Apakah Template Bisa Menyebabkan Artikel Tidak Terindeks ? (Google Webmaster Tool)

Apakah Template Bisa Menyebabkan Artikel Tidak Terindex ?
Bukan memastikan. Bukan juga menuduh. Bukan berniat menjatuhkan. Hanya sekedar sharing saja karena setelah beberapa bulan, masalah yang bikin kepala pening ini menunjukkan titik terang.

Peta situs di atas berasal dari blog Umum Sekali, blog ngaco bin ancur-ancuran yang menjadi salah satu target operasi penambahan jumlah artikel. Peta situs itu menjengkelkan karena sejak 2-3 bulan terakhir, jumlah artikel yang terindeks di Google Webmaster Tool tidak bertambah-tambah, bahkan berkurang terus.

Tadinya ada di atas 200-an artikel yang terindeks, tetapi kemudian perlahan tapi pasti menurun sampai hanya 54 saja.

Mumet.

Masalahnya ada notifikasi "dicekal oleh bots" di GWT. Padahal, karena memakai blogspot, blogger, saya tidak pernah mengutak-atik yang namanya robots.txt. Tetapi, setelah lebih dari setahun tidak bermasalah, tiba-tiba saja artikel yang terindeks jumlahnya menukik parah.

Bahkan, walau update artikel diperbanyak, hasilnya tidak membaik dan terus memburuk.

Setelah coba baca sana baca sini, belajar sana belajar sini dari para master atau yang mengaku master, saya menyerah. Tidak ada yang berhasil menaikkan kembali jumlah artikel yang terindeks di GWT.

Pasrah.

EGP dah.

Cuma, setelah mengingat kembali history atau sejarah itu blog, sempat  saya mengganti templatenya dengan salah satu buatan Mbak Arlina (premium version). Waktunya, tidak berbeda jauh dari mulai terjadinya penurunan massal artikel tak terindeks.

Jadi, saya cobalah ganti template itu dengan template lainnya yang juga buatan Mbak Arlina. Yang sekarang memakai Simplify 2.

Hasilnya, ternyata setelah beberapa hari, angka artikel terindeks beranjak naik. Begitu juga dengan url yang terkirim, terlihat bergerak normal dari posisi terakhir. Tidak ada lagi penurunan, yang ada kenaikan.

Karena saya bukan ahli koding, juga tidak mau ruwet mikirin penyebabnya kenapa, juga tidak ingin belagak pintar (apalagi dalam hal template), saya cukup merasa gembira. Tetapi, "dugaan" saya adalah bahwa template sebelumnya yang saya pakai itu "ngeblock"  si robots dan hasilnya menyebabkan artikel-artikel tidak terindeks secara normal.

Hanya dugaan saja. Bukan kepastian. Saya tidak bisa memastikan.

Jadi, sekedar saran saja kalau ada yang mengalami masalah serupa, mungkin bisa dicoba untuk mengganti templatenya dulu, lalu biarkan beberapa hari untuk melihat apakah masalah berlanjut. Kalau ternyata dengan ganti template bisa selesai, kan lebih enak.

Seperti saya, yang sekarang sudah lebih lega sedikit karena blog ampun-ampunan itu sudah normal kembali hidupnya.

2 Responses to "Apakah Template Bisa Menyebabkan Artikel Tidak Terindeks ? (Google Webmaster Tool)"

  1. Beneran om, saya juga pernah ngalamin penurunan indeks gara2 ganti template, tapi untungnya saya sudah backup template yang sebelumnya, jadi tinggal restore saja, hehe :)

    ReplyDelete
  2. Rupanya ada yang bernasib sama.. tahu gitu, saya nggak usah bingung, nanya langsung saja yah

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel