Ngeblog Tidak Butuh Modal? Yang Bener Aje, Bro!

Ngeblog Tidak Butuh Modal? Yang Bener Aje, Bro!

Rasanya pingin banget menempelengi para pembuat artikel-artikel yang memasang judul " Ingin Bisnis Tanpa Modal, Ngeblog Aja" atau "Panduan Mendapatkan Uang Online Tanpa Modal" tapi isinya adalah tentang ngebog dan cara memonetisasinya.

Cuma, ya nda mungkin tiba-tiba menempelengi mereka. Lagi pula, saya ndak tahu dimana orangnya, jadi yo wis ben. Saya sekedar meluapkan saja kekesalan dan kegeraman melihat kekonyolan yang seperti ini.

Tapi, kalau Anda mengatakan ngeblog tidak butuh modal? Sini, kebetulan, saya jadi punya sasaran untuk dijitak.

Kalau ada yang berkata seperti itu, berarti dia sebenarnya tidak mengerti tentang ngeblog sama sekali. Pemahamannya, tidak setinggi banjir di Jakarta saat musim kemarau. Lebih dari cetek.

Karena faktanya, ngeblog itu butuh modal. Bahkan, walau ngeblognya memakai platform gratisan seperti Blogger, Tumblr, dan sejenisnya, tetap butuh modal. Ndak percaya?

Coba perhatikan definisi dari modal itu sendiri : yaitu "investasi" yang ditanamkan seseorang dalam sebuah usaha untuk mendatangkan profit. Bentuknya bisa beragam, mulai dari uang, lahan, keahlian dan berbagai jenis benda lainnya yang bisa dipergunakan untuk menjalankan usaha.

Kita ambil saja modal dalam bentuk paling umum, UANG. Lalu, perhatikan berbagai kegiatan kita saat ngeblog (anggap pakai platform gratisan Blogger/Blogspot), lalu apakah benar-benar tanpa modal sama sekali?

1. Listrik


Untuk menyalakan komputer, perlu listrik. Tentunya tidak bisa dibayar dengan daun kan? Memang, kalaupun hanya 1 jam sehari atau seminggu ngeblognya, tetapi tetap saja ada uang yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya pemakaian listriknya kan

2. Komputer atau Gadget

Harus beli kan? Itu kalau mau nyaman dan tenang saat ngeblog. Punya sendiri berbeda dengan memakai perangkat milik kantor tentunya karena berarti beban biaya dilimpahkan pada orang lain jika hal itu dilakukan.

Nah, memangnya beli komputer atau gadget tidak perlu uang?

3. Internet

Mau pakai mobile internet atau internet kabel, sama saja, tetap harus dibayar. Dan, untuk membayarnya perlu uang kan? Lalu, uangnya dinamakan apa dalam hal ini?

Tiga itu saja

Kalau mau ditambah, biaya kopi dan cemilan karena biasanya blogger pasti butuh "teman" yang manis saar otaknya berpikir keras untuk menghasilkan tulisan berkualitas dan bermanfaat (kata para internet marketer).

Nah, itu hanya "modal" dalam kaitannya dengan uang yang dikeluarkan. Lalu, bagaimana dengan pengetahuan, skill, ilmu, kemampuan, waktu, semua itu menurut ilmu ekonomi masa kini bisa dimasukkan sebagai bentuk "modal" juga karena justru itu kunci dalam keberhasilan sebuah usaha dan bisnis.

Jadi, apa benar ngeblog tidak butuh modal?

Kalau Anda masih berpendapat begitu, tolong kemplang kepala sendiri saja deh? Berarti ada yang salah dan tidak nyambung disana.

2 Responses to "Ngeblog Tidak Butuh Modal? Yang Bener Aje, Bro!"

  1. Nampenginnya lewat doa aja, Mas. Doakan yang terbaik agar mereka tidak membuat artikel semacam itu atau artikel yang bisa naik darah bagi para pembacanya. Dengan mendoakan yang terbaik, in shaa Allah kembali yang baik juga..

    Terkadang orang mikirnya itu hanya yang terlihat saja. Seperti halnya listrik dan quota yang jelas-jelas terpakai sampai-sampai tak terlihat. Nice artikel, Mas. Semoga yang masih ngerasa tanpa modal. Suruh baca tulisan ini aja, biar paham.. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha.. iyah benar deh saya doain juga deh

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel