Posisi Iklan Yang Banyak Menghasilkan Klik Sah

Posisi Iklan Yang Banyak Menghasilkan Klik Sah

Posisi Iklan Yang Banyak Menghasilkan Klik Sah

Sebuah pertanyaan yang pasti akan selalu ada di kepala seorang Publsher Adsense, baik baru ataupun yang sudah bangkotan. Dimana posisi iklan yang banyak menghasilkan klik sah?

O ya tentu saja. Kalau "tempat keramat" ini ditemukan, maka akan ada "harta karun" yang mengalir ke dalam pundi-pundi. Belum lagi kalau posisi keramat itu juga menghasilkan BPK (Biaya Per Klik) yang tinggi, rasanya seperti masuk gua harta karunnya Aladin.

Itulah mengapa para blogger dan pemilik akun Adsense seperti tidak pernah berhenti untuk terus menelaah, melakukan eksperimen untuk menemukan "posisi keramat" ini.

Wajar. Normal.

Tetapi, saya memutuskan untuk menghentikan usaha menemukan tempat keramat ini. Tidak banyak gunanya dan terlalu membuang waktu. Terlalu banyak hal yang harus diteliti, dicoba, lalu diamati cukup lama untuk memastikan bahwa posisi "A" lebih baik daripada posisi "B" dan tidak kurang dari posisi "C".

Terlalu banyak variabel dan butuh waktu yang terlalu panjang untuk menemukannya. Itu pun belum berarti akan terus berperforma tinggi. Kerap juga terjadi, menurut kita posisi A baik sekali, tidak lama kemudian anjlok.

Akhirnya, saya memutuskan untuk berhenti melakukan eksperimen posisi iklan.

Saya hanya memakai beberapa posisi yang sudah ditemukan pada saat dulu rajin mencoba. Berdasarkan data yang sudah ada, saya mengambil kesimpulan bahwa beberapa iklan di posisi tersebut di bawah ini paling rajin menghadirkan klik sah.

1. Di tengah kalimat : biasanya saya memasang pada paragraf ke 2 dan 3  dari atas. Ukuran yang saya pakai adalah 336X280 image/teks. Posisi ini terus stabil sebagai penyumbang klik sah yang paling tinggi walau terkadang BPK-nya kecil

2. Di akhir artikel : ukuran iklan yang sama 336X280 pada akhir artikel, ternyata merupakan penyumbang terbanyak kedua klik sah. BPK tidak banyak beda, tetapi kadangkala ada kejutan berupa BPK yang besar sekali dan di luar kebiasaan

3. Di sidebar : biasanya yang saya pasang ukuran 300X600 atau responsive. Kliknya tidak sebanyak yang dua di atas, tetapi BPK-nya lebih tinggi dari dua yang di atas.

Itu saja.

Yang lain? Tidak ada. Saya seringnya hanya memasang 3 iklan saja di setiap artikel. Tidak enak rasanya memasang lebih dari itu,  walau diperkenankan, karena saya tidak ingin pembaca menjadi terganggu.

Hasil ini bukanlah sebuah kepastian. Saya terlalu sadar bahwa posisi iklan supaya menghasilkan banyak klik sah tidak akan sama di setiap blog. Banyak hal lain yang berpengaruh seperti template, warna iklan dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, karena saya memiliki blog lumayan banyak, dan sebagian besar dipasangi Adsense, ketiga posisi ini agak spesial karena hampir di semua blog mereka menempati peringkat terbanyak pendulang klik sah.

Yah, siapa tahu ada yang mau mencoba. Lumayan juga kok hasilnya selama ini.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

2 comments

Saya mau coba pak. Yang text di tengah laman belum pernah saya coba.

Saya biasanya meletakkan yang gambar. Di tengah artikel.

Balas

Coba saja mas... ternyata lumayan juga dari sana

Balas