Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink Untuk Blog/Website ? Tebakan Saja

Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink Untuk Blog/Website ? Tebakan Saja

Hari ini, satu kabar gembira lagi, setidaknya buat saya. Blog Maniak Menulis mendapatkan sitelink. Lihat screenshoot hasil pencarian via Google dengan kata kunci nama blog ini.

Memang baru dua buah link yang ditampilkan di bawah nama blog, tetapi setidaknya, sudah ada sitelink yang disematkan untuk blog urakan ini.

Keren?

Nda taulah. Walau ada orang yang berkata bahwa itu karena Google "sayang" pada blog ini, saya tidak berpandangan demikian. Juga, keberadaan sitelink seperti ini walau katanya pertanda bahwa blog ini berkualitas, belum tentu demikian karena banyak sekali website/blog yang diberi sitelink tetapi isinya "biasa saja".

Jadi, buat saya sendiri, diberikannya sitelink kepada Maniak Menulis tidak berarti banyak. Walau tentunya menggembirakan karena kalau kata "Maniak Menulis" dimasukkan ke mesin pencari Google, maka blog ini akan tampil paling atas.

Apa sih sebenarnya Sitelink itu?

Pertanyaan yang banyak diajukan tentang sitelink, selain bentuknya seperti apa, ya seperti subjudul di atas. Apa sih kegunaan dari mendapatkan sitelink bagi sebuah blog atau website?

Kalau bentuknya, sitelink bisa didefinisikan sebagai "sejumlah link dari sebuah blog/website yang ditampilkan di halaman SERP (Search Engine Page Result) ketika sebuah kata/frase kunci atau nama blog dimasukkan ke dalam kolom pencarian".

Jumlahnya bervariasi, tetapi biasanya berkisar antara 2 sampai 6 buah yang berada di bawah link utama ke sebuah blog/website. Sebagai contoh bisa dilihat di screenshoot di atas dimana ada satu link utama (Maniak Menulis + URLnya) dan dua buah link "anakan" yang dipungut dari beberapa URL laman yang ada di dalam blog itu.

Lalu apa kegunaannya dan fungsinya?

Entahlah. Saya bukan orang Google dan tidak akan bisa menjelaskan secara rinci dan pasti tentang latar belakang pemberian sitelink kepada sebuah blog atau website. Hanya, berdasarkan pengalaman sebagai blogger dan juga bagian marketing, sitelink bisa dikata merupakan pengakuan Google terhadap sebuah "branding/trademark/nama".

Sebuah blog/website yang dianggap populer, menurut Google, akan diakui oleh perusahaan raksasa mesin pencari sebagai pemegang nama atau brand tersendiri.

Mereka memberikan keuntungan "kecil" khusus pada blog/website itu ketika mesin pencarinya dipergunakan dengan memakai kata kunci yang pas dengan nama sebuah blog atau website. Contoh kecilnya, ya itu tadi, kalau frase "Maniak Menulis" dimasukkan ke dalam kolom pencariaan Google, maka nama pertama yang akan muncul adalah blog yang dianggap mewakili nama tersebut, ya blog ini.

Apakah berarti Google "sayang" kepada blog ini karena blog ini dianggap berkualitas? Entahlah, bisa ya bisa juga tidak, tetapi saya lebih suka menyebutnya dengan "pengakuan" terhadap nama itu tadi. Belum tentu berkaitan dengan kualitas blog/webste itu sendiri.

Bagaimana cara mendapatkan sitelink untuk sebuah blog/website?

Ini juga pertanyaan umum yang sering diajukan oleh para blogger, bagaimana dan kapan sebuah blog/website bisa mendapatkan sitelink seperti ini.

Banyak yang membuatkan judul terkait hal itu, tetapi kalau boleh saya sarankan, jangan terlalu percaya atau yakin dengan kesemua itu. Bagaimanapun, penulisnya bukan orang Google yang tahu persis kriteria untuk memberikan sitelink. Kebanyakan tips dan trik yang memberikan cara hanya berdasarkan pengalaman mereka saja, dan bukan merupakan kepastian.

Keputusan memberikan atau mencabut sitelink kepada/dari sebuah blog/website, tetap akan menjadi rahasia Google.

Hanya, berdasarkan pengalaman sudah pernah mendapatkan 3 sitelink untuk 3 blog yang berbeda, mungkin ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu untuk mendapatkan sitelink bagi blog Anda, jika berminat tentunya.

Tidak banyak kok. Hanya ada beberapa hal yang bisa dihitung dengan jari sebelah tangan saja. Tidak rumit.

1. Update Artikel Secara Rutin

Poin ini menempati urutan pertama. Alasannya merujuk pada pengalaman blog Maniak Menulis, Lovely Bogor, dan Pojok Menulis, 3 buah blog saya yang sudah mendapatkan sitelink (satu kemudian dicabut karena dihack dan harus dibangun ulang dengan URL baru).

Maniak Menulis umurnya sudah satu setengah tahun, tetapi walau kata banyak blogger rata-rata perlu satu tahun untuk mendapatkan sitelink, ternyata blog ini tidak demikian. Hingga bulan November 2017, sitelink belum muncul padahal saat itu berarti blog ini sudah berusia 1 tahun 4-5 bulan.

Tetapi, ketika blog MM dikucuri artikel baru secara terus menerus sejak bulan itu, 3 bulan kemudian, akhirnya sitelink muncul.

Jadi, menurut dugaan saya, semakin rutin dan banyak artikel baru yang diterbitkan, akan mendorong pengakuan Google terhadap blog itu sebagai pemegang brand. Dan, sitelink pun diberikan.

2. Umur Blog

Butuh waktu untuk membangun brand, sebagai seorang marketing saya menyadari hal itu. Bahkan di dunia nyata, butuh waktu tahunan. Jadi, jangan pernah berharap bahwa blog, yang dianggap mewakili brand Anda, akan diberikan sitelink dalam waktu singkat sejak lahir.

Walau banyak master blogger menyebutkan angka 1 tahun, tetapi rasanya bukan merupakan kepastian. Blog Lovely Bogor mendapatkannya pada usia 7-9 bulan saja, dan mendapatkan full 6 link pada sitelinknya pada usia 1 tahun

Tetapi, seperti disebutkan di poin 1, Maniak Menulis mendapatkannya pada usia di atas 1 tahun dan beberapa blog saya yang lain, yang tidak diupdate secara rutin, belum mendapatkannya sama sekali. Jadi, bukan sesuatu yang pasti.

Pojok Menulis ketika pindah URL (karena dihack) walau sudah mendapatkan ratusan pengunjung setiap harinya, tetapi karena masih berusia sekitar 3-4 bulanan, belum mendapatkan sitelink juga. Saya belum rutin lagi update blog itu juga.

Jadi, walau tidak mutlak, sepertinya usia blog juga menenukan apakah sitelink diberikan atau tidak.

3. Kepopuleran

Ini juga sepertinya berpengaruh pada pemberian link. Semakin sering namanya disebut oleh blog-blog/website-website lain, atau diberikan internal link, hal itu akan mempercepat pengakuan terhadap brand atau nama sebuah blog.

Pengalaman Lovely Bogor mengatakan demikian karena walau usianya di bawah 1 tahun, ia sudah lumayan mendapatkan backlink natural dari beberapa website. Namanya juga menjadi rujukan beberapa website lain.

Mungkin, karena itulah, blog itu mendapatkan sitelink kurang dari satu tahun.

Ada satu lagi yang banyak disebutkan orang, yaitu nama yang unik. Sayangnya saya tidak sependapat. Nama blog Maniak Menulis ada beberapa, dan bukanlah yang pertama, tetapi blog ini justru mendapatkan sitelink dan yang lain tidak. Nama di URL-nya juga berbeda dengan nama blog, yaitu tulizmaniac.blogspot.co.id atau .com. Jadi, nama tidak selalu berkaitan dengan pemberian sitelink.

Itu saja dugaan saya tentang cara mendapatkan sitelink, tetapi titik beratnya ada pada poin ke-1 Poin ke satu akan memberikan pengaruh pada kepopuleran sebuah blog karena biasanya blog yang rutin diupdate akan memiliki peluang mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Sekali lagi, itu tebakan saja. Bukan sebuah kepastian.

Jadi, silakan coba sendiri dan harap bersabar karena tidak akan serta merta pengakuan langsung diberikan. Terus saja update artikel dan mengembangkan blog, pada saatnya nanti blog itu akan bisa mendapatkan sitelink.

O ya, jangan lupa. Sitelink bisa juga hilang. Beberapa blog yang saya ikuti, mungkin karena kurang update artikel atau alasan lain, sitelinknya perlahan menghilang. Salah satunya blog kawan saya, Asikpedia, yang dulu seingat saya sudah mendapatkan sitelink, sekarang menghilang.

Dugaan saya (lagi-lagi dugaan), hal itu berkaitan dengan semakin jarangnya sang pemilik melakukan update pada blognya/menerbitkan artikel baru yang berimbas pada penurunan trafik dan juga kepopulerannya.

Jadi, kalau sudah mendapatkan sitelink, harap dijaga dengan baik karena memang begitulah sebuah brand. Sebuah brand yang tidak dipelihara akan kehilangan maknanya. Dan, kalau sitelink adalah wujud brand sebuah blog, ya sama juga harus dijaga dengan benar.

Mudah-mudahan bermanfaat.

6 Responses to "Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink Untuk Blog/Website ? Tebakan Saja"

  1. Artikel blog saya ada dibawahnya.

    #edisi gagal fokus =D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak heran.. Maringenet itu sudah tua banget, jadi sebenarnya PA an DA nya cukup kuat.

      Tidak heran kalau dalam pencarian, posisinya bisa seperti itu.

      Hehehe.. itu kan sengaja saya potong segitu, di bawahnya ada Asikpedia..:-D

      Delete
  2. saya kalau berkunjung ke sini biasanya mengetik "Maniak Menulis" di browser. langsung deh ketemu, paling atas lagi.

    sekarang sudah punya sitelink, lebih mudah lagi. karena saya gak harus repot ketik "tulizmaniac" yang kadang suka salah ketik.

    oh.. ini namanya sitelink ya, saya juga dulu pernah mendapatkannya di blog koetoe aspal.

    tapi gak tau kenapa sudah menghilang karena dulu gak pernah uptade dan saya gak paham.

    baru sekarang-sekarang mulai aktif diisi artikel dan kalau dapat sitelink lagi akan saya jaga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah.. iya mas.. sayang kalau sampai hilang. Pertahankan. Bagus buat branding

      Delete
  3. sitelink perlu emang buat monetize blog.. tapi kalo ga di monetize masa bodo kayak saya mas wkkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pake jurus pamungkas ini sih emang paling joss.. nggak peduli ada sitelink atau nggak yang penting nulis...

      Iya kan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel