Lebih Lama Ngeblog Tidak Berarti Lebih Dari Yang Lain

Lebih Lama Ngeblog Tidak Berarti Lebih Dari Yang Lain

Saya sudah 3 tahun 6 bulan ngeblog. Bagaimana dengan Anda? 1 tahun? 2 tahun? 10 tahun? Lebih lama Anda atau saya berkecimpung dalam dunia blogging?

Yah. Iseng saja. Sekedar ingin tahu berapa lama rekan-rekan blogger bergelut dalam dunia yang aneh ini. Anda mau berbagi?


Tenang saja. Kalaupun Anda baru setahun dua menekuni dunia ini, tidak akan ada yang memaksa Anda untuk menyebut saya sebagai blogger senior.

Tidak ada yang namanya senior atau junior dalam dunia blogging. Blogsphere adalah dunia yang egaliter dimana semua orang berkedudukan dan berhak sama. Tidak ada yang lebih tinggi dari yang lain.

Senior dan junior adalah dua istilah yang ada dalam sekelompok orang yang memiliki hirarki atau struktur organisasi. Bila ada struktur, maka akan ada atasan atau bawahan. Hal ini berbeda dengan masyarakat blogger dimanapaun.

Blogsphere adalah sebuah dunia yang terbentuk berdasarkan ide "masyarakat jaringan" yang lahir 30-40 tahun yang lalu. Dalam konsepnya, setiap orang yang terlibat akan terhubung dengan jaringan yang terbentuk dari internet. Mirip dengan jaring laba-laba.

Disana tidak ada pemimpn, tidak ada bawahan, tidak ada boss, tidak ada kacung. Semua sama.

Jadi, pemakaian istilah senior atau junior adalah sesuatu yang tidak tepat kalau digunakan antara para blogger sendiri. Bertentangan dengan kodratnya yang lahir di zaman masyarakat jaringan.

Selain masalah senior atau junior, lama ngeblog sendiri juga tidak mencerminkan bahwa seseorang sudah menjadi lebih pintar dalam mengurus blog-nya, tidak berarti juga lebih bodoh. Tidak ada apa-apa yang ditunjukkan dari waktu yang sudah terpakai untuk ngurus blog.

Salah besar kalau ada yang berpikir karena seseorang sudah lebih lama ngeblog, lalu dia dianggap senior dan pasti lebih pintar. Tidak begitu kenyataannya. Buktinya, saya yang sudah 3 tahun lebih ngeblog saja, masih begini-begini saja. Tidak lebih kaya, tidak lebih pintar.

Ya begitu saja.

Jadi, pertanyaan di atas memang sekedar iseng saja. Memuaskan keingintahuan saja. Habis, heran saja kalau melihat ada blogger pemula kalau masuk komunitas kerap seperti masuk ke kantor kelurahan yang penuh dengan senioritas dan juga pangkat.

Masuk mah, masuk saja. Komentar ya komentar saja. Mau berdebat ya berdebat saja. Jangan samakan blogsphere dengan dunia nyata dimana sistem senioritas dan pangkat masih cukup kental terasa.

Di dunia ini, semua orang sama. Tidak perlu menyembah yang lebih lama ngeblog, dan tidak perlu merendahkan yang baru memulai. Biasa saja lah.

Jadi, pertanyaan saya belum terjawab. Berapa lama Anda sudah ngeblog?


6 Responses to "Lebih Lama Ngeblog Tidak Berarti Lebih Dari Yang Lain"

  1. Pertama kali kenal blog tahun 2008. Mulai aktif ngeblog lahi sejak 2012. Pengetahuan tentang blog masih minim. Tapi ngga aja ujian kan? Jadi enjoy aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ya Nisa gurunya.. siapa yang berani ngasih ujian..:-D

      Saya mah cuma nanya saja..

      Delete
  2. saya sama kenal blog itu di tahun 2008 dari sebuah buku, tapi sayang baru aktif nulis di awal tahun 2017.

    terlambatkah saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang jam masuknya jam berapa sih mas?....Kok terlambat?

      Delete
  3. Tapi walau begitu tetap ada istilah hormat-menghormati. Yang yunior itu bisa tahu atau mengenal ngeblog pastinya dari senior.
    Dan ilmu dunia blog itu selalu berkembang dengan dinamisnya. Dulu tampilan blogspot awal mulanya tidak seperti sekarang. Tool atau nama-namanya juga ada yang berbeda.
    Kalau untuk mengikuti perkembangan dunia perbloggingan tidak akan mampulah. Makanya semua saling belajar dan saling memberikan ilmunya.
    Saya dulu ngeblog dengan MP, terus ke WP akhirnya merasa cocok dengan blogspot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tua dan muda sama-sama saling menghormati, yang muda tidak perlu menyembah. Yang tua tidak perlu minta dihormati.

      Sesimpel itu saja. Tidak berarti tidak saling menghormati.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel