Peringkat Alexa Menghitung Pengunjung Subdomain - Itulah Kenapa Mereka Tidak Bisa Memberi Peringkat Subdomain

Peringkat Alexa Menghitung Pengunjung Subdomain - Itulah Kenapa Mereka Tidak Bisa Memberi Peringkat Subdomain
Satu hal yang paling pertama saya pelajari saat awal ngeblog adalah Alexa tidak bisa menghitung blog yang dibuat dengan memakai URL subdomain. Pernah berulangkali saya mencoba untuk melhat peringkat Alexa dari Pojok Menulis, tetapi hasilnya yang keluar adalah peringkat Alexa untuk domain utama.

Mengapa? Itu pertanyaan yang hadir di kepala saat itu. Padahal subdomain itu adalah sebuah website sendiri, setidaknya menurut Google dan Mesin Pencarinya (tetapi tidak menurut Adsense).

Selidik punya selidik, dan tentunya dengan memperhatikan apa yang ditampilkan Alexa pada layar laporannya ternyata hal itu karena "Alexa menghitung pengunjung subdomain sebagai pengunjung domain utama".

Screenshoot di atas adalah tampilan dari analisa datangnya pengunjung ke Lovely Bogor dan disana ditampilkan bahwa rasio pembaca Lovely Bogor termasuk Pojok Menulis (https://pojok.lovelybogor.com)  LB Fotografi (fotografi.lovelybogor.com), dan juga Lingkungan (lingkungan.lovelybogor.com).

Persentasenya bisa dilihat disana.

Hal itu menjelaskan mengapa pada saat Pojok Menulis terkena hack dan ribuan pengunjung "melayang", peringkat Alexa merosot drastis sampai seratus ribuan. Sebaliknya, pada saat musim non liburan sekarang, peringkat Alexanya justru naik. Hal itu karena pada saat kena hack, jumlah pengunjung drastis menurun dan pada saat musim non libur, peringkat Alexanya terdongkrak karena banyaknya pembaca di Pojok Menulis.

Jadi, rupanya metriks Alexa memang memasukkan data pengunjung subdomain sebagai salah satu unsur dalam penentuan peringkatnya.

Itu analisa saya lo.

2 Responses to "Peringkat Alexa Menghitung Pengunjung Subdomain - Itulah Kenapa Mereka Tidak Bisa Memberi Peringkat Subdomain"

  1. Ya memang begitu perhitungan alexa, kecuali subdomain khusus seperti misalnya blogspot dan wordpress.com dihitung subdomainnya.

    Btw... Ganti alamat rupanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah... bosan pakai yang lama.. biar rada segeran dikit

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel