Iklan di Bawah Menu Drop Down Ini Tidak Sesuai TOS

Nda. Saya bukan pakar Adsense atau empu tutorial tentang periklanan milik Google itu. Saya hanya seorang blogger biasa saja. Jadi, jangan dianggap sedang mengajari yah. Silakan dijalankan kalau memang sesuai dengan yang diyakini, silakan dilewat saja kalau dianggap omong kosong.

Ini, tentang pemasangan iklan di bawah menu drop down, seperti contoh di bawah ini.

Iklan di Bawah Menu Drop Down Ini Tidak Sesuai TOS

Screenshoot ini berasal dari sebuah blog milik salah saorang pengunjung Maniak Menulis hari ini. Kebetulan ada waktu, saya berkunjung balik ke sana. Langsung saja perhatian tertuju pada penempatan iklan seperti ini.

Sepengetahuan saya yang cetek, dangkal, dan tidak banyak itu, penempatan iklan Adsense model seperti ini "rawan". Rawan maksudnya rawan membuat pemilik akunnya mendapatkan setidaknya teguran dari yang punya iklan.

Mengapa demikian? Karena iklan yang tertutup oleh menu dropdown seperti di atas akan memiliki potensi invalid click yang besar.

Pembaca yang hendak mengklik menu, misalkan "android" sangat besar kemungkinnannya untuk meleset dan kemudian emngklik iklan. Padahal, hal tersebut sangat tidak diinginkan oleh Adsense. Dan, itu tercantum dalam TOS (Term of Service).

Hal yang sama sudah dibahas berulangkali di berbagai blog tentang Adsense.

Boleh saja, iklan Adsense dipasang di bawah menu. Tidak masalah dan tidak berbahaya. Dengan catatan, menu yang dipakai bukan dropdown alias yang tidak akan memunculkan "anak menu" ke bawah dan menutupi iklannya.

Tetapi, itu hanya saran saya setelah membaca TOS dan juga berbagai pandangan dari para ahli dan pakar, di luar negeri tentang hal-hal yang sering menjadi penyebab di-banned-nya sebuah akun. Penempatan iklan di bawah menu dropdown seperti ini merupakan salah satu penyebabnya.

Silakan lihat juga apa yang disebutkan dalam Panduan TOS Adsense di bawah ini

Iklan di Bawah Menu Drop Down Ini Tidak Sesuai TOS

Iklan di Bawah Menu Drop Down Ini Tidak Sesuai TOS


Sekali lagi, itu hanya pendapat saya yang bukan "empu" dan "master". Jadi, silakan dipertimbangkan sendiri. Setidaknya, saya sudah memberikan masukan.

Mudah-mudahan saja, sang pembaca blog MM, si empunya blog ini, kembali dan membaca tulisan ini. Sayang saja, kalau sudah berusaha keras mendapatkannya kemudian kehilangan karena hal sepele seperti ini.

(catatan : screenshot Bantuan Adsense ditambahkan 18 Maret 2018)

7 Responses to "Iklan di Bawah Menu Drop Down Ini Tidak Sesuai TOS"

  1. Contohnya Blog saya yach Pak, yang aman dari teguran Adsense, sebab ndak ada Dropdown, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali.. asikpedia emang top dah..

      Delete
  2. Ada beberapa pilihan. Tidak usah pake dropdown. Jangan letakkan iklan di bawahnya. Atau biarkan saja sampai dapat teguran 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinter bu guru... dapet 100 deh, boleh pulang duluan..:-D

      Delete
  3. Kalau bagi saya tidak ada masalah. Itu sah dan tidak melanggar TOS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo kalau yakin begitu.. tulisan saya sudah tambahkan dengan screenshoot Panduan Adsense deh

      Delete
  4. wahh.. dapet ilmu nih.. lumayan buat bekal klo udah punya adsense entar,, ^^

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel