Cepat Juga Ternyata Blog Umum Sekali Mulai Mendapat Peringkat Alexa

Cepat Juga Ternyata Blog Umum Sekali Mulai Mendapat Peringkat Alexa

Cepat Juga Ternyata Blog Umum Sekali Mulai Mendapat Peringkat Alexa

Cepat juga ternyata. Bikin heran sebenarnya. Perhitungan saya, blog-blog yang baru "diberi baju" baru, domain TLD (Top Level Domain), mungkin baru akan mendapat peringkat Alexa sekitar 3 bulan nanti. Tetapi ternyata, sudah ada satu blog, yaitu Umum Sekali yang sudah diberi peringkat oleh si anaknya Amazon.com.

Memang masih besar sekali seperti terlihat di screenshoot di atas. Jauh di bawah peringkat saat masih memakai domain blogspot.co.id. Selisih jauh, tetapi baru sekitar 4 harian sejak ia memakai URL baru.

Bahkan lebih cepat dari dua blog lainnya, yaitu Maniak Menulis dan Celoteh Hijau. Padahal, dua blog ini sehari lebih cepat memakai domain TLD, tetapi hingga saat ini belum ada peringkatnya.

Entah kenapa.

Mungkin, kalau ditilik dari beberapa hal, memang ada beberapa kelebihan yang dimiliki Umum Sekali, si blog gado-gado bin ancur-ancuran ini, yaitu :

1. Usianya lebih tua

 Dibandingkan dua blog yang lain, blog gado-gado ini sekitar 7-8 bulan lebih tua. Hanya karena ia sempat dibiarkan bobok cantik lama sekali, jadi memang terbengkalai.

Meskipun demikian, blog ini rajin mendatangkan pembaca, walau tidak besar-besar amat, dari mesin pencari. Beberapa kali juga menghasilkan recehan juga.

2. Isi artikelnya lebih banyak

Hingga saat itu ada lebih dari 400 tulisan yang tidak keruan. Ada wisata, ada curhat, dan berbagai ada lainnya.

Dibandingkan 2 blog yang sama-sama berbaju baru, blog ini memiliki artikel yang lebih banyak. Maniak Menulis baru 300 dan Celoteh Hijau bahkan baru 38-39-an saja.

3. Pengunjung Lebih banyak (dari mesin pencari)

Kalau dilihat dari statistik blogger, memang bahkan dibandingkan Maniak Menulis, Umum sekali kedatangan lebih banyak pembaca. Kebanyakan dari mesin pencari.

Soal update artikel, terpaksa dikesampingkan karena justru Maniak Menulis lebih aktif dalam hal publish tulisan baru. 


Jadi, mungkin karena tiga hal itu si blog tidak keruan itu justru diberi peringkat Alexa lebih dahulu. Lagi-lagi dugaan yah, kalau mau pasti tanya si Mbak Alexa saja.

Lagi juga nggak penting-penting amat sih untuk tahu, cuma keingintahuan saja untuk menambah pengetahuan kapan tepatnya peringkat Alexa diberikan setelah ganti domain.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

Sepertinya dugaan bapak ada benarnya.

Beberapa orang enggan berganti ke TLD karena takut trafik turun. Saya pribadi, karena mikirin uangnya dan malas ribet.

Tapi untuk blogspot sendiri, saya pikir berganti ke TLD tidak akan menurunkan trafik, kebetulan punya saya begitu.

Termasuk masalah alexa ini. Domain baru akan cepat berada di posisi domain lama, karena pada dasarnya mereka mengarah ke tujuan yg sama.

Balas

Mungkin karena kita gantinya di Google Domain yang terkoneksi dengan Blogspot. Jadi tidak ribet sama sekali.

Hal itu juga rasanya yang membuat semua jadi lebih cepat. Kalau yang lain mungkin karena melalui server lain jadi rutenya agak lebih panjang.

Yah memang agak lebih mahal, tetapi mungkin dianggap ongkos service menghubungkan ke Blogspot juga yah... hahahaha

Balas

Gara-gara pak Anton ngobrolin si Alexa saya jadi penasaran sama peringkat blog saya.

cuss ah..

Balas