Kalau Sitemap Tidak Dikirim ke GWT, Apakah Artikel Akan diindex Google?

Dalam artikel sebelumnya yang berjudul " Perlukah Submit Ulang Sitemap Setelah Menerbitkan Artikel Baru?", saya mengatakan bahwa tanpa kirim sitemap pun Google akan mengindeks blog kita.

Pernyataan ini, bisa jadi akan membuat banyak orang mencibir dan tidak percaya. Bisa dimaklum karena selama ini memang yang tersebar di dunia blogging, mengirimkan sitemap adalah "keharusan". Kalau tidak, yang biasa dikatakan para suhu blogger, Google tidak akan mengindeks blog dan isinya.

Tetapi, pengalaman saya mengelola blog yang berplatform Blogspot dan Wordpress, tidak demikian adanya.

Silakan lihat screenshoot di bawah ini.

Kalau Sitemap Tidak Dikirim ke GWT, Apakah Artikel Akan diindex Google?
Nama blognya memang Kompi Ruzak, berbasis Blogspot saja. Isinya buat iseng-iseng saja. Tampilannya pakai template jadul bin kuno. Isinya bawelan orang iseng saja.

Tidak ada sitemap yang terkirim. Tidak ada kode Google Analytics yang dipasang. Tidak ada kode GWT yang masuk di bagian manapun itu blog. Blog itu "terisolasi". Kalau menurut teori blogging yang umum, Google tidak akan mengindeksnya sama sekali.

Saya tidak pernah memperkenalkan kepada Google lewat manapun kecuali platform yang dipakainya saja. Berarti seharusnya robot Google nggak akan mau mampir kesini.

Kenyataannya, entah kenapa kalau dijalankan : site:http://kompiruzak.blogspot.com, maka hasil di SERP keluar. Hal ini menandakan bahwa blog dan isinya terindeks oleh Google.

Hal tersebut pernah dialami juga saat Pojok Menulis (berbasis Wordpress Self Hosted) terkena hack yang berakibat harus dikebumikan. Mau tidak mau rusaknya parah sekali. Jadilah, saya memindahkan ke URL baru, alias boyongan pindah rumah.

Cuma, karena rupanya mental ikut down, saya malas melakukan SOP bagi blog baru. Maklumlah, perjuangan lebih dari 2 1/2 tahun hilang begitu saja akibat manusia tak bertanggung jawab. Blog itu di URL barunya, sama sekali tidak disentuh.

Yang saya lakukan hanya mengimport data backup ke URL baru. Setting dibiarkan apa adanya saja. Tidak ada sitemap dikirim. Tidak ada hubungan dengan Google Analytics. Tidak ada apapun. Secara teori, blog itu seperti rumah yang sudah diisi barang, tetapi tidak ada perawatan apa-apa. Dibiarkan saja.

Hasilnya? Blog itu perlahan kembali normal dan banyak tulisannya secara perlahan menempati posisi yang bagus di SERP. Pengunjung berdatangan dari mesin pencari. Tanpa mengirimkan sitemap sama sekali. Barulah setelah bulan Desember kemarin, melihat ternyata lumayan, saya memutuskan mengirimkan sitemap ke GWT.

Bukan karena minta diindeks. Keingintahuan saya berapa sih pengunjung yang menemukan kembali blog itu yang mendorong pengiriman sitemap. Saya butuh data dari Google untuk melihat perkembangannya. Jadi, sayang saya tidak punya screenshootnya.

Berdasarkan semua itulah, saya berpendapat bahwa apa yang disarankan banyak suhu blogger, untuk mengirimkan sitemap ulang setiap mempublish artikel baru adalah sebuah tindakan yang berlebihan. Google akan tetap mengindeks blog dan isinya bahkan tanpa kirim sitemap sekalipun. Itu memang sesuatu yang harus mereka lakukan demi bisnis mereka.

Pengiriman sitemap adalah untuk kepentingan sang Webmaster alias si blogger agar mereka bisa melihat tampilan data yang dikumpulkan oleh Google . Hal ini bisa membantu para webmaster meningkatkan performa website yang dikelola.

Anda percaya atau tidak adalah hak Anda. Saya tidak akan mengatakan mengirim ulang sitemap hanya karena menerbitkan artikel baru adalah sebuah kesalahan. Saya hanya memandangnya sebagai sebuah tindakan berlebihan dan membuang waktu saja.Tidak efisien.

4 Responses to "Kalau Sitemap Tidak Dikirim ke GWT, Apakah Artikel Akan diindex Google?"

  1. Buang buang waktu ya pak. Kalau setiap bikin artikel harus selalu di submit sitemap.

    Padahal buat blogger paruh waktu kayak saya. Bisa ada kesempatan buat nulis aja udah bagus.
    masih di sibukkan Dengan rutinitas kantor. Dan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah mas.. saya juga nggak kebayang harus kirim sitemap setiap publish artikel..

      Delete
  2. Haduh... saya cukup lama modar mandir gak jelas di dunia blogging.

    Saya malah gak pernah upload-upload sitemap. Tapi dari semua blog saya gak ada yang di lewatkan google.

    Kalau submit sitemap menurut yang berpengalaman ngeblog katanya agar meyakinkan si search engine.

    Entah meyakinkan tentang apa, yang jelas bukan tentang hubungan kasih sayang. Hahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungan tak direstui kayaknya mas.. hahahaha

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel