Dua Artikel Dengan Kata Kunci Sama di Blog Yang Sama - Apa Efeknya di Mesin Pencari?

Dua Artikel Dengan Kata Kunci Sama di Blog Yang Sama - Apa Efeknya  di Mesin Pencari?

Pernah mencoba membuat dua artikel dengan kata kunci yang sama dalam satu blog? Yah, saya pernah dan bahkan sering melakukannya. Memang, walau bukan ahli, tetapi saya cukup paham resikonya, yaitu salah satu dari artikel akan diabaikan kalau ada pencarian dengan kata kunci tersebut.

Sayangnya, karena saya lebih fokus pada menulis, maka hal tersebut saya abaikan dengan sengaja. Hal itu saya pikir menghambat sekali dalam pengembangan ide dan pembuatan judul. Rasanya lebih enak menulis saja apa yang dimau tanpa harus berpikir tentang apa efeknya bagi mesin pencari.

Karena kebetulan saja, saya sedang melakukan eksprimen kecil tentang hal itu, saya menemukan dua hasil yang ternyata berbeda dan tidak melulu seperti yang dikatakan oleh para pakar blogging. Ternyata tidak selalu hasilnya salah satu disingkirkan.

Tidak percaya.

Coba lihat hasil screenshoot dari SERP (Search Engine Result Page - Halaman Hasil Pencarian) Google kalau kata kunci yang sama dimasukkan.

Dua Artikel Dengan Kata Kunci Sama di Blog Yang Sama - Apa Efeknya  di Mesin Pencari?

Bisa tebak kata kuncinya kan? Dan, yang mana yang berasal dari blog yang sama? Pastilah Anda bisa menemukannya kalau teliti.

Dari screenshoot di atas terlihat ada dua tulisan dari satu blog yang memiliki keyword yang sama. Dan, ternyata hasilnya bertentangan dengan apa yang dipercaya para pakar blogger bahwa salah satu akan diabaikan dan disingkirkan.

Kedua tulisan dengan kata kunci yang sama ternyata ditampilkan dua-duanya di SERP.

Analisanya karena kedua tulisan berkata kunci sama itu memiliki tujuan yang berbeda. Yang berada di atas berisi kebanyakan foto saja karena bertujuan memperlihatkan keindahan tempatnya. Nah, yang di bawahnya lebih banyak teksnya, walau ada fotonya juga. Keduanya juga ditempatkan pada kategori yang berbeda. Mungkin hal-hal itulah yang membuat kedua artikel dengan kata kunci yang sama bisa tampil dua-duanya.

Kasus kedua, dan hasilnya berbeda baru terjadi beberapa hari yang lalu. Sebuah tulisan terbit di Pojok Menulis dengan kata kunci (atau frase kunci tepatnya) "Keuntungan Menjadi Blogger". Tulisan ini justru belum pernah dibuat dalam satu blog, tetapi sebagai ajang uji coba, saya meletakkannya di dua blog yang berbeda. Yang satu di Maniak Menulis (Silakan ikuti Link Ini ).

Isinya sama dan hanya judulnya dibuat berbeda.

Hasilnya, yang di Pojok Menulis ternyata tidak tampil di halaman SERP keberapapun, begitu juga dengan yang Maniak Menulis.

Lha? Heran? Saya juga waktu itu. Biasanya kekuatan DA dan PA Pojok Menulis akan membuat sebuah tulisan cepat tampil dan bahkan kerap naik ke peringkat yang baik di halaman pertama. Kalaupun tidak , artikel itu akan masuk ke halaman 2-3. Tetapi, yang ini ternyata tidak demikian.

Selidik punya selidik, hal itu ternyata karena sebuah hal kecil. Bukan karena ada dua artikel dengan kata kunci sama dalam blog itu. Tidak sama sekali. Tulisan itu baru dibuat.

Hal kecil itu adalah beberapa bulan yang lalu, saya sempat hendak membuat tulisan seperti itu dan sebagai persiapannya, sebuah image sudah diupload dan sudah disetting dengan kata kunci "Keuntungan Menjadi Blogger". Alt-text-nya juga sudah sama. Justru, image inilah yang muncul walau di halaman ke 5-6, dan karena terbantu DA dan PA blog itu.

Jadi, rupanya image ini menghambat tulisan yang satu lagi untuk masuk ke halaman pencarian. Hanya karena image satu buah saja.

Penyelesaiannya juga tidak rumit

1. Saya hapus image yatim piatu itu dari blog (toh tidak dipakai)
2. Kemudian saya masuk ke Google Webmaster Tool dan meminta penghapusan URL image itu

Selesai dan tunggu.

Ternyata, hanya dalam satu hari saja, tulisan yang di Pojok Menulis langsung keluar di halaman mesin pencari, walau belum ke halaman pertama, tetapi sudah bertengger di halaman kedua.

Dua Artikel Dengan Kata Kunci Sama di Blog Yang Sama - Apa Efeknya  di Mesin Pencari?

Mudah-mudahan saja bisa naik terus peringkatnya. Nah, biasanya kalau saya memang memfokuskan diri pada SEO, tinggal mencarikan backlink dan meminta teman/rekan/tetangga untuk melakukan sharing agar peringkatnya semakin naik. Masalahnya, saya malas melakukan itu semua, jadi tulisan ini akan tetap dibiarkan saja apa adanya, tanpa backlink atau apapun. Natural saja.

Yah, memang itu jeleknya. Makanya saya tidak akan jadi pakar SEO, karena malas untuk melakukan yang seperti itu. Saya lebih suka dan fokus pada menulis saja. Meskipun demikian, sekali-kali, saya akan melakukan ekspreimen kecil sekaligus untuk melatih  kemampuan dalam bidang itu. Sayang kalau pengetahuan itu hilang karena malas.

Beberapa kali juga ternyata tidak gagal dalam bersaing dengan yang katanya para pakar SEO. Seru juga iseng-iseng seperti ini.

Ohh sebelum lupa, bagaimana dengan tulisn yang di Maniak Menulis? Sesuai prediksi, tulisan dengan kata kunci yang sama itu belum muncul sama sekali. Harap maklum, DA dan PA, atau kekuatan Maniak Menulis sendiri masih rendah sekali kalau dibandingkan Pojok Menulis yang berinduk pada Lovely Bogor. Butuh perjuangan khusus kalau mau muncul dan sayangnya saya tidak akan melakukan itu. Tulisan yang sama akan dibiarkan saja apa adanya untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Siapa tahu tulisan ini bisa memberikan gambaran bagaimana hasil dari membuat dua tulisan dengan keyword yang sama dalam satu blog. Walau kalau saya yang ditanya, tetap saja pusing karena ada dua hasil yang berbeda.

Tetapi, siapa tahu Anda memang pakar SEO dan bisa menemukan pemecahannya. Saya mah hanya sekedar sharing saja.

0 Response to "Dua Artikel Dengan Kata Kunci Sama di Blog Yang Sama - Apa Efeknya di Mesin Pencari?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel