Blog Bisa Membuka Peluang Bisnis/Usaha

Blog Bisa Membuka Peluang Bisnis/Usaha

Agak heran juga. Mengapa kebanyakan blogger seperti terpaku pada usaha mendapatkan akun Adsense dan periklanan untuk mendapatkan uang? Padahal, sebuah blog bila dikelola dengan baik akan bisa membuka peluang bisnis.

Ya, peluang bisnis yang tentunya profitnya bisa melebihi pendapatan Adsense, tentunya kalau dikelola dengan benar pula.

Screenshoot di atas adalah percakapan singkat dengan seseorang tak dikenal, entah berada dimana yang menanyakan tentang "sepatu". Sang penanya berpikir bahwa saya adalah seorang penjual sepatu dari Bogor.

Hal itu bisa terjadi karena ada satu tulisan di Lovely Bogor mengenai Pusat Grosir Sepatu Bogor. Sudah lama sebenarnya tulisan itu terbit, sekitar 2 tahun lebih yang lalu. Hingga saat ini, dalam setahun puluhan kali pesan sejenis masuk, dan semua menanyakan hal yang sama.

Rupanya, ketergantungan masyarakat, termasuk para pebisnis kepada Google membuat mereka akhirnya tergiring ke blog berinisial LB itu.

Sebuah peluang bisnis bukan? Kalau memang mau, saya hanya perlu pergi ke Pusat Grosir Sepatu Bogor dan kemudian mencarinya disana. Apalagi, cukup banyak pula pengrajin sepatu di Bogor yang memungkinkan saya mendapatkan harga murah .

Bisa dijadikan duit. Terutama karena biasanya pembelinya bukan eceran, melainkan untuk dijual lagi di wilayah mereka. Jumlahnya lumayan banyak.

Ini adalah salah satu contoh kalau blog membuka peluang bisnis bagi para bloggernya. Bukan cuma blog niche saja, karena Lovely Bogor bukanlah niche blog.

Dan, ini juga bukan satu-satunya produk yang ditanyakan kepada saya, si blogger. Cobalah lihat screenshoot lain di bawah ini.

Blog Bisa Membuka Peluang Bisnis/Usaha

Yang ini, tentang susu sapi murni.

Bukan yang pertama juga, dan rasanya tidak akan jadi yang terakhir. Sejak tulisan tentang peternakan sapi perah kecil di dekat makam ayah publish, entah sudah berapa puluh kali SMS, pesan WA, hingga telpon masuk bertanya tentang "Berapa harga susu murninya?". Juga, bukan hanya dari Jabodetabek karena beberapa kali telpon datang dari wilayah Cirebon, Surabaya.

Lucunya, tetangga yang saudaranya sedang membangun usaha susu olahan pun pernah bertanya kepada saya tentang hal yang sejenis.

Padahal, tulisan itu terbit secara tidak sengaja ketika berziarah ke makam bapak, saya memotret beberapa kandang sapi. Memang sejak dulu wilayah itu dikenal sebagai kandang sapi karena ada beberapa peternak sapi perah kecil berada disana.

Bukan karena niat bisnis, tetapi blog Lovely Bogor sudah membuka peluang bisnis yang bagus kalau mau ditekuni.

Sayangnya, saya memang tidak berbakat bisnis, dan belum terpikir ke arah sana. Rupanya, mentalitas pegawai dan orang upahan belum bisa lepas, jadilah peluang bisnis itu tidak dimanfaatkan.

Hanya saja, hal itu membuat saya terheran mengapa para blogger sepertinya hanya berpikiran kalau mencari uang lewat blog hanya harus melalui Adsense saja. Mengapa juga contoh-contoh seperti Diana Rikasari, yang berhasil memiliki usaha sepatu sendiri tidak diambil? Mengapa Dian Pelangi tidak ditiru?

Keduanya memulai dari blogger, tetapi kemudian mereka mengembangkannya menjadi bisnis dengan membuka usaha sendiri.

Mungkinkah karena para blogger kebanyakan masih bermental orang upahan, sama seperti saya? Bisa jadi.

Cuma tetap heran saja. Mengapa hanya iklan dan iklan saja yang menjadi fokus utama untuk menghasilkan uang?

5 Responses to "Blog Bisa Membuka Peluang Bisnis/Usaha"

  1. pertanyaan mereka mengindikasikan bahwa Blog LB sudah banyak yang tahu dan butuh orang Bogor utk mencari sesuatu, soal blog bisa membuka peluang usaha, yach memang dari dulu sudah bisa, tapi orang banyak malesss, padahal ada potensi yang luar biasa klu digarap sungguh2. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi begitu.. kenyataannya yah peluang bisnis terbuka, tinggal mau tidak memanfaatkan.. iya nggak sih?

      Delete
  2. Betul mas saya sudah membuktikannya sendiri sejak 2 bulan lalu saya buka online shop dan sudah dapat penglaris ,dan kebanyakan pengunjung sumbernya dari artikel blog yang saya sisipi link ke online shop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti mas.. saya percaya sekali bahwa semua bisa menjadi peluang bisnis yang baik kalau ditangani dengan baik

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel