Membuat Artikel Original Dari Berita di Media Massa : OPINI

Membuat Artikel Original Dari Berita di Media Massa : Opini

Opini, pendapat, atau pandangan pribadi adalah sebuah bentuk tulisan yang berlandaskan pada pemikiran seseorang terhadap sesuatu hal. Tulisan jenis ini biasanya menyoroti satu hal tertentu dari satu sudut pandang tertentu juga.

Subyektif sifatnya.

Banyak media massa menyediakan rubrik atau kolom yang bersifat tulisan opini dan biasanya mereka mempekerjakan atau menyewa jasa seseorang, terutama yang memiliki nama terkenal, untuk mengisinya.

Isinya kerap tidak berimbang. Mau tidak mau karena biasanya penulisnya akan melihat topik yang dibahas dari pandangan pribadi dirinya saja. Gaya bahasanya pun tidak datar dan kerap bahkan menyenggol sana sini. Tidak monoton.

Temanya, memang umum saja. Biasanya diambil dari topik yang sedang menjadi tren. Jadi, dalam hal tema, tingkat keoriginalannya rendah karena merupakan sesuatu yang sudah dibahas, mungkin berulangkali di berbagai media lainnya.

Tetapi, dalam segi asal muasalnya, opini adalah sesuatu yang sangat original. Bagaimanapun, pandangan setiap orang akan berbeda satu dengan yang lain, tidak akan sama. Jarang-jarang ada orang akan sepaham dalam satu hal, dan lebih jarang lagi mereka yang menuliskannya di media.

Jadi, bisa dikata keorisinalan opini mencapai level 80% (menurut skala saya).

Tulisan atau artikel original.

Sesuatu yang akan membuat banyak blogger langsung pasang kuping karena memang artikel original adalah sesuatu yang selalu menjadi idaman para penulis dunia maya itu. Semakin banyak artikel original dalam sebuah blog, maka akan semakin baik bagi perkembangannya.

Iya kan?

Hal itu sebenarnya tidak susah sama sekali membuatnya. Yang diperlukan adalah kejelian, terutama dalam memilih topik, dan keberanian untuk berekspresi atau berpendapat. Jangan takut untuk berbeda.

Caranya seperti ini :

  1. Beli koran atau buka media online
  2. Pilih satu topik berita
  3. Baca sampai mengerti isi berita dan kalau perlu baca lagi berita dari media yang berbeda
  4. Setelah paham betul isinya, lalu tanyakan pada diri sendiri apa opini atau pandanganmu tentang hal itu
  5. Tulis pandanganmu tentang hal itu dengan gaya menulis sendiri (Jangan ikuti gaya penulis aslinya)
Yang harus dipastikan adalah yang kita tulis bukanlah sekedar data, berita yang sama. Yang kita tulis adalah pendapat kita tentang topik itu. Kalau hanya sekedar menulis berita yang sama, maka berarti kita menjiplak dan melakukan penulisan ulang saja.

Tulis sesuai dengan apa yang kita yakini dan sesedikit mungkin justru memakai data dari berita aslinya. Opini justru sangat memerlukan "kepribadian" yang menulis di dalamnya, sudut pandangnya, dan gayanya. Jangan jadikan sekedar menulis ulang saja. Ekspresikan pandanganmu sebebas-bebasnya.

Hasilnya, walau topiknya sudah ratusan kali dibahas, tulisan opini selalu unik dan orisinal. Kemungkinannya sama dengan opini orang lain sangat kecil sekali terjadi.

Contoh dari tulisan artikel opini yang diambil dari media massa, sebenarnya banyak dan tidak terhitung, tetapi kalau mau bisa datang ke Mojok.co. Isinya adalah opini yang ditulis dengan gaya norak bin ngeselin ala para penulis "kolom".

4 Responses to "Membuat Artikel Original Dari Berita di Media Massa : OPINI"

  1. Betul pak seseorang pasti mempunya opini dan pendapatnya masing-masing.

    dan kalau saya suka denger obrolan seseorang saat kumpul-kumpul, mereka punya pendapat dan opini yang unik-unik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti disitu justru seninya .. bacanya saja saya senang karena berbeda

      Delete
  2. Konsep website Mojok.co emang cihuy Pak. Beda. Dan nggak biasa. Salut dengan kejelian Pak Anton dalam mengamati. Saya masih menjadi blogger homogen soalnya, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. memang homogen sama siapa mas...

      Tapi gaya Mojok memang beda banget.. NAKAL

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel