Bulan Maret : Pengiklan Mulai Menggelontorkan Dana Promosi ?

Bulan Maret : Pengiklan Mulai Menggelontorkan Dana Promosi ?

Jujur saha. Menyenangkan untuk melihat pergerakan yang terjadi di akun Adsense yang saya miliki meskipun saat ini uang masih belum jadi tujuan utama kegiatan ngeblog. Siapa sih yang tidak suka mendapatkan "uang jajan" tambahan apalagi dari kegiatan yang disukai?

Dan, bulan Maret ini, situasinya menimbulkan rasa ketertarikan tersendiri karena terdapat peningkatan penghasilan yang lumayan terlihat di dashboard Adsense. Terlihat adanya grafik peningkatan yang lumayan dibanding 2 bulan pertama tahun 2018.

Penginkatan ini bisa diterjemahkan bahwa situasi bisnis mulai "normal" karena pra pengiklan sepertinya mulai menggelontorkan dana promosi. Meskipun demikian bisa juga diterjemahkan dari sudut pandang lain.

Data yang didapat dari 5 blog berbasis Wordpress (2 TLD dan 3 subdomain) ditambah dengan 6 buah blog berbasis Blogspot (6 TLD) adalah sebagai berikut :

(Sebelumnya maaf, sesuai dengan Terms of Service Adsense, maka data klik dan BPK akan tetap tidak ditampilkan karena hal itu merupakan pelanggaran. Yang akan disebutkan hanya garis besarnya saja dalam bentuk persentase. Jadi, silakan percaya atau tidak)

Jumlah Klik 

Ada peningkatan dibandingkan bulan Februari. Paling tidak hingga hari kemarin terjadi peningkatan jumlah klik iklan sah sebesar 11% dalam 27 hari bulan Maret dibandingkan 28 hari di bulan Februari. Angka ini belum termasuk 4 hari terakhir di bulan Maret.

Kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan pertambahan laman tayang (beriklan) di semua blog yang saya kelola dengan kisaran pertumbuhan yang sama. Hal ini berarti peningkatan jumlah pengunjung semua blog.

Data yang ada menunjukkan Blog berbasis Wordpress lebih unggul dalam hal mengundang trafik, klik iklan, dan juga besaran nilai.

Klik iklan mayoritas datang dari Indonesia dan hanya sebagian kecil saja dari luar negeri.

BPK (Biaya Per Klik) Meningkat

Dalam nilai, karena masih ada 4 hari di bulan Maret (termasuk hari ini, saat tulisan ini dibuat), nilainya meningkat dan bisa mencapai angka 40-50% dibandingkan bulan Februari tahun ini. Secara total memang masih tidak besar sih.. belum cukup untuk membeli mobil Mercedes Benz, tapi cukup untuk beli bakso semangkok.

Klik iklan dari Indonesia pun ternyata banyak yang bernilai besar. Bulan Maret menunjukkan hal itu karena beberapa kali klik ber-BPK besar, semula dikira berasal dari pengunjung luar negeri, ternyata setelah dicek berasal dari dalam negeri saja. Nilainya ada yang mencapau 10-20 kali rata-rata BPK harian.

 Analisa :

Jumlah klik hanya meningkat 11-20% (prediksi sampai akhir bulan Maret) sedangkan nilai iklan yang diterima bisa mencapai 40-50% di akhir bulan.

Data ini bisa diterjemahkan sebagai situasi bisnis kembali normal. Pengiklan mulai membelanjakan anggaran promosi mereka.

Tetapi, bisa juga diartikan

  1. Peningkatan jumlah laman beriklan yang tayang menaikkan angka BPK
  2. Blog pendidikan, fotografi, dan lingkungan memiliki nilai BPK yang tinggi karena setelah ditelaah lebih jauh hampir semua pemasukan bersumber dari 4 buah blog yang berada di dalam lingkup Lovely Bogor dan tim (semua subdomain) dan bisa dikategorikan blog "semi niche"
  3. Blog berbasis Wordpress self hosted lebih unggul dalam banyak hal dibandingkan yang berbasis Blogspot, walau tentunya harus dilihat bahwa blog Blogspot yang saya kelola masih unyu-unyu. Baru hampir 2 bulan berganti menjadi TLD dan bahkan baru mulai diseriusi 3-4 bulan terakhir. Jadi, seharusnya belum bisa dijadikan perbandingan. Mungkin tahun depan baru bisa diperbandingkan
  4. Blog berbahasa Indonesia pun bisa mendapatkan klik
Cuma dibandingkan kemungkinan yang lain, saya lebih suka menyimpulkan bahwa pengiklan mulai menggelontorkan dana promosi mereka. Itulah yang menyebabkan terjadinya peningkatan dalam jumlah klik dan juga nilai.

Apa Anda mengalami hal yang sama?



8 Responses to "Bulan Maret : Pengiklan Mulai Menggelontorkan Dana Promosi ?"

  1. saya belum cek dashboard adsense saya pak, jadi belum tau dan saya emang belum pelajari lebih lanjut isi dashboard google adsense.

    jadi masalah trafik saya belum pikirin betul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan di Maniak Menulis ada menu Adsense.. udah lama nggak diisi... hahahahaha.. jadi mau nggak mau saya harus nyari sesuatu buat ngisi

      Delete
  2. Jika dibandingkan dengan bulan februari, sepertinya penghassilan adsense saya berkurang. Tapi hal ini sepertinya murni karena trafik yang tidak sama. Bulan februari lalu saya memiliki sebuah artikel yang banyak diburu orang. Dan pada bulan ini pengunjung artikel tersebut sudah mulai normal.

    Adapun analisis lainnya saya malas melakukannya. Karena saya hanya melihat sekilas saja.

    Rezeki itu cukuplah disyukuri. Insya Allah ia akan bertambah, minimal berkahnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Antara malas dan "kewajiban".. wakakakaka.. kalau diikuti malas nulis soal Adsense, kasihan menu Adsense yang kosong melompong.. Jadilah harus mau mencoba menganalisa.

      Bukan tidak bersyukur, tetapi demi... kian..maksudnya yah biar ada yang ditulis tentang adsense :-D

      Delete
  3. Saya Pikir saya saja yang BPKnya naik menjadi Rp.1600-an, ternyata semuanya mengalami, asikkkk.... :)

    Penghasilan juga naik, beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan Rp.90 Ribu dalam sehari Pak, agak terkejut juga saya.Saya serasa sedang mimpi.

    Tapi dalam minggu2 yang lalu, BPK saya dalam posisi NOL, agak aneh juga, saya pikir si GA sedang rehap akun.

    Tapi sekarang BPK Rp.1600-an mudah2an makin bertambah, sehingga bisa beli beras, heheheh.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm.. walau berharap demikian, tetapi saya tidak cukup yakin tren ini akan berlangsung lama. Ada kemungkinan karena menjelang lebaran, jadi agak jor-joran. Mudah-mudahan saja saya salah dan berlangsung terus menerus, cuma biasanya tidak demikian.

      Bisa juga satu lagi karena pemakaian auto ads.. penempatan iklannya menjadi lebih baik.

      Masih harus dipelajari lebih jauh lagi nih

      Delete
  4. Nah,ini ... akhirnya kolom komentar terbuka 😁
    Apa ini blog mas yang lain lagi ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. ini blog saya yang lain lagi.. masih ada beberapa. Sebagian dengan kolom komentar tertutup , sebagian terbuka.

      Kalau terbuka semua, gempor saya mas..hahahahaha

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel