Tanpa Promosi dan SEO Bisakah Sebuah Tulisan Masuk di SERP Google

Pertanyaan seperti ini kan kerap diutarakan oleh para ahli blogging Indonesia bahwa promosi dan SEO adalah sebuah kewajiban saat blogging. Tanpa itu, jangan harap sebuah tulisan bisa masuk SERP (Search Engine Result Page) Google. Jadi, kuburan sepi nan sunyi dan mungkin hanya kuntilanak yang mau datang.

Tapi, saya hanya memberikan sedikit bukti saja. Bukti kecil dari salah satunya dari sebuah blog yang memakai sub-domain saja, tanpa SEO dan tanpa promosi. Didiamkan begitu saja dan hanya diupdate semampu yang punya saja.

Tanpa Promosi dan SEO Bisakah Sebuah Tulisan Masuk di SERP Google
Yoi, bro and sis.

Itu salah satu tulisan dari blog LB Fotografi (Lovely Bogor Fotografi yang disingkat). Salah satu blog yang saya pergunakan untuk berbagi pengetahuan tentang cara memotret supaya hasilnya enak dilihat.

Dikelola dengan cara sama dengan semua blog di bawah asuhan saya, alias seenak udelnya dan tidak mau mengikuti aturan baku dunia blogging.

Tanpa Promosi dan SEO Bisakah Sebuah Tulisan Masuk di SERP Google
Jadi benarkah tanpa promosi dan SEO sebuah artikel pasti tidak akan masuk SERP Google? Ahh itu mah cuma "perasaan" mereka yang ingin dianggap pakar blogging saja.

Buktinya berbeda kok.

Kenapa saya harus percaya mereka?

3 Responses to "Tanpa Promosi dan SEO Bisakah Sebuah Tulisan Masuk di SERP Google"

  1. Setuju pak, intinya ya pada diri kita dan rejeki, hehe

    ReplyDelete
  2. Google sering sekali memperbaharui alogaritmanya.
    Tanpa belajar SEO dan tanpa di promosikan pun, sebenarnya terindex di mesin pencari/serp google. Apalagi jika saingan kata kuncinya sangat sedikit, kadang bisa menduduki halaman pertama
    SEO dan promosi hanya sebagian alat/unsur kecil, agar artikel atau blog lebih bisa dikenal banyak orang. Khususnya bisa punya nilai lebih di mesin google.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel