Gundala Putra Petir - Saingan The FLASH Dari Indonesia

Gundala Putra Petir - Saingan The FLASH Dari Indonesia
Gundala Putra Petir - Image Wikimedia Commons
Entahlah apakah anak-anak zaman now tahu bahwa dulu, di era tahun 1970-1980-an Indonesia memiliki tokoh komik saingannya the FLASH, yang bisa berlari secepat kilat itu. Namanya GUNDALA, Putra Petir.

Sosoknya kalau dilihat-lihat hampir mirip dan kekuatan supernya juga hampir sama, yaitu bisa berlari cepat. Dan, pada telinganya ada semacam "sayap".

Bedanya adalah Gundala bisa mengeluarkan petir dari tangannya sedangkan the FLASH tidak bisa. Hal ini dikarenakan, katanya Gundala adalah putra/keturunan dari Dewa Petir. Juga, tokoh superhero Indonesia ini memakai kostum yang dominan hitamnya, sedangkan superhero asal Paman Sam, Karya DC Comics, berkostum merah.

Kemiripannya inilah yang menimbulkan pemikiran bahwa si Putra Petir ini lahir dengan merujuk pada superheronya DC Comics.Versi lokalnya lah.

The Flash - Image Wikipedia
Gundala sendiri merupakan salah satu tokoh karya Hasmi yang diciptakan tahun 1969.

Termasuk superhero lokal yang sangat disukai anak-anak di masa itu, termasuk saya. Bahkan ada yang sampai membolos agar bisa membaca komiknya di tempat penyewaan, salah satunya saya (lagi!).

Tentunya, saat itu komiknya belum berwarna seperti sekarang. Masa itu komiknya hanya hitam putih saja di atas kertas berwarna kekuningan, tetapi Hasmi membuatnya memikat sekali.

Biasanya superhero yang satu ini kerap beroperasi dengan superhero lokal lainnya, GODAM. yang bisa terbang (gabungan Thor dan Superman kayaknya).

Lumayan keren juga saat itu, walau kalau sekarang dibandingkan dengan film the Avenger kelihatannya menjadi terlalu kuno, tetapi saat itu komiknya adalah salah satu yang paling sering disewa.

Entahlah. Apakah anak-anak masa kini kenal tokoh superhero buatan anak negeri sendiri ini? Diragukan karena jelas penampilannya kalah dengan sosok Captain America atau si Thor. Tetapi, setidaknya saya hendak memperlihatkan sesuatu yang pernah "jaya" di negeri ini. Sosok yang pernah membuat saya mengkhayal menjadi superhero.

5 Responses to "Gundala Putra Petir - Saingan The FLASH Dari Indonesia"

  1. Kalau saya lebih suka gatotkaca, Gundala, tokoh lama.
    Petruk gareng yang lucu-lucu, saya punya koleksinya.
    Kalah saingan dengan flash Gordon, ingat betul saya ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti usianya 2 x 25 tahun kalau suka yang begituan..:-D

      Delete
    2. ha..ha.. ha.. kalau yang kenal gundala mah udah pasti umurnya di atas 30. apalagi itu flash gordon, megaloman dkk.

      mas djangkaru penggemar komik tatang s. rupanya.

      Delete
  2. saya punya pengalaman buruk sama film gundala. dulu zaman kecil saat layar tancap masih booming. saya nonton film gundala putra petir.


    entah mengapa setelahnya saya jadi mimpi buruk, saat tidur dan bermimpi, anehnya dalam mimpi tokoh gundala jadi jahat, mengejar dan menakut-nakuti saya sampai rumah. pokoknya takut banget deh dalam mimpi itu. gundala dulu menjadi mimpi buruk bagi saya untuk beberapa lama. selalu kebayang muka dengan topeng berbaju hitam dan kuping bersayap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaksss.. hahahaha.. nontonnya di layar tancap siih...

      Kalau saya malah ga pernah nonton filmnya. Saya hanya baca komiknya saja.. jadi nggak sampe mimpi buruk..:-D

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel