Mengapa Saya Tidak Menggunakan WP Smush Lagi

Mengapa Saya Tidak Menggunakan WP Smush Lagi
WP Smush adalah nama salah satu plug in yang sangat populer di kalangan blogger yang memakai Wordpress Self Hosted sebagai platformnya. Bisa dikata semua blogger tutorial, dalam dan luar negeri akan menyarankan (dengan sangat) agar mereka yang baru memulai menggunakan  plug in yang satu ini.

Fungsinya adalah untuk memperkecil ukuran image atau gambar yang diupload ke website. Jadi, di saat sebuah image dipindahkan dari komputer ke server, ukurannya diperkecil oleh si WP Smush. Plug in ini juga bisa dipergunakan untuk memperkecil ukuran image yang sudah ada di server.

Sangat bermanfaat. Dan, saya "pernah" memakainya untuk beberapa blog yang memakai CMS Wordpress.

Kata "pernah" diberi tanda kutip. Hal ini menandakan bahwa sekarang saya sudah tidak menggunakan WP Smush lagi. Plug in ini sudah dicopot dari semua website yang saya kelola.

Alasannya karena

1. Saya sudah terbiasa mengecilkan image di komputer, alias sebelum diupload, dengan memakai software gratisan saja, seperti Photoscape dan Faststone Photo Resizer. Kalau mau upload via mobile device pun sudah ada Picture Resizer.

Ukuran imagenya pun sudah sangat kecil antara 10-50 Kilobyte saja. Lagipula, dengan memakai Photoscape, image masih bisa diedit yang tentunya menguntungkan kalau harus meningkatkan "brightness" atau "contrast".

2. WP Smush memang mengecilkan ukuran untuk file yang belum diperkecil di komputer, tetapi plug in ini tidak lagi memberikan hasil yang signifikan kalau image sudah diperkecil di komputer. Malah, terkadang hasil WP Smush masih jauh lebih besar daripada kalau diperkecil dengan Faststone Photo Resizer.

Hal ini ditambah dengan kenyataan penggunaan plug ini pada Wordpress akan memberatkan website atau blog. Memang tidak banyak karena WP Smush sangat ringan, tetapi, karena fungsinya sudah tergantikan, ya untuk apa dipasang.

Jadilah saya memutuskan untuk tidak lagi menggunakan WP Smush pada blog Wordpress yang saya kelola.

Keuntungan menggunakan software seperti Photoscape atau Faststone Photoresizer adalah saya bisa mengecilkan semua image untuk blog-blog berbasis blogspot juga, yang tidak punya fasilitas plug in. Semua foto yang dipasang di blogspot sudah melalui proses pengecilan di komputer.

Ringkas, cepat dan tidak memberatkan website. Yang terpenting, kedua software itu gratis dan mudah digunakan.

Kalau ada rekan-rekan yang belum terbiasa mengecilkan image atau foto, saya sarankan pergunakan saja kedua software ini. Benar-benar tidak bayar dan tidak ada iklannya. Pemakaiannya juga mudah sekali.

4 Responses to "Mengapa Saya Tidak Menggunakan WP Smush Lagi"

  1. ooo baru tahu... terima kasih berkongsi

    ReplyDelete
  2. Sama-sama Anies. Senang juga berteman denganmu

    ReplyDelete
  3. Saya memperkecil foto biasanya hanya pake ms office picture. Benar2 malas nyari aplikasi. Cuma memnafaatkan apa yg sdh ada di komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga.. cuma karena saya juga butuh wat fotografi, jadi perlu juga sih punya aplikasi yang bisa buat ngedit

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel