tetapi isinya bukan tentang kedua hal itu. Isinya adalah foto-foto, yang tentunya bisa dipergunakan secara bebas.

Foto-fotonya dikumpulkan dalam berbagai tema dan diberi judul seperti Sacramento, Night at the Fair. Bagus untuk mengenal dunia luar sana lewat image kalau tidak ada image yang bisa dipergunakan.

15. Cupcake

Cupcake itu nama makanan, tetapi website milik Jonas Nilsson Lee bukan menyediakan tentang foto-foto kue saja. Website ini berisi berbagai foto dengan resolusi tinggi dan berkualiatas baik.

16. Tookapic

Rekam kehidupanmu dalam foto, satu kali setiap hari. Mendorong setiap orang untuk mengabadikan apa kehidupan masing-masing dan kemudian membagikannya kepada dunia (lewat mereka tentunya).

Memang website yang satu ini tidak 100% bebas lisensi, tetapi ada bagian dimana banyak foto dibagikan 100% bebas untuk apa saja.

 17.  Snapwire Snaps

 Foto-fotonya bagus-bagus, cuma sayangnya karena memakai "Tumblr", media sosial yang dilarang di Indonesia, sulit diakses. Kecuali Anda punya aplikasi VPN untuk menerabas blokir internet positif Indonesia.

Tapi, kalau memang butuh silakan saja, kualitasnya bagus-bagus kok.

18. Foodies Feed

Website penyedia image gratis yang satu ini khusus untuk mereka yang bergelut dalam dunia gastronomi atau nama umumnya kuliner. Hal itu bisa terlihat dari namanya yang berhubungan dengan makanan.

Foto-foto disini menunjukkan bahwa apa saja sebenarnya bisa dijadikan foto yang indah asalkan fotografernya tahu cara memotret dengan baik dan benar.

Tempat ini juga cocok untuk mereka yang kurang nafsu makan, karena terkadang melihat foto-foto yang terpajang di website ini membuat perut berbunyi keroncongan.

19. Picjumbo

Website penyedia foto gratis yang satu ini, kalau melihat latar belakangnya, adalah contoh bahwa penolakan bisa membuat orang terpacu lebih maju.

 Viktor Hanacek mendirikan website ini tahun 2013 karena berbagai website foto stok menolak hasl jepretannya karena dianggap kurang bagus.

Tetapi, percayalah kalau Anda melihat foto-fotonya, Anda akan heran kenapa ia ditolak. Banyak foto dan image yang bisa membuat Anda kagum. Dan, tentunya bebas digunakan.

20. Skitterphoto

Tempat berbagi foto yang dengan jelas di halaman awal mencantumkan "Public Domain" alias "CC0" yang artinya bebas dipergunakan untuk apapun tanpa memberikan link apapun (kecuali kalau mau).

Dan, website yang mengajarkan bahwa semua hal bisa dijadikan foto yang indah.

21. BucketlistlyPhoto

Ingin lihat keindahan di Barcelona? Coba saja datang ke sini. Banyak foto yang menggambarkan keunikan dan kemegahan berbagai bangunan bernilai historis di website yang satu ini.

Maklum, tema yang diusung adalah tema traveling. Jadi yang satu ini bisa menjadi tempat melihat keindahan dan keunikan di berbagai negara, selain tentunya mengambil foto gratis.

22. Gratisography

Siapa yang tidak suka gratis. Anda membaca tulisan ini juga salah satunya berharap lebih tahu nama-nama website penyedia image dan foto gratis kan?

Itulah inti dari namanya, yang kalau diterjemahkan secara bebas adalah seni gratisan.

Tapi, jangan salah yah. Walau gratis kualitas image disini juga bagus. Penekanannya pada image yang artistik daripada sekedar foto.

23. ISO Republic

ISO adalah salah satu dari tiga pilar fotografi yang terpenting. Jadi Republik ISO sudah pasti berbicara tentang foto.

Butuh foto penggaris dan alat tulis? Ada. Butuh foto komputer? Ada juga. Banyak kategori foto yang ada di sini. Silakan pilih sendiri.

24. NEGATIVE SPACE

Negatif dalam hal ini bukan hal-hal yang buruk, tetapi adalah kata yang merujuk pada penggunaan "film" untuk memotret seperti yang dipakai pada kamera di masa lalu.

Website ini menawarkan foto dari berbagai genre yang lumayan luas, dan tentunya semuanya GRATIS.

25. Stock Up

Pernah melihat foto strawberry yang membuat Anda merasa ingin memakannya? Ada disini lo. Kualitas fotonya dari segi teknis bagus dan berseni.

Silakan pilih saja sesuai keperluan Anda. Bebas kok.


YANG INI HASIL KARYA SAYA SENDIRI BUKAN MUNGUT DARI WEBSITE PENYEDIA FOTO GRATIS
YANG INI HASIL KARYA SAYA SENDIRI BUKAN MUNGUT DARI WEBSITE PENYEDIA FOTO GRATIS

Heran? Kok semua nama berasal dari luar negeri? Jangan heran lah. Orang Indonesia kadang pelit untuk berbagi yang seperti ini. Semua terkadang diukur dengan uang. Hampir tidak ada website penyedia foto gratis yang berasal dari Indonesia.

Tidak mengherankan kok karena terkadang para blogger saja gemar sekali memakai watermark untuk foto-fotonya. Katanya supaya jangan sampai dicuri. Padahal, kalau dilihat foto-fotonya nggak bagus.

Saya sendiri sempat terpikir seperti itu, hanya karena belajar, pada akhirnya saya lebih suka juga berbagi. Silakan saja kalau memang ada foto yang menarik untuk dipergunakan (disini sih sudah pasti tidak ada karena kebanyakan saya memungut saja). Itulah juga kenapa saya  memutuskan berbagi di wikimedia commons.

Ke-25 website penyedia foto dan image gratis ini hanyalah sebagian saja. Masih ada puluhan lagi yang kalau ditulis, bikin bosan saya. Jadi, saya putuskan cukup 25 saja yang dipajang.

Terus kalau bertanya kenapa tidak diberikan link langsung ke website yang disebutkan, maka jawaban saya sih "Jangan terlalu malas bro and sis, silakan pakai Mbah Google saja, pasti ketemu" Kalau untuk mencari saja maunya disuguhi, yah lebih baik tidak ngeblog karena itu kunci dari perkembangan seorang blogger, yaitu belajar, belajar, dan belajar. Jangan mau disuapi terus.

Jadi, namanya sudah jelas diberikan, sisanya, usaha sendiri. Bodo amat kalau para blogger tutorial menyebut hal yang seperti ini sebagai bodoh, tetapi saya rasa pembaca juga harus mau berusaha untuk mencari sendiri dan bukan hanya mau "tinggal klik" saja.

Kalau mau berkembang dan punya pilihan foto dan image secara gratis, minimal keluarkan usaha sedikit untuk mencari lokasinya.

Iya nggak?

Selamat berburu foto!

10 Responses to "25 Website Penyedia Foto dan Image Gratis Untuk Artikel - Bukan Hanya Pixabay!"

  1. Saya tersinggung nih, Pak. Hehehe.
    Foto di blog saya semuanya pakai watermark. Padahal jelek-jelek.

    Tapi ada keuntungannya juga loh, Pak. Kan banyak tuh yang copas isi blog saya dan kadang artikel tersebut jadi yang pertama muncul dipencarian Google. Dengan menggunakan watermark pembaca bisa mencari tahu sendiri blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha... ga papa teh... iseng ajah.. alau saya sekarang pilih berbagi ..

      Delete
  2. Selama ini saya taunya Pixabay. Makasih loh infonya sangat bermanfaat. Sekarang saya punya banyak pilihan untuk mencari foto atau image di internet. BTW fotonya bagus banget yang penari itu.

    Mungkin kita ketakutan kalo fotonya disalahgunakan pak, bisa jadi ini salah satu alasannya. Saya juga pakai tulisan di fotonya, meski jelek, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha.. pada ngaku fotonya jelek.. hahahahha

      Delete
  3. Iya, yg pernah denger cuma yang pixabay aja emang

    Hmmmm aku hampir gak pernah pake foto orang sih, soal nya personal blogger yg ceritain keseharian kan

    Ada sih sesekali, biar lucu aja. tapi cuma ngandelin google image dan nyantumin link nya, gak inget itu dr referensi situs mana aja wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lebih enak personal blogger sih.. ga akan ada yang nyamain

      Delete
  4. Kalau saya cukup Ambil dari Pixabay..sudah cukup untuk kebutuhan blog meski sebenarnya lebih suka pakai foto sendiri. Kameranya pasti bagus nih Mas Anton, kalau saya pakai HP sih jadi pas pasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup.. sebenarnya Pixabay saja sudah banyak menyediakan foto yang pasti lebih dari cukup kalau sekedar untuk ngeblog

      Hemm.. saya nggak selalu pake DSLR. Banyak foto saya juga memakai HP/smartphone juga, selama kita tahu cara memakainya hasil fotonya bisa bagus juga kok..

      Coba cek LB Fotografi deh, disana saya memajang beberapa foto hasil jepretan HP yang kalau menurut saya hasilnya juga OK. Eh maaf jadi promosi blog milik sendiri..:-D

      Delete
  5. saya meluncur ke website penyedianya pak, pingin liat foto-foto yang bagus seperti apa, buat belajar dana nambah ilmu teknik fotonya. walapun saya jarang hunting foto pake kamera(kebanyakan foto pake hp)

    tapi teknik pengambilan gambarnya bisa di belajari.

    thanks. udah di suapi . ha..ha..haaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini om ke Bogor.. nanti saya kasih training motret gratis.. hahahahahahahaha...

      mau pakai hape atau dslr kalau tahu caranya tetap bisa menghasilkan foto yang bagus.

      Kalau yang di pixabay atau website-webiste ini sudah mengalami post processing.. jadi terlihat lebih sempurna

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel