[Bukti Kecil] Tulisan di Blogspot Pun Bisa Mengalahkan Media Terkenal di Mesin Pencari

Banyak jargon dan mitos yang lahir di dunia blogging. Salah satunya adalah tentang pemakaian TLD atau Top Level Domain. Pemakaiannya dianjurkan bahkan sangat ditekankan oleh banyak blogger dengan berbagai alasan, mulai dari soal kredibilitas hingga kemampuan tulisannya bersaing di mesin pencari Google.

Sebuah blog dengan TLD, dianggap lebih mampu bersaing dibandingkan dengan memakai subdomain, apalagi yang gratisan dari Blogspot. Tulisan-tulisan di blog TLD "dimitoskan" akan menduduki peringkat yang lebih terhormat di SERP - Search Engine Result Page.

Yah, kata dimitoskan diberi tanda kutip karena kenyataannya tidak demikian adanya. Banyak bukti yang menunjukkan bahwa pemakaian TLD tidak selalu berarti memberikan nilai lebih pada tulisan. Artikel-artikel yang dibuat di subdomain gratisan sekalipun tetap bisa bersaing secara sehat. Contohnya di bawah ini :

[Bukti Kecil] Tulisan di Blogspot Pun Bisa Mengalahkan Media Terkenal di Mesin Pencari

Sebuah tulisan tentang "Cara Menikmati Sushi" yang diterbitkan di blog Umum Sekali saat belum berganti menjadi TLD, bisa berada pada posisi di atas berbagai tulisan yang diterbitkan oleh website berdomain TLD.

Lucunya lagi, website-website itu sudah memiliki nama besar, seperti Kompas atau MSN.

Ini hanyalah sebuah bukti kecil bahwa blog dengan subdomain gratisan tidak bisa unjuk gigi di perebutan posisi di SERP.  Hal tersebut adalah sebuah mitos yang ditebarkan agar pembaca mau mengikuti saran yang menulisnya saja. Bukan berdasarkan kenyataan.

Perlu dicatat pula, blog Umum Sekali pun tidak memakai teknik SEO atau link building, dan bahkan sama sekali tidak dipromosikan. Jadi, sebenarnya ada beberapa mitos dalam dunia blogging yang kerap disuarakan para blogger tutorial dan internet marketer terbantahkan oleh bukti kecil ini.

Jadi, silakan saja pilih mau terus percaya mitos seperti ini atau tidak. Saya hanya memberikan buktinya saja.

6 Responses to "[Bukti Kecil] Tulisan di Blogspot Pun Bisa Mengalahkan Media Terkenal di Mesin Pencari"

  1. Saya sekarang sedang mulai merintis blog baru dengan domain blogcepot oom. Oh ya mohon bantuan dong oom, kode wiget untuk artikel terbarunya di blog ini, biar bisa saya pasang juga di blog saya. hehehe, makasi sebelumnya Oom Anton :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riyan.. soal widget artikel pilihan atau terbaru, lihat di website Arlina Simplify 2 saja.. ada disana semua. Lihat di file dokumentasinya tinggal klik dan nanti langsung connect ke websitenya..Tinggal copy, saya tidak bikin kode baru

      Delete
  2. W.O.W.

    Super betul pak anton.

    Cuman, setelah dicek dari browser saya, urutannya tidak demikian pak. Blog "Umum Sekali" tidak berada di posisi pertama untuk kata kunci "Cara menikmati sushi".

    1. id.wikihow.com/Makan-Sushi
    2. www.nibble.id/blog/jangan-asal-saat-makan-sushi-ini-caranya-yang-benar
    3. www.ichibansushi.co.id/.../makan-sushi-ternyata-tidak-boleh-asal-lahap-ini-dia-cara-...
    4. umumsekali.blogspot.com › Kuliner
    5. Baru lainnya...

    Soal blog itu memenangkan urutan di Kompas, MSN, Detik, dan media yang pak anton sebutkan memang benar adanya.

    Terlepas dari itu, mungkinkah, browser yang kita gunakan berpengaruh terhadap SERP yang kita cari? Karena browser yang kita gunakan sehari-hari biasanya memuat cache dan data yang kita pakai. Sehingga hal itu ikut memengaruhi pencarian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbahmu.. super apaan.. wakakakak

      Lha ya saya kan nggak bilang peringkat pertama oh mas.. Saya bilang berada di posisi terhormat di atas website-website terkenal seperti kompas, MSN dan detik. Mereka berdomain TLD dan terkenal kan..?

      Bukan berada di peringkat paling atas... hahaha sejak awal sudah tahu bukan di peringkat pertama mas... Screenshoot nya dipotong karena kalau dipajang keseluruhan kepanjangan...

      hihihi...

      Delete
    2. Berarti yang penting W.O.W pak

      Ahihihi...

      Delete
  3. hhh, gak akan pernah percaya mitos ah. ;)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel