Ternyata Tidak Lama Untuk Diindex Google Setelah Ganti Domain TLD di Blogspot

Ternyata Tidak Lama Untuk Diindex Google Setelah Ganti Domain TLD di Blogspot
Tidak perlu takut kalau mau ganti domain TLD di blogspot. Tidak akan butuh waktu lama agar bisa kembali diindex Google.

Tanggal1 Februari 2018 lalu, saya mengganti 2 buah domain dari blogspot.com menjadi TLD (Top Level Domain), namanya Maniak Menulis dan Celoteh Hijau. Dua hari kemudian, tanggal 3 Februari, saya mengganti baju si blog Umum Sekali dengan baju TLD juga.

Sempat terpikir berapa lama kira-kira waktu yang dibutuhkan agar artikel-artikel yang ada di blog-blog itu bisa terindex kembali oleh Google. Patokan yang dipakai adalah Google Webmaster Tools, seperti biasa.

Ternyata mencengangkan juga. Rata-rata lebih dari 1/2 jumlah artikel di blog-blog yang ganti baju tanggal 1, sudah banyak yang diindex sehingga laporan tanggal 6 Februari alias 5 hari setelah ganti domain TLD laporannya seperti screenshoot. Satu lagi yang berganti URL tanggal 3 juga sudah lebih dari 50% terindex.

Kalau melihat data laporan lebih jauh lagi, laporan itu merupakan data tanggal 3-4 Februari saja karena biasanya data di Google Webmaster Tools memang lebih lambat 2 hari.

Jadi, sama sekali tidak lama. Beberapa hari saja sebagian besar postingan sudah kembali diindex Google. Agak berbeda dengan pengalaman banyak blogger lain saat berganti domain TLD di Blogspot yang kerap menemukan bahwa blog "berbaju baru" mereka lamban diindex atau mengalami masalah dan tidak terindex.
Ternyata Tidak Lama Untuk Diindex Google Setelah Ganti Domain TLD di Blogspot


Mungkin hal ini disebabkan karena saya membeli Top Level Domainnya via Google Domain. Saya tidak mengalami masalah sama sekali karena cukup hanya satu klik saja dan langsung baju barunya bisa dipakai dan langsung bisa tampil. Mungkin hal ini disebabkan Blogspot juga milik Google sehingga tidak ada masalah teknis yang berarti antar server mereka.

Semuanya jadi serba ringkas dan cepat.

Harga TLD-nya memang agak di atas pasaran. Rupanya mungkin mereka sudah memasukkan biaya service memasang TLD di dalamnya. Sehingga tidak lagi merepotkan pembeli.

Dan, memang menguntungkan buat saya, yang memang malas utak atik yang seperti itu. Lebih enak dan nyaman.

1 Response to "Ternyata Tidak Lama Untuk Diindex Google Setelah Ganti Domain TLD di Blogspot"

  1. Wah, berarti beruntung dong ya, kita yang beli domain lewat Google Domain, walaupun agak mahal.

    Kalo sudah ngomongin masalah server dan sejenisnya, sebenarnya saya banyak ngga mudengnya. Makanya beli di tempat yang praktis aja. Ini saya bayar, selanjutnya dikau yang urus, wkwk.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel