Berapa Harga Sebuah Foto di Getty Images ? Wakkss....Bikin Mau Pingsan

Foto atau image adalah sesuatu yang sangat vital bagi pengelola sebuah website atau blog. Peranannya dalam menarik pembaca datang tidak bisa disangkal lagi, walau banyak blogger Indonesia yang kerap mengabaikan hal yang satu ini.

Pengelola media massa online sangat menyadari hal itu, terutama untuk artikel berita yang membutuhkan sebuah foto yang update. Sayangnya biaya untuk mengirimkan juru foto atau wartawan ke berbagai tempat akan sangat memakan biaya dan juga sulit untuk bisa tepat waktu agar beritanya tidak segera menjadi basi.

Kebutuhan inilah yang ditangkap dengan baik oleh Getty Images, sebuah perusahaan yang berlokasi di Seattle, Amerika Serikat. Mereka bekerja sama dengan ribuan fotografer profesional menawarkan dan menyediakan foto berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Sayangnya, karena tujuannya untuk pengelola media massa online, dan bukan kalangan kere seperti blogger, Getty Images tidak mematok harga murah untuk setiap fotonya.

Tahu berapa harga sebuah foto di Getty Images? Silakan lihat screenshoot website resminya di bawah ini.

Berapa Harga Sebuah Foto di Getty Images ? Wakkss....

Percayalah Anda tidak salah baca. Memang betul demikian harganya karena saya sudah melakukan penelusuran di berbagai kategori yang tersedia di website perusahaan yang berdiri tahun 1995 itu.

Memang harganya US$ 500.- per foto ukuran 3000-x2000 atau 6 MP. Kalau dirupiahkan mencapai 7 juta rupiah dengan kurs US$ 1 = IDR 14.000.-

Nilainya sama dengan 2 tahun bayar sewa domain dan hosting website utama saya.

Memang mahal bagi kalangan blogger karena target pasarnya adalah perusahaan media. Kualitasnya juga bukan asal-asalan. Dibandingkan dengan penyedia foto gratis seperti Pexels dan Pixabay, jelas sekali terlihat bedanya.

Meskipun demikian, Getty Images juga sadar bahwa zaman berubah karena lahirnya kalangan blogger yang merupakan penyedia informasi informal. Mereka telah membuka sejak tahun 2014 yang lalu kategori dimana bisa dipergunakan oleh umum tanpa membayar sepeserpun.

Caranya sama dengan cara yang dilakukan oleh Youtube, yaitu dengan melakukan "embed" atau semat.

Cari saja foto yang memiliki tanda "</>". Tanda ini menandakan kalau foto tersebut bisa disematkan di blog atau website Anda tanpa membayar.

  • Klik tanda ini dan akan keluar kode
  • Copy
  • Paste kode itu di halaman web Anda


Berapa Harga Sebuah Foto di Getty Images ? Wakkss....Bikin Mau Pingsan
Screenshoot Getty Images
Kelemahannya adalah :

  1. Kalau foto di website Getty Images dihapus, berarti foto yang Anda sematkan akan hilang juga
  2. Ukurannya besar. Rata-rata di atas 500 Kilobyte.  Jadi kalau Anda hendak menghemat bandwidth dan juga ingin loading cepat, rasanya kurang cocok dipasang
Jangan coba-coba untuk mendownload dan kemudian memasang tanpa memakai sistem "embed" ini. Getty Images terkenal sangat strict dan akan mengejar siapapun yang memasang fotonya tanpa seizin mereka dan di luar sistem yang ditentukan.

Tentu saja mereka akan melakukan itu karena biaya menghasilkan foto sebenarnya tidak murah. Peralatan yang canggih dan mahal. Ongkos pergi ke lokasi. Bagaimanapun mereka butuh pemasukan untuk membayar biaya juga.

Saya sendiri tidak berniat untuk memakai foto Getty Images, walau melihat fotonya tergiur juga.  Bukan yang berbayar tentunya karena harganya yang tidak terjangkau. Yang versi embed pun belum tertarik karena ukurannya itu lo. Walau saya tidak begitu pedulu pada kecepatan loading, cuma kalau ukuran sebesar itu kasihan juga yang akses blog saya dengan internetnya yang lemot.

Untuk sementara biarlah saya mengandalkan pada Pixabay atau Pexel saja untuk Maniak Menulis. Kalau untuk Lovely Bogor, saya andalkan kemampuan sendiri saja. Sudah lebih dari cukup.

Tapi, siapa tahu saja Anda berminat?

Bagaimana? Minat?

7 Responses to "Berapa Harga Sebuah Foto di Getty Images ? Wakkss....Bikin Mau Pingsan"

  1. Kalau Di Indonesia Ada ngk Pak yang mau beli foto dengan harga Mahal ?

    Ngk minat saya Pak, entah kalau suatu saat nanti. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarang Kang.. maunya gratisan saja.. kayak saya

      Delete
    2. Hahaha....saya malahan lebih suka pak, yg gratisssss... :)

      Delete
  2. 7 juta dapet motor second masih mulus disini, hahaha
    Baru tau harganya segitu, ku juga nggak berminat pakai meskipun nggak berbayar. Cukup kadangw pakai pixabay atau pexel😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah... mending wat beli motor second. Saya sih pilih beli kamera baru saja.. bisa bikin ratusan/ribuan foto sendiri dan bukan cuma dapet satu saja.. :-D

      Delete
  3. Buset 7 juta. Udah bisa dipake beli motor bekas itu. Tapi emang sih ada harga ada kualitas. Maklum mahal. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Busyet memang... hahahaha.. buat kaum kere kayak saya mah... boro boro terjangkau

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel