[Impian] Mungkinkah Merubah Blog Menjadi Media Online ?

[Impian] Mungkinkah Merubah Blog Menjadi Media Online

Melihat perkembangan perubahan perilaku masyarakat pembaca pada masa sekarang, tidak terhindarkan terbersit sebuah keinginan, dan bisa dikata sebuah impian. Apalagi setelah mengetahu bahwa banyak media cetak mulai banyak yang menghentikan penerbitan edisi cetaknya dan beralih 100% ke edisi online, pemikiran itu semakin menyeruak.

Mungkinkah suatu waktu saya bisa merubah blog-blog yang ada menjadi sebuah media online?

Platformnya sudah tersedia. Blogger atau Wordpress self-hosted bisa menjadi pilihan. Perubahan dalam masyarakat pembaca pun mendorong ke arah sana.

Semuanya memungkinkan kalau suatu waktu yang sekarang masih disebut blog bisa berubah menjadi media massa.


Memang, masih sangat jauh langkah yang harus ditempuh mengingat masih banyak hal yang harus dipenuhi untuk menuju ke arah sana. Banyak hal yang masih harus dipenuhi, seperti :

  1. Cara penulisan
  2. Sumber Daya Manusia
  3. Periklanan
  4. Perlengkapan
  5. Pengetahuan Jurnalistik
  6. Wadah
  7. Permodalan
Tetapi, merubah blog menjadi media bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Dan, rasanya ide seperti ini cukup pantas untuk dijadikan target untuk di masa depan.

Beberapa bukti di lapangan menunjukkan bahwa hal itu sangat mungkin dilakukan. Sebuah blog Portalpiyungan.com yang sudah tidak bisa dilihat di Indonesia akibat dianggap memasang konten SARA telah menyediakan bukti bahwa masyarakat bisa menerima sebuah blog sebagai massa.

Saat sebelum ditutup blog ini telah dikunjungi lebih dari 450 juta pembaca. Sebuah angka yang luar biasa besar.

Jadi, bukan tidak mungkin untuk melakukannya juga.

Hanya, saat ini semua itu masih sekedar wacana, ide, pemikiran, impian karena tentunya tidak akan mudah untuk mewujudkannya..  Saya masih terlalu menikmati menjadi blogger yang tanpa beban dan hanya memfokuskan diri pada menulis saja.

Meskipun demikian, di tahun 2018 ini, ada satu langkah kecil yang mungkin bisa dianggap sebuah langkah kecil menuju seorang blogger yang kapitalis. Saya akan "mempekerjakan" seorang penulis yang bukan free lance alias part time.

Memang, bukan orang lain, yaitu adik saya yang juga seorang blogger. Hanya, saya akan memberikannya pekerjaan full time sebagai penulis dan bagian tim pengelola dari blog-blog yang ada.

Dengan begitu diharapkan produksi artikel/konten akan menjadi lebih cepat. Di sisi satunya, saya akan belajar menjadi seorang kapitalis dengan menanamkan modal dan menjalankannya sebagai sebuah usaha. Sebuah dunia yang belum terlalu dalam saya jalani.

Tetapi, saya akan mencoba selangkah demi selangkah. Sampai suatu saat, saya bisa mengatakan 100% yakin untuk mewujudkan impian tadi, yaitu merubah blog-blog ini menjadi sebuah media massa yang bisa menghasilkan uang.

Saat ini biarlah tetap menjadi blogger yang sedang belajar bisnis dan tentunya sedang bermimpi saja.

2 Responses to "[Impian] Mungkinkah Merubah Blog Menjadi Media Online ?"

  1. Blogger kapitalis. Istilahnya kok ngeri ya pak? Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukannya keren om... hahahaha.. tapi kalau ngejar duit kan kapitalis...iya kan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel