Baca Polis Asuransi Dengan Teliti Karena Itu Menyangkut Uang

Baca Polis Asuransi Dengan Teliti Karena Itu Menyangkut Uang

Percayalah, bukan hal yang menyenangkan membaca polis asuransi itu. Membosankan. Hurufnya kecil-kecil. Jumlah halaman berlembar-lembar. Yang pasti kalimatnya berbelit-belit dan kerap susah dimengerti atau ditangkap maksudnya. Jelas, polis asuransi itu sama sekali bukan sebuah bacaan favorit.

Tetapi, kalau memang Anda berniat untuk membeli sebuah polis asuransi, maka luangkan waktu yang banyak untuk membacanya. Jangan pernah terburu-buru sebelum benar-benar mengerti satu klausa. Pastikan bahwa setiap pasal yang terdapat di dalamnya dimengerti dengan baik, seberapapun menyebalkannya.

Pakailah mentalitas "kepepet", persis seperti waktu sekolah dulu. Kalau tidak dihafal, hasilnya ujiannya jelek dan kena marah guru dan orangtua. Jadi paksakan membaca setiap rincian yang tercantum di dalam sebuah polis asuransi, apapun jenisnya.

Hal itu karena pada dasarnya polis asuransi adalah kontrak antara penjual "jasa" dan "pembeli". Jadi sebuah polis asuransi akan mencantumkan hak-hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat di dalamnya. Itulah guna berbagai klausa yang ada di dalam sebuah polis asuransi, yaitu memperjelas batasan antara kedua belah pihak.

Banyak sekali kesalahpahaman yang berujung pada perseteruan antara pembeli polis dan perusahaan asuransi yang disebabkan oleh "kurang teliti" dalam mambaca apa yang tercantum dalam sebuah polis. Pembeli mengharapkan "sesuatu", tetapi penjual memberikan "lain".

Kegagalan dalam memahami apa yang "dijual" oleh perusahaan asuransi bisa berujung kehilangan uang tanpa mendapatkan apa-apa. Resikonya lumayan juga dan untuk itu memerlukan sikap teiliti dan cermat dalam hal ini.

Jangan pernah asal tandatangan tanpa benar-benar mengerti. Siapapun yang menjual polisnya, apakah itu saudara atau teman, abaikan. Perhatikan dan baca dengan teliti apa yang tercantum pada polisnya karena itulah yang mengikat kedua belah pihak.

Percayalah, lebih baik membuang waktu beberapa jam sebelum menandatangani daripada "perseteruan" yang panjang di masa depan.

1 Response to "Baca Polis Asuransi Dengan Teliti Karena Itu Menyangkut Uang"

  1. saya sampai saat ini untungnya belum pernah berurusan dengan yang namanya polis ansuransi Mas, jadi duwit saya aman aman saja

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel