Mau Konsisten Ngeblog ? Ya Jangan Nanya Kepada Saya

Mau Konsisten Ngeblog ? Ya Jangan Nanya Kepada Saya

Mau Konsisten Ngeblog ? Ya Jangan Nanya Kepada Saya

Seriously? Serius nih mau konsisten ngeblog?

Buktinya, sudah diberitahukan intinya pada judul di atas saja bahwa saya tidak bisa memberikan berbagai tips dan trik supaya bisa konsisten ngeblog saja, Anda masih memaksa masuk dan meneruskan membaca.

Sebuah bukti kalau Anda memang berniat bisa menemukan cara menjaga konsistensi dalam ngeblog, atau terlalu keras kepala dan kurang mau menelaah diri sendiri dalam hal ini. :-D Yang mana alasannya terserah Anda sih.

Soalnya, dalam hal konsistensi, sama dengan menulis itu sendiri (dan banyak hal lainnya), tidak ada standar pasti bagaimana bisa menjadi konsisten. Tidak ada rumus baku yang bisa membuat orang mendapatkan konsistensi dalam sesuatu hal. Masing-masing orang akan berbeda satu dengan yang lainnya dalam hal ini.

Semua itu akan tergantung pada pribadi masing-masing, dan bukan tergantung pada orang lain. Jadi, sebenarnya tidak tepat sama sekali bertanya kepada saya (atau orang lain) karena yang paling tahu tentang diri Anda adalah ya Anda sendiri.

Percayalah.

Konsisten itu berkaitan erat dengan bagaimana seseorang bisa memotivasi diri sendiri untuk melakukan sesuatu secara konstan. Dorongan dari luar dan pengetahun dalam hal ini berperan minimal sekali.

Jadi, kalau saya menjadi Anda, maka saya akan berhenti sampai disini saja, dan selebihnya saya akan berpikir tentang siapa saya, bagaimana sifat dan karakter saya, ketersediaan waktu, dan sejenisnya. Lalu saya akan putuskan langkah-langkah berikutnya.

Tetapi...

Kalau memang Anda benar-benar tidak tahu dan tidak bisa berpikir tentang langkah-langkah untuk mewujudkan konsistensi dalam kehidupan blogging Anda, silakan lanjutkan membacanya. Siapa tahu ada sebagian dari pengalaman saya yang bisa dimanfaatkan.

Berdasarkan pengalaman saya, yang sudah tiga tahun lebih ngeblog dan setiap hari bisa menulis lebih dari 3-5 (bahkan kalau libur 10 artikel), konsistensi dalam ngeblog bisa dibangun dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini

Pertama : Menerima Kenyataan

Kenyataan apa yang harus diterima? Bahwa tidak ada kepastian dalam hal ngeblog. Tidak ada jaminan bahwa ngeblog itu bisa mendatangkan ketenaran, kejayaan, dan kekayaan. Sama sekali tidak ada jaminan tentang hal itu.

Berapa kalipun Anda membaca berbagai tips dan trik ajaib untuk menjadi sukses dalam blogging, hal itu tidak menjamin apa-apa. Hanya informasi dan pengetahuan saja yang bertambah. Berapa ribu kali Anda membaca tentang Linda Ikeji, tidak akan membuat Anda sekaya dirinya.

Terimalah, ngeblog bisa jadi perjalanan panjang yang tak berujung. Oleh karena itu, maka segala sesuatu termasuk strateginya, harus dibuat untuk jangka panjang agar tidak cepat ngos-ngosan dan patah arang di tengah jalan.

Dengan menerima kenyataan seperti ini, maka sejak awal Anda sudah menyadari bahwa satu-satunya kepastian adalah "kerja keras" yang harus dilakukan dan sebuah perjuangan tanpa ujung.

Jadi, dengan begini sejak awal, Anda sudah menyiapkan mental dan fisik untuk menempuh jalan yang tak berujung.

Kedua : Buang Beban

Kira-kira kalau satu orang yang sama diharuskan pergi dengan dua cara

  1.  membawa sekarung kerikil seberat 100 kilogram
  2.  tidak membawa apapun
Mana kira-kira yang bisa menempuh jarak yang lebih jauh? Pastinya yang no 1) kan?

Begitu juga dalam ngeblog. Kalau Anda membawa beban berlebihan, maka perjalanan Anda akan menjadi pendek karena beban yang dibawa terlalu berat.

Beban utama yang paling sering dibawa adalah KEINGINAN. Ingin cepat kaya, ingin tampil profesional, ingin terlihat pintar, ingin cepat tenar, ingin seperti para master blogger, dan lain sebagainya.

Keinginan-keinginan ini adalah sebuah beban yang bisa memberatkan dan mengurangi daya tahan Anda sebagai blogger. Keinginan menjadi kaya akan menghadirkan rasa putus asa ketika BPK Adsense turun drastis. Keinginan cepat tenar akan menjatuhkan kepercayaan diri ketika ternyata hanya segelintir orang yang mau membaca blog Anda.

Tidak berarti Anda harus bebas KEINGINAN, karena hal itu tidak mungkin. Manage keinginan itu seminimal mungkin agar beban berkurang.

Dengan begitu, ketahanan Anda akan meningkat dan perhatian bisa lebih terfokus pada kegiatan bloggingnya sendiri.




Ketiga : C.I.N.T.A

Kata D'Bagindas (tahukan grup band ini) CINTA adalah C.I.N.T.A.

Ga salah. Memang begitu ejaannya.

Satu kata ini penting untuk menjadi seorang blogger yang konsisten ngeblog. Penting. Bayangkan saja seorang kakek dan nenek yang sudah menikah 40-50 tahun, alasan apa mereka bisa hidup bersama seseorang selama itu? Kebanyakan akan mengatakan alasannya adalah C.I.N.T.A

Cintai dan sukai apa yang Anda lakukan.

Tidak beda dengan seorang karyawan yang sudah bekerja puluhan tahun di sebuah perusahaan yang sama. Ia tidak akan bisa bertahan kalau alasannya hanya karena kebutuhan saja, kalau itu terjadi yang ada adalah tekanan tak terhingga beratnya.

Tetapi, biasanya orang seperti itu berhasil bertahan karena ia bisa "menyukai" apa yang dikerjakannya.

Witing Tresno Jalaran Soko Kulino. Cinta bisa lahir karena sering bertemu.

Itulah yang saya lakukan sehingga bisa bertahan di dunia tekstil selama lebih dari 20 tahun. Walau pada awalnya berat, tetapi perlahan lama kelamaan saya menyukainya dan terus menggelutinya dalam jangka waktu yang lama.

Cintai dan sayangi kegiatan ngeblog. Dengan begitu, ada alasan kuat untuk bertahan,, yaitu karena ada sesuatu yang engkau sayangi dan sukai disana.

Keempat : Buat Tantangan Baru (Sendiri)

Kebosanan adalah musuh utama saat membangun konsistensi. Ia melemahkan semangat juang.

Oleh karena itu, jadilah kreatif dan buat tantangan baru untuk mengusir kebosanan. Itulah yang dilakukan seorang yang sudah menikah lama. Mereka membuat "riak-riak" kecil dalam kehidupan bersama dan kemudian menikmatinya.

Mereka membuat tantangan-tantangan baru yang harus dipecahkan dan dihadapi.

Hal itu akan sangat membantu dalam mengusir kebosanan selama perjalanan. Tidak beda dengan Anda main game saat perjalanan jarak jauh ke suatu tempat.

Buat target-target kecil supaya diri sendiri bisa terpacu dan merasa tertantang. Hanya, pastikan kalau tantangan/target itu bisa tercapai karena kalau tidak justru bisa menjadi bumerang yang mematahkan semangat diri sendiri.

Contohnya, saya membuat target/resolusi tahun 2018 ini untuk memastikan 3 blog terisi dengan 1000 artikel. Hal itu sangat mungkin tercapai karena banyak hal. Bukan sesuatu yang mustahil.

Tetapi, saya enggan membuat target seperti "Saya ingin kaya seperti Linda Ikeji dalam 3 tahun". Ini adalah sebuah target yang lumayan bodoh, karena kita tidak tahu Linda Ikeji itu sekaya apa dan juga ia mencapai kesuksesannya setelah lebih dari 5 tahun ngeblog.

Target dan tantangan seperti ini hanya akan mematahkan semangat saja dan justru berakibat buruk.

Tantangan yang dibuat harus bisa dicapai dan tidak memberatkan. Hanya sekedar untuk mengusir kebosanan saja.

Kelima : TEMAN, TEMAN, TEMAN

Naik kereta ke Surabaya naik Argo Bromo yang 9 jam saja bisa terasa membosankan. Tetapi, kalau berangkatnya bersama teman, pacar, keluarga, maka kebosanan itu adalah teman.

Seorang yang patah hati biasanya akan mencari teman curhat supaya beban dihatinya tidak terasa berat lagi.

Blog itu salah satu fungsi awalnya adalah "membangun jaringan" dan menghubungkan antar manusia.

Jadi, manfaatkan.

Carilah teman dalam perjalanan ngeblog Anda. Mereka senasib dengan Anda. Dengan begitu, kehidupan ngeblog Anda akan terasa lebih "berwarna" dan "ceria". Lebih hidup. Rasanya akan lebih menyenangkan kalau ada teman dalam perjalanan.

Teman juga bisa dipandang sebagai kompetitor untuk memacu semangat. Kalau mereka sukses, jangan iri. Pacu diri sendiri agar kita bisa sukses juga seperti mereka.

Itulah guna teman. Dan, itulah guna blogwalking dalam ngeblog sebenarnya.

TEMAN

Keenam : Jangan Ikuti Peraturan atau Teori Orang Lain

Memang enak hidup dalam kungkungan dan perintah orang lain. Nggak lah. Mau belok ke kiri takut dimarahi, belok ke kanan dimaki.

Kalau mengikuti orang lain, begitu mereka berhenti, ya kita berhenti juga.

Jangan jadi bebek yang hanya mengikuti apa kata orang. Lakukan semuanya sesuai kehendak diri sendiri. Hidup dengan keputusan diri sendiri lebih enak.

Boleh belajar dari orang lain, tetapi ada saat dimana kita harus mengatakan "SAYA AKAN MENEMPUH JALAN SAYA SENDIRI".

EGP dengan teori orang lain. Biarpun yang mengatakan adalah seorang MASTER BLOGGER katakan, GO TO HELL WITH YOU. Saya punya jalan sendiri.

Dengan menjadi bebas seperti ini, maka kreatifitas akan lahir dengan sendirinya. Dan, dengan kreatifitas kita bisa membuat perjalanan ngeblog menjadi tidak membosankan.

Kalau kata master, menulis tiap hari tidak baik, menulislah setiap hari. Kalau kata master, menulis lah setiap hari, menulislah seminggu sekali. Selama Anda suka dengan cara itu, lakukan saja. Jangan peduli pada omongan orang lain.

Jadilah diri sendiri dan hiduplah dengan peraturan yang kita buat sendiri.


Ketujuh : Kalau jatuh, bangun.. Jangan mewek!

Hidup adalah perjuangan. Kenyataannya demikian. Tidak ada orang yang tidak pernah jatuh. Hanya saja, orang yang berhasil adalah orang yang bangkit saat mereka jatuh.

Mereka yang tidak mau bangkit saat jatuh akan terinjak dan terlindas mereka yang lain.

Terima kenyataan bahwa kegagalan pasti akan datang suatu waktu. Anda akan jatuh dan merasa gagal pada satu titik dalam perjalanan ngeblog.

Terima dan kemudian move on.

Mirip orang yang patah hati. Kalau ia tidak move on, dia tidak akan bisa menemukan jodohnya dan terikat pada masa lalu saja.

Begitu juga dalam ngeblog. BPK kecil, blog kena hack, trafik pengunjung tidak naik-naik. Semua adalah bentuk "kegagalan" dalam ngeblog. Jangan berhenti, lanjutkan dan lanjutkan.

Linda Ikeji tidak akan menjadi sukses kalau ia berhenti pada tahun pertama ketika blognya sepi pengunjung. Ia berhasil karena ia terus melanjutkan perjalanan.

Kedelapan : TERUS BELAJAR

Mengetahui hal yang baru itu menyenangkan. Oleh karena itulah, setiap manusia harus terus belajar agar hidupnya tidak membosankan.

Ngeblog sendiri tidak bisa berkembang tanpa bloggernya mau terus belajar. Blognya akan stagnan.

Jadi, jangan lupa terus belajar. Hal itu akan membantu mengusir kebosanan dan pada sisi lain akan memperkaya sang blogger dengan pengetahuan baru.

Jangan sampai berhenti.


Mudah untuk dikatakan, sulit untuk dilakukan. Biasanya semua hal di dunia begitu.

Begitu pula dalam hal ini. Membuat tulisan tentang cara menjadi konsisten ngeblog, lebih mudah daripada melakukannya. Meskipun bisa dikata sudah lumayan berpengalaman, rasa kesal, sebal, putus asa, terkadang hadir dalam hati.

Dan, saya memutuskan menerimanya sebagai sebuah bagian dari perjalanan ngeblog. Wajar saja karena saya tetaplah seorang manusia yang punya kelemahan.

Yang saya lakukan hanyalah, bangun dan bangkit kembali, dan kemudian memaksakan diri untuk menulis.

Jadi, tidak akan pernah mudah melakukan hal-hal yang ditulis di atas tadi. Butuh perjuangan untuk bisa memotivasi diri sendiri dan kemudian terus berjalan.

Yang mengingatkan saya adalah sebuah kutipan yang dikeluarkan oleh seorang diktator yang dipandang orang kejam, tetapi apa yang dikatakannya sangat benar, yaitu :

"Sebelum melangkah, berpikirlah 1000 kali, tetapi kalau Anda sudah memutuskan berjalan, walaupun Anda 1000 kali jatuh, jangan pernah menengok ke belakang"

Dan saya sudah memutuskan jadi blogger, jadi saya tidak akan menengok ke belakang kalaupun harus gagal 1000 kali. Saya akan tetap berjalan dan menempuh jalan yang sudah pilih.

Mungkin karena itulah saya bisa konsisten ngeblog dan menulis banyak setiap harinya.

Apakah cara seperti ini cocok untuk Anda, seperti judul di atas, seharusnya Anda tanyakan diri sendiri. Bisa cocok, bisa juga tidak. Tetapi, kalau saran saya sih, lihat ke dalam diri sendiri dan kemudian temukan sendiri cara Anda untuk menjadi orang yang konsisten.

Ingat, ada satu poin di atas yang mengatakan, jangan ikuti peraturan orang lain. Ikuti apa kata hatimu saja dan lakukan.

Met berjuang!
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

3 comments

Saya yakin kalau saya sudah jatuh cinta dengan aktifitas ngeblog ini, perjalanan panjang yang tak berujung sudah pasti akan melelahkan biar lah dijalani sampai kapan tidak tahu yang penting nikmati saja setiap kejutan kejutan yang ditemui

Balas

Iyah.. saya juga sudah kepalang jatuh cinta sama ngeblog, jadi ya jalani saja..

enjoy saja

Balas

saya akan ngeblog dengan cara saya sendiri.

Balas