Saat Sub Domain Mengalahkan Domain Utama - Menyenangkan? Menyebalkan?

Biasanya, pemilik rumah selalu menjadi yang utama, sedangkan yang menumpang haruslah mengambil peran "mengalah". Itu dalam tata cara dan tata krama dunia manusia. Tetapi, tentunya berbeda dengan dunia blog. Prinsip itu tidak berlaku sama sekali.

Yang numpang bisa jadi lebih "sukses" dan "berhasil" dalam menjaring pengunjung dibandingkan Domain Utamanya. Paling tidak itulah yang bisa disimpulkan dari situasi saat ini.

Sebuah tampilan dari Alexa mengkonfirmasikan perkembangan yang terjadi pada beberapa blog yang berada di bawah naungan Lovely Bogor. Pada dasarnya LB adalah yang utama sedangkan yang lainnya adalah pelengkap atau penunjang saja, tetapi kenyataannya tidak demikian dalam hal menjaring pengunjung/pembaca.

Saat Sub Domain Mengalahkan Domain Utama - Menyenangkan? M

Salah satu blog yang memakai sub domain dari Lovely Bogor, Pojok Menulis (http://pojok.lovelybogor.com) sejak beberapa waktu belakangan semakin menunjukkan performanya dalam menjaring pembaca dari Search Engine. Padahal, blog itu sempat kena hack dan harus ganti URL. Tetapi, perkembangan menunjukkan kalau pengunjung yang masuk ke blog itu sudah beberapa kali melewati jumlah yang datang ke Domain Utamanya, Lovely Bogor.

Padahal, Lovely Bogor senditi tidak mengalami penurunan selain naik turun harian yang rutin terjadi. Tetapi, berdasarkan Alexa, Google Analytics, Google Webmaster Tools, sudah berulangkali statistik menunjukkan domain utama ini mulai tersusul dan terkalahkan oleh salah satu anaknya. Bukan tidak mungkin kalau dua "anak" yang lain lebih diurus, mereka juga akan menyusul emaknya.

Bukan dalam hal pengunjung/pembaca saja. Dalam menghasilkan recehan pun juga sudah beberapa kali keok dibandingkan sub domainnya. Apalagi kalau dalam hal BPK atau Biaya Per Klik Iklan, nilainya jelas kalah dibandingkan ketiga Sub Domain-nya. Jangan tanya blog LB Fotografi walau pengunjungnya belum terlalu banyak, tetapi BPKnya tidak jauh berbeda dengan blog Lingkungan Hidup.

Menyebalkan? Khawatir? Tidak lah. Menyenangkan bahkan. Pengunjung yang datang ke sub domain - sub domain itu membantu memperbaiki peringkat Alexa (karena dihitung sebagai satu website), dan yang pasti pemasukan pun tidak lagi berdasarkan dari domain utama saja, anak-anaknya pun semakin rajin memberikan pemasukan.

Tidak menjadi masalah kalaupun pengunjung para sub-domain itu berkali lipat dari domain utama. Yang penting kan hasilnya menguntungkan.

Meski demikian, berarti ada satu hal yang harus diperbaiki di domain utama, terutama dalam hal konten. Mengapa anak-anaknya bisa tumbuh dengan pesat, sementara domain utamanya tidak bisa berkembang dengan kecepatan yang sama.

Itu saja PR yang harus dikerjakan.

Sebelum mengerjakan PR itu, saya mau menikmati sedikit kesenangan melihat blog LB Fotografi memberikan klik iklan dengan nilai yang lumayan berlipat dari rata-rata harian.

(Pamernya disini saja, bukan di komunitas IAPD karena saya sudah keluar lagi dari sana. Bosan melihat isinya. Nanti saja kalau sudah tidak bosan gabung lagi)

13 Responses to "Saat Sub Domain Mengalahkan Domain Utama - Menyenangkan? Menyebalkan?"

  1. Pensaran saya jadinya Mas, pengin nyoba bikin blog pake subdomain di blog wp saya, siapa tahu bisa mujur terutama Bpk nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ga coba mas.. setidaknya bisa nambah trafik dari topik yang lain.. saya juga awalnya iseng, tetapi kok malah berkembangna bagus

      Delete
  2. Klu Subdomain yang lebih unggul, saya mau dong pinjem domainnya Blog LB, :) biar kepercikan trafik juga,:)

    niche pendidikan memang makyuzzz,,,, Sepertinya Blok Pojok dari pasca ke Hack, menjadi lebih Ganas Trafiknya.Beruntung sekali yach.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bayaarrr... hahahaha.. nggak ah.. nggak lepel sama asikpedia mah yang sudah kebanjiran order..:-D

      Kayaknya sih memang bakalan menang subdomain soalnya perkembangannya mengarah kesana...Dan memang si Pojok pesat sekali malah sejak kena hack

      Delete
  3. Mungkin saat kena hack kemarin, ibarat anak yang diimunisasi. Sempat panas. Tapi setelah itu pekembangannya pesat sekali. Daya tahan tubuhnya juga meningkat.

    Apa ibunya juga perlu diimunisasi? 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. waktu kena hack mah udah wafat, kemudian reinkarnasi...

      Delete
  4. Bro belum pasanq template ini versi terbaru..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang versi terbaru ke berapa yah 1.8?

      Delete
  5. Replies
    1. Ooh.. belum lihat mas.. hehehe.. juga biasanya saya telat sampe 2 update baru saya ganti.. kalau setiap update diganti puyeng juga

      Delete
    2. Ha ha iya sih betul juqa..

      Delete
  6. Sejujurnya gue nggak banyak ngerti isi dari postingan ini. Tapi ada satu pertanyaan yang timbul: apakah blog gue bisa melonjak traffic dengan cara kena hack dulu? Kalau bisa, kayaknya jadi solusi tuh. Hahahaha. Oke, ini pemikiran bangke. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan dicoba deh kang... hahahaha.. hasilnya jadi kesabaran meningkat yang pasti.. kalau trafik nggak janji dah

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel