[Maret-Mei 2018] Beberapa Faktor Penyebab Pendapatan Adsense Meningkat

[Maret-Mei 2018] Beberapa Faktor Penyebab Pendapatan Adsense Meningkat

[Maret-May 2018] Beberapa Faktor Penyebab Pendapatan Adsense Meningkat

Terus terang, bulan Maret sampai dengan Mei 2018 (yang akan segera berlalu ini) termasuk bulan yang sangat menyenangkan bagi saya. Salah satunya adalah karena pendapatan Adsense meningkat dengan stabil dan dalam figur yang lumayan besar.

O ya tetap jangan berharap bahwa akan ada screenshoot pendapatan Adsense saya yah. Tidak akan terjadi. Tetapi, saya akan memberikan indikasi dalam bentuk persentase saja.

"Lumayan besar" diukur dalam persentase karena sejak Maret sampai Mei 2018 ini, rata-rata 40-50% setiap bulannya, seperti April dibandingkan Maret, kenaikannya antara 40-50%, begitu juga Mei dibandingkan April yang besarannya hampir sama.

Senang lah. Lumayan banget mendapat tambahan uang jajan walau recehan sekalipun.

Saya mencoba mengamati dan menganalisa, seperti yang biasa dilakukan para master blogger (atau yang berlagak menjadi master), apa sih yang menjadi penyebab peningkatan pendapatan Adsense dalam bulan-bulan tersebut.

Ternyata ada beberapa, yang saya pikir menjadi faktor yang berperan dalam hal ini. Yang mana yang lebih dominan sulit dikatakan, karena saya terlalu malas untuk menelisik lebih jauh lagi.

Adapun faktor-faktor itu adalah :

1. Pemakaian Auto Ads

Jujur saja, sejak memakai iklan otomatis ini, pendapatan Adsense saya meningkat. Beberapa waktu yang lalu saya masih belum yakin benar tentang efek si auto ads. Tetapi, sekarang rasa semakin yakin bahwa pemakaian auto ads memberi dampak positif kepada pendapatan adsense.

Ada peningkatan dalam jumlah CTR atau Click Through Rate dan juga CPC atau Cost per Click.

Padahal, saya tidak mengutak atik iklan sama sekali... maklum orang malas. Ada blog yang full auto ads, ada juga yang campuran iklan manual + auto ads.

Saya rasa ini salah satu faktor utama pendapatan Adsense meningkat selama beberapa bulan ini.

2. Pembersihan Iklan "SUAMIKU" dan "PESUGIHAN"

Dua iklan fenomenal yang bikin ribut para Adsenser Indonesia karena sangat tidak enak dilihat dan dibaca dari sudut budaya Timur.

Menjelang puasa dan juga karena sadar kalau beberapa blog saya juga dibaca kalangan anak remaja, saya semakin rajin membersihkan dua jenis iklan ini. Kadang sehari 2-3 kali, saya masuk ke Dashboard sekedar untuk menge-block dua iklan ini.

Tidak enak dilihat, apalagi di bulan Ramadhan.

Cuma, rupanya ada dampak positif juga, karena terlihat kadang CPC atau BPK (Biaya per Klik) setelah semakin rajin dibersihkan, ternyata meningkat drastis juga. Tidak jarang ada klik ber-BPK sampai US$ 0.50-1.00 dari Indonesia.

Mayan euy.

3. Bulan Ramadhan

Bulan Puasa, Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Dan, rupanya hal itu dirasakan para Adsense Publisher dimanapun.

Seperti biasa dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan belanja iklan oleh pengiklan. Meski hanya dugaan, tetapi rasanya tidak salah karena ini adalah siklus tahunan di Indonesia.

Dan, efeknya rupanya juga berimbas pada iklan Adsense.

Berkah memang bulan ini.

4. Pengunjung Meningkat

Secara akumulasi yah karena saya memiliki banyak blog.

Ada yang turun. Ada yang naik. Yang turun adalah yang bertema wisata karena seperti siklus tahunan juga, bulan puasa/Mei, orang yang pergi melancong berkurang, jadi pencarian di Google juga menurun untuk tema ini.

Blog pendidikan, naik turun karena beberapa April dan Mei adalah bulan "UJIAN". Maksudnya ada Ujian Nasional, Ujian Ahir Semester, dan sejenisnya. Bisa sehari tiba-tiba melonjak, tetapi kemudian turun lagi karena masuk masa libur.

Tetapi, secara garis besar, Pageviews yang dihasilkan oleh semua blog di bawah asuhan saya, 3 bulan terakhir meningkat antara 12-15% dibandingkan bulang sebelumnya. Dan, hal ini mungkin memberikan efek jumlah pengklik yang lebih banyak.

Menyenangkan melihat data ini. Saya juga sadar bahwa ada efek musiman, terutama di data bulan Mei 2018 dan kemungkinan Juni. Bisa jadi setelah itu akan ada penurunan (bisa juga tidak). Tetapi, apa yang didapat sekarang adalah sesuatu yang harus disyukuri dan dinikmati.

Jadi, setidaknya selama bulan Mei ini saya harus bersyukur terhadap pendapatan Adsense yang meningkat seperti ini.

Semoga saja terus berlanjut di bulan-bulan berikut.

Semoga Anda mengalami hal yang sama.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

11 comments

Wah nmbah ilmu baru nih mas, adsense saya masih keong banget. Mohon petunjuknya.

Balas

Ada faktor ramadhan juga ternyata ya mas,, iklan suami dan pesugihan emnk gak jls bngat yaa

Balas

Hahahaha.. ga bisa ngasih petunjuk Mbak.. saya mah masih newbie banget

Balas

Setiap tahu gejalanya sama mas.. dugaan saya, memang pengiklan menggelontorkan lebih banyakdana iklan selama Ramadhan (kan orang lagi banyak duit dapet THR)

Balas

Saya juga kena dampaknya pak. Pendapatan Adsense saya meningkat bulan ini. Walaupun belum bisa payout.

Balas

Ya Allah, tolong bukakan pintu hati admin blog ini, agar saat pay out nanti rekening Bank kami dapat percikan dari kenaikan 40 - 50 % seperti yg ia tuliskan diatas.

Klu ngak mau kasih uang, Pulsapun diterima.Amin

Balas

Sukses ya,mas Anton.
Cuman itu komentarnya ☺

Balas

Kang Master Nata mah sudah tidak perlu kayaknya.. uangnya sudah banyak sekali...:-D

Balas

Mudah-mudahan bisa segera payout setiap bulan mas..

Balas

Waduh....lepas nich percikannya. :)

Tpi klu berubah pikiran telat ngirimnya jg ngk apa2 pak, Kumendan pasti setuju2 saja, hahahah... :)

Balas