Lewat Foto, Mendapatkan Backlink Dari Wikipedia dan Wikimedia Secara Natural

Lewat Foto, Mendapatkan Backlink Dari Wikipedia dan Wikimedia Secara Natural

Backlink lagi! Backlink lagi! Tidak hentinya berbicara tentang kata yang dalam bahasa Indonesia disebut "tautan balik" ini. Tapi, mau tidak mau karena sampai saat ini backlink masih tetap menjadi primadona yang bisa membantu berkembangnya sebuah blog. Apalagi kalau backlinknya berasap dari website-website yang "punya nama", atau istilah teknisnya yang DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) tinggi. Pasti menjadi impian banyak blogger.

Salah duanya adalah backlink dari Wikipedia dan Wikimedia. Dua saudara kembar yang memilii semua hal yang diidamkan para blogger. Populer, ya jelas. Sangat malah karena jutaan orang mengakses keduanya setiap hari di seluruh dunia. DA dan PA sudah jelas sangat tinggi yang menunjukkan tingkat otoritas edua website ini. Jadi, kalau ada yang mengatakan bahwa mendapat backlink dari Wikipedia dan Wikimedia adalah impian, ya tidak salah banget.

Dan, Alhamdulillah, salah satu blog yang saya kelola mendapatkan keduanya, dan secara natural alias karena ada yang merujuk pada tulisan yang saya buat. Tetapi, ada juga yang bisa dikata tidak sengaja, yaitu LEWAT FOTO.

Sebagai seorang blogger yang menggemari juga fotografi, saya kerap mengupload foto ke berbagai situs untuk sharing foto, salah satunya adalah Wikimedia. Kebanyakan foto yang saya unggah kesana adalah hasil jepretan saat berkeliling Bogor dan mencari bahan tulisan untuk Lovely Bogor.

Paling tidak ada 30-an foto yang sudah saya share di Wikimedia selain saya pergunakan untuk artikel di blog tersebut.

Dan, ternyata, setelah beberapa waktu, rupanya ada pengguna lain yang memanfaatkan foto yang saya unggah sebagai bagian dari tulisannya. Rejekinya karena saya juga memberi keterangan bahwa foto tersebut juga dipergunakan di Lovely Bogor (dan memberi link ke blog itu), sang penulis artikel (berbahasa Belanda), juga mencantumkannya dalam artkelnya.

Hasilnya saya mendapatkan backlink dari dua tempat, Wikipedia dan Wikimedia. Backlink tersebut terlihat di Google Webmaster Tool.




Kalau ditanya caranya, sederhana saja. Jangan lupa bahwa Anda harus mendaftar dulu menjadi member Wikimedia

1. Upload foto terbaik yang bertopik khusus ke Wikimedia, seperti tempat atau monumen, hal-hal yang sering dicari dari artikel Wikipedia.
2. Kemudian, di bagian keterangan cantumkan asal foto, atau apakah foto itu dipakai di blog atau website lain (bisa diberi link aktif)
3. Jangan memakai Watermark karena hal itu mencegah orang lain untuk menggunakannya

Upload foto sebanyak-banyaknya agar peluang semakin besar, tetapi pastikan bahwa foto yang diunggah benar-benar karya sendiri dan yang terbaik yang bisa Anda buat. Memiliki tema khusus yang sempit  akan memperbesar peluang.

Tetapi, jangan langsung berkhayal bahwa akan mendapat ratusan backlink karena rupanya sistem Wikimedia sudah disetel agar tidak secara langsung memberikan backlink bagi pengunggah foto. Kalau saya duga, jika foto itu dipergunakan oleh member lain, barulah backlink diberikan.

Dari 30-an yang saya unggah, hanya 3 buah backlink saja yang Lovely Bogor dapatkan, 2 dari Wikimedia dan 1 dari Wikipedia.

Kenapa unggahnya di Wikimedia? Karena website ini rupanya berada di satu payung dengan Wikipedia dan foto/image yang berada di Wikimedia kerap digunakan dalam artikel di Wikipedia. Tidak semuanya, tetapi, sebagian besar image di Wikipedia akan berasal dari Wikimedia.

Foto di atas yang menghasilkan tautan balik adalah Stadion Palasari Bogor dan yang mempergunakan foto itu bukanlah Wikipedia berbahasa Indonesia, tetapi yang berbahasa Belanda. Bayangkan saja kalau ada artikel sejenis dari Wikipedia berbahasa lain, berapa backlink bisa dihasilkan? Dan, saya sudah mendapatkan backlink dari Wikipedia berbahasa Arab selain yang berbahasa Belanda.

Secara natural yah karena saat itu saya harus secara jujur memasang link pada keterangan foto untuk menunjukkan bahwa foto dipergunakan di website lainnya. Ternyata setiap URL yang dimasukkan diubah menjadi link aktif oleh Wikimedia.

Senang, yah senang karena mendapatkan backlink dari Wikipedia dan Wikimedia membantu berkembangnya blog Lovely Bogor, saat ini dan tentunya di masa datang.

Di saat seperti inilah saya merasa bahwa apa yang dikatakan para blogger tutorial tentang blogging bahwa foto hanyalah sekedar pemanis saja, sebenarnya TIDAK BENAR. Justru, foto sebenarnya memegang peranan yang tidak kalah penting untuk menghasilkan backlink. Jadi, kalau ada yang masih percaya pandangan itu, rasanya tepat untuk dibilang "kudet" (kurang update).

8 Responses to "Lewat Foto, Mendapatkan Backlink Dari Wikipedia dan Wikimedia Secara Natural"

  1. Selamat dan sukses selalu buat foto karya mas admin bisa mendapatkan backlink dari Wikimedia.

    Hasil bidikan gambar mas admin memang proposional dan apik dilihat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih om Him..:-D Sukses juga buat si om

      Delete
  2. Backlink... trafik dan jadi duit... he,,,he,,,
    Selamat berburu foto lagi pak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. justru saya sudah lama nggak berburu foto lho...Semakin jarang memegang kamera

      Delete
  3. kemarin-kemarin sibuk di umum sekali ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga.. di Umum Sekali saya justru melakukan pemanasan setelah absen hampir dua bulan. Soalnya ragu langsung terjun ke MM atau LB setelah sekian lama tidak menulis

      Delete
  4. harus pakai kamera yang bagus ya om,,hmmm aku adanya cuma hp,,itupun hp jadul,,ngenes 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm. tidak juga. Saya sering masih memotret dengan kamera HP dan banyak yang saya pakai untuk tulisan di blog. Wikimedia tidak membatasi alat apa yang dipakai.

      Yang terpenting adalah tahu cara memotret, bukan masalah kameranya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel