Apa Yang Dimaksud Dengan CC 0 atau Public Domain ?

Apa Yang Dimaksud Dengan CC 0 atau Public Domain ?

Apa Yang Dimaksud Dengan CC 0 atau Public Domain ?

Banyak blogger yang bingung saat mencari image untuk ilustrasi artikel mereka. Mau membeli harganya lumayan mahal, mau memotret sendiri, tidak ada alat atau tidak tahu caranya. Tidak jarang dari mereka kemudian menggunakan Google Image untuk menemukan image atau foto yang menarik.

Sayangnya, kerap mereka tidak memperhatikan bahwa hasil pencarian Google Image tidak seluruhnya foto yang bisa dipergunakan dengan bebas. Banyak dari foto atau image yang ditampilkan di halaman SERP khusus image sebenarnya tidak bisa dipergunakan dengan bebas.

Untuk menemukan foto atau image yang benar-benar bisa bebas dipakai sebenarnya patokannya sedergana saja. Cari saja foto atau image yang diberi label CC 0 atau Public Domain.

Kedua kode ini menunjukkan bahwa image itu bebas dipakai untuk apapun. Apapun! Maksudnya, mau dipergunakan sebagai alat promosi boleh, mau dipakai untuk pemanis postingan tidak masalah, atau terserah mau dipergunakan untuk apa.

Dan... semua itu tanpa perlu memberikan atribusi atau penghargaan kepada pembuatnya dalam bentuk apapun.

Sebebas-bebasnya.

Apa itu lisensi CC 0 atau Public Domain?

CC 0 adalah singkatan dari Creative Common o. Public Domain artinya "Wilayah Umum".

Kedua kode ini menandakan

  1. Pembuatnya sudah mengabaikan semua haknya terhadap karya ciptanya
  2. Foto atau Imgae itu sudah tidak terikat lagi dengan lisensi (karena habis masa berlaku lisensinya)
Jadi, mau dipakai untuk apapun, silakan saja.

Hal ini juga berlaku bukan hanya untuk foto atau image. Aplikasi atau software juga mempergunakan kode yang sama untuk menandakan bisa dipergunakan oleh siapa saja dan untuk apa saja.

Boleh kah Memberikan Link Sumber Kepada Pembuatnya?

Tidak ada keharusan.

Tetapi, tidak dilarang.

Inti kata bebas, ya bebas. Mau memberi atau tidak bukanlah sebuah masalah. Kalau mau berbaik hati, ya silakan memberi link, kalau tidak, tidak jadi masalah.

Itulah juga landasan mengapa banyak image di Maniak Menulis yang tidak diberikan link kepada sumbernya. Tidak ada keharusan dan kewajiban. Bahkan tidak disarankan juga.

Contohnya, foto Abraham Lincoln ini, diambil dari Wikimedia 


Saya tidak memberikannya link atribusi apapun karena keterangannya menyebutkan bahwa foto ini berada dalam lisensi CC0 atau Public Domain karena dibuat tahun 1863 yang menurut UU Hak Cipta Amerika Serikat sudah habis masa berlakunya.

Apa Yang Dimaksud Dengan CC 0 atau Public Domain ?

 
Jadi, kalau memang hendak mencari foto atau image yang bebas lisensi, pastikan ada tertulis CC 0 atau Public Domain di dalamnya

Tetapi, harap hal itu dipastikan dengan cara mencari sumber asli darimana foto atau image itu berasal. Kemudian perhatikan kode yang disematkan di fotonya. Tidak semua foto berlisensi ini dan yang pasti tidak semua foto hasil pencarian di Google Image memiliki lisensi penggunaan CC 0.

Banyak dari hasil pencarian image via Google yang memiliki label CC 3.0-4.0 yang artinya bisa dipergunakan tetapi dengan memberikan link atribusi kepada sumber atau pembuatnya.

Harap berhati-hati dalam hal ini.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments