Menunda Untuk Membuat Blog Baru Lagi

Menunda Untuk Membuat Blog Baru Lagi

Boleh lah orang mengatakan saya gila dan kurang kerjaan, tetapi kenyataannya setelah memiliki sekitar 10 blog yang lumayan aktif, saya masih berniat membuat beberapa atau banyak lagi. Bahkan, sebenarnya ada URL blog yang sudah tersedia, tetapi belum dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Alasannya sih klasik saja, karena masalah waktu. Kalau saja waktu bisa lebih dari 24 jam, mungkin blog-blog baru itu bisa segera direalisasikan, sayangnya, sehari dibatasi hanya segitu saja. Jadi, ya belum sempat.

Lagipula, untuk tahun 2018 ini, saya sudah menetapkan target paling tidak ada 3 blog dengan 1000 artikel, dan kalau bisa 5 buah. Jadi, perhatian untuk sementara akan difokuskan ke arah sana.

Kalau, dalam perjalanannya, 3 blog sudah memiliki konten 1000 artikel, saya akan mempertimbangkan untuk melahirkan blog baru lagi, dan pada saat bersamaan juga mengaktifkan beberapa blog yang selama ini vakum dan bobok cantik.

Mengapa saya ingin memiliki banyak blog? Tidak ada alasan yang benar-benar khusus sih, tetapi, sebagai seorang produsen konten, rasanya lebih baik memiliki banyak jenis produk dibandingkan bergantung pada satu jenis saja. Dengan begitu, maka potensi mendatangkan pembaca akan semakin besar juga.

Begitu teorinya dan "strategi" nya (biar terlihat keren kan).

Cuma sebenarnya, saya menyukai membangun sesuatu. Saya menikmati proses-nya. Ada gairah tersendiri kalau melihat sebuah blog baru perlahan-lahan terisi artikel dan kemudian perlahan-lahan kedatangan pengunjung. Ada kesenangan dan kegembiraan disana.

Tentu saja, ada banyak kesusahan, kerumitan, dan hambatan disana. Tetapi, bukankah itu yang menjadikan ngeblog itu menarik dan menyenangkan? Kalau sama sekali tidak ada tantangan, yah lalu dimana kesenangannya.

Terlebih lagi, jumlah blog ternyata juga memberikan kontribusi bagi penghasilan dari iklan. Memang belum banyak dan besar. Belum bisa membuat mata orang terbelalak, tetapi di tengah kelesuan pasar iklan Adsense, melakukan diversifikasi atau menambah jumlah blog bisa memberikan tambahan sumber penghasilan.

Ditilik dari data yang sudah ada, saya bersyukur sudah memiliki banyak blog karena kalau hanya mengandalkan Lovely Bogor saja, penghasilan dari Adsense sudah nyungsep sejak lama. Sesuatu yang mungkin akan berpengaruh pada diri saya sebagai blogger. Dengan adanya blog-blog penghasil recehan lainnya, setidaknya efek kelesuan iklan itu bisa tidak terlalu besar.

Jadi, saya akan tetap berusaha mengembangkan sebanyak mungkin blog, walau untuk sementara harus menundanya karena keterbatasan waktu. Suatu saat blog-blog baru akan segera lahir lagi.

3 Responses to "Menunda Untuk Membuat Blog Baru Lagi"

  1. Saya bahkan masih fokus untuk satu blog yg diupdatenya seminggu sekali. Blog lain masih sekadarnya. Sepertinya belum ada niat untuk nambah blog.

    ReplyDelete
  2. saya sudah bikin beberapa blog Pak, tapi isinya masih printilan.

    Sekarang fokus ke blog utama dulu biar bisa posting minimal 1 artikel perhari.

    Rencana bikin blog tentang jakarta pun tertunda belum dapet ijin beli domain baru dari kumendan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat di awal mas.. tapi perlahan-lahan kalau terus dijalani akan terasa ringan. Saya pun begitu saat memulai belasan blog sekaligus. Berat, tapi sekarang sih sudah enjoy saja dan tidak terasa berat.

      Soal domain.. heuheuheu.. saya pilih pakai blogspot saja kebanyakan atau subdomain yang lain supaya nggak puyeng dan ribet soal duit juga

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel