Beda Foto Dari PEXELS dan PIXABAY

PEXELS dan PIXABAY adalah dua nama yang sangat tidak asing di dunia blogger atau internet. Kedua nama ini berkaitan dengan ketersediaan image atau foto yang merupakan salah satu unsur penting dalam pembuatan artikel atau postingan di sebuah blog.

Maklum saja, tidak semua tulisan yang tayang di sebuah website merupakan hasil karya sendiri. Memang tentu saja ada kalangan blogger idealis yang tetap berpegang teguh pada prinsip bahwa yang harus diterbitkan adalah hasil "karya sendiri" atau yang "dialami sendiri". Tetapi, mayoritas blogger tidak lagi berpegang pada prinsip itu dan mereka mirip dengan banyak media online lainnya, memilih menggunakan berbagai hal yang sudah tersedia di dunia maya daripada bersusah payah membuatnya sendiri.

Kedua website inilah yang kerap menjadi andalan para blogger untuk melengkapi dan mempercantik apa yang mereka tulis.

Saya pun kerap menggunakan keduanya untuk beberapa blog saya, walau untuk 2-3 lainnya, saya menerapkan juga prinsip ini dan memakai foto hasil jepretan sendiri.

Pixabay lebih populer dibandingkan Pexels. Hal itu terjadi karena jumlah foto yang tersedia di website tersebut lebih banyak dan bervariasi. Tetapi, saya sendiri kalau boleh memilih dan kalau image yang dicari ada di Pexels , maka saya cenderung lebih suka menggunakan yang berasal dari Pexels.

Alasannya sederhana saja. Bukan karena ukurannya lebih kecil atau besar, kedua website penyedia foto gratis ini menyediakan hal yang, berbagai variasi ukuran foto. Hal itu lebih disebabkan karena sebagai seseorang yang juga menggeluti dunia fotografi, saya melihat ada perbedaan antara foto dari Pexels dan Pixabay.

Perbedaan itu tida aan terasa di mata orang awa, tetapi karena saya juga seorang fotografer, maka perbedaan itu sangat terasa.

Perhatikan kedua foto di bawah ini, satu dari Pexels dan satu dari Pixabay. Obyeknya sama, yaitu monyet.

Beda Foto Dari PEXELS dan PIXABAY
Image dari Pixabay

Beda Foto Dari PEXELS dan PIXABAY
Image dari Pexels
Sama-sama monyet, tetapi foto yang berasal dari Pexels terasa lebih artistik, mengundang rasa dan perhatian. Pemakaian tekniknya juga lebih baik. Kalau ditelaah lebih jauh lagi, pemilihan obyek pun terkesan tidak sembarangan.

Kedua foto ini bukan berarti semua foto di Pixabay lebih jelek karena tetap saja ada yang bagus dan sesuai dengan teknik fotografi. Tetapi, sepertinya yang memakai Pexels untuk sharing fotonya terlihat lebih mahir dan berpengalaman. Jadi, foto-foto di Pexels, sebagian besar terasa lebih memikat dan enak dilihat kalau dibandingkan dengan yang dishare di Pixabay.

Itulah mengapa, tempat pertama saya mencari foto/image jika memerlukannya, Pexels lah yang saya datangi. Barulah kalau tidak ada yang cocok atau foto yang diinginkan tidak ada, saya melompat ke Pixabay.

6 Responses to "Beda Foto Dari PEXELS dan PIXABAY"

  1. Saya baru tahu kalau ternyata si pixabay ada sodaranya, yaitu pexels. Selama ini saya bergumul dengan si Pixabay saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada beberapa lagi Kang.. Pixabay hanya salah satunya saja

      Delete
  2. Saya juga mau comot dari kedua web tersebut. buat postingan di lain tempat.

    Terima kasih pak saya di kenalin sama pexels. selama ini saya cuma tau pixabay. soalnya jarang berburu foto. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama om.. saya juga sedang hibernasi nih dalam urusan berburu foto.. waktunya semakin berkurang

      Delete
  3. Sama pak saya suka nyari di pexels, unsplash, flickr. Cuma lebih sering di pexels sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Flickr kadang saya masih kurang bebas karena kebanyakan masih berlisensi, walau CC 2 atau 3 atau 4. Kalau di Pexels benar-benar bebas

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel