Target Ngeblog 2018 : 3 Blog Dengan 1000 Artikel

Target Ngeblog 2018 : 3 Blog Dengan 1000 Artikel

Kata orang, hidup kalau tidak punya target rasanya seperti sayur tanpa garam, tidak enak, monoton dan seperti tidak ada gairah untuk hidup.

Ada benarnya juga sih. Kadang kita bisa lebih terpacu, konsisten, dan punya komitmen kalau ada sesuatu yang dikejar. Tidak enaknya, ya bisa menimbulkan tekanan tersendiri dan akhirnya membuat kita terbeban.

Tahun 2018 baru saja dimulai, dan mungkin saya harus mencoba sesuatu yang baru agar kehidupan ngeblog saya menjadi lebih berwarna dan bervariasi. Penuh tantangan dan hambatan. Mungkin dengan begitu, saya bisa menjadi seorang blogger yang lebih baik.

Dengan pemikiran seperti itu, saya memutuskan untuk memiliki target ngeblog di tahun 2018 ini. Target itu berupa jumlah artikel yang ada di berbagai blog yang saya kelola.

Saya tidak mau mengejar target pembaca atau uang karena susah dikontrol dan tekanannya akan terlalu besar dan hal itu tidak saya inginkan. Kenikmatan dan kesenangan menulis tidak boleh sampai terganggu hanya karena rupiah dan keinginan untuk menyenangkan orang lain saja.

Target yang saya buat adalah sesuatu yang benar-benar bisa dikontrol dan bisa membantu saya menjadi seorang blogger yang lebih produktif dalam menulis.

Jadi, untuk tahun ini, saya menargetkan "harus ada paling tidak 3 blog dengan 1000 artikel di penghujung tahun 2018 nanti". Paling tidak karena sebenarnya masih memungkinkan untuk memiliki lebih dari 3. Menurut perhitungan bahkan bisa 5.

Mengapa 1000 artikel?

Tidak ada alasan khusus. Hanya sekedar angka pembangkit semangat saja. Semacam tonggak perjalanan ngeblog saya.

Mungkin tidak akan berefek apa-apa dalam hal pengunjung atau penghasilan, tetapi kalau tonggak itu sudah berdiri, kepuasan akan datang.

Blog Yang Menjadi Calon Terisi 1000 Artikel


Beberapa blog yang akan direalisasikan untuk terisi 1000 artikel adalah sebagai berikut :

1) Lovely Bogor

Sudah saatnya mengingat hingga hari ini sudah ada 970-an artikel di dalamnya dan hanya perlu finishing untuk mencapai garis 1000 artikel.

Hanya butuh waktu sebentar saja untuk mencapai targetnya. Bahkan kemungkinan besar akan terisi lebih dari itu di tahun 2018

2. Pojok Menulis 

Walau sempat tumbang karena hack, tetapi blog itu sudah aktif kembali dan hingga saat ini sudah ada lebih dari 700-an artikel. Cukup sehari satu artikel baru dipublish, maka blog itu akan melebihi targetnya.

Bahkan, karena dikerjakan dua tangan, bersama adik, pada akhir tahun diharapkan jumlah artikel akan lebih dari 1200-an

3. Umum Sekali

Blog gila-gilaan dan ancur-ancuran yang sebenarnya hanya diniatkan untuk benar-benar merasakan kebebasan dalam menulis. Isinya gado-gado dari curhat sampai politik.

Angkanya masih jauh dari target. Baru terisi 390 artikel, tetapi karena waktu masih panjang dan akhir tahun kemarin sempat dicoba mengisi banyak artikel sekaligus, blog ini potensial menjadi terisi 1000 artikel di akhir tahun 2018 ini.

Dalam pertimbangan :


4. Maniak Menulis

Sejauh ini 256 artikel sudah menjadi penghuninya. Dengan artikel ini jadi 257. Baru seperempat saja. Tetapi, dengan kecepatan saat ini, angka 1000 artikel bukanlah sesuatu yang mustahil untuk dicapai.

Memang sebenarnya, targetnya adalah tahun 2019 untuk terisi sebanyak itu, tetapi kalau bisa lebih cepat, kenapa tidak. Tidak ada salahnya.

5. LB Fotografi

Baru 130-an artikel. Isinya yang banyak penjelasan teknis fotografi akan menjadi tantangan tersendiri untuk memenuhinya dengan 1000 artikel.

Berat. Tetapi, bukan tidak mungkin.

6. Celoteh Hijau

Blog tentang lingkungan ini sudah lama terbengkalai karena fokus yang masih tidak diarahkan kepadanya.

Padahal, topik ini adalah sesuatu yang sangat ingin saya sampaikan dan tulis mengingat kesadaran lingkungan di Indonesia masih sangat rendah. Kehadiran sebuah blog bertema lingkungan hidup seperti ini akan sangat dibutuhkan di masa depan.

7. Celoteh Orangtua

Masuk kategori terbengkalai juga. Padahal, topiknya menyenangkan dan sebagai orangtua dari seorang putra, tentunya ada banyak pengalaman yang bisa dibagi kepada sesama.

Tidak ada kendala yang berarti sebenarnya, hanya masalah manajemen fokus dan waktu yang belum berjalan dengan baik.

Jadi, target ngeblog tahun ini saya ambil yang paling mudah saja. Tiga blog harus terisi 1000 artikel di akhir tahun.

Hal itu yang paling bisa direalisasikan. Soalnya, apa guna target kalau tidak mungkin tercapai. Bisa bikin frustrasi kan?

Mudah-mudahan target ini bisa menjadikan saya blogger yang lebih baik di masa yang akan datang.

Semoga.

10 Responses to "Target Ngeblog 2018 : 3 Blog Dengan 1000 Artikel"

  1. Untuk blog, saya belum membuat target. Masih menikmati jalannya yang santai.

    Tapi kalo boleh curhat ni, Pak. Saya punya target untuk kehidupan nyata. Saya mau menikah tahun ini. Doakan supaya lancar ya, Pak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh. saya ikut doakan semoga niatnya terkabul dan bisa mewujudkan impiannya

      Selamat ya Nisa.. Selamat berjuang

      Delete
    2. Wah....wahhh...... cek Gu mau menikah yach. Selamat Yach Kapan ? dengan Siapa, sesama blogger ngk ?

      Bisa2 pemuda2 di Forum IAPD pada patah hati nich klu mendengar beritanya, hehehe... :)

      Saya doakan semoga target dan Pernikahannya lancar. Amin Allahumma Amin.

      Curhat Target menikahnya ditulis di Blog ngak Cek Gu ? saya mau baca nich. :)

      Delete
  2. terus Nasib SI Mundane dan Talking Indonesia , Bagaimana Pak ? nangis dech sepertinya, karena tidak masuk Nominasi MM Award, kategori Target.

    Sebagai pembaca yang baik, saya akan awasi pencapaiannya. Kalau berhasil silakan hubungi Tukang Bubur terdekat. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dua itu tetap dalam rencana diaktifkan kembali. Tetapi tidak akan masuk kategori untuk mengejar target.

      Biar enjoy saja...

      Delete
  3. 1000 artikel ????? Luar biasa...

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel