Musim Liburan : Musim Panen Blog Wisata dan Kota

Musim Liburan : Musim Panen Blog Wisata dan Kota

Musim Liburan : Musim Panen Blog Wisata dan Kota
Istana Bogor

Bulan Desember, menjelang akhir tahun, bisa menjadi waktu dimana banyak blogger akan berkeluh kesah. Periode ini adalah dimana kebanyakan orang lebih memilih berkumpul dan berjalan-jalan bersama keluarga dibandingkan membaca tulisan dari orang tak dikenal. Sebuah situasi yang mendorong berkurangnya pengunjung blog.

Situasi yang sangat tidak disukai banyak blogger karena hal itu bisa berarti juga berkurangnya penghasilan, kalau bloggernya merupakan Publisher Adsense.

Periode yang kerap tidak diharapkan banyak blogger Indonesia.

Meskipun demikian, tidak semuanya berkeluh kesah dan mengeluh di saat seperti ini. Kebalikannya, selain para karyawan kantor yang girang karena bisa santai di rumah, cukup banyak blogger juga yang bersorak senang dan gembira.

Mereka yang biasanya malas melihat statistik blog dan Adsense, bisa berulangkali kembali, sekedar untuk melihat perkembangan grafik pembaca.

Biasanya, mereka yang wajahnya cerah ceria seperti ini adalah para blogger yang memiliki blog tentang wisata atau kota.

Maklum saja. Di musim liburan, berwisata merupakan pilihan yang paling logis untuk mengusir kejenuhan setelah sibuk sehari-hari. Banyak keluarga akan memanfaatkan musim liburan untuk melancong ke berbagai tempat wisata untuk bersenang-senang.

Untuk itu, mereka biasanya akan rajin berselancar di internet dan memasuki blog-blog bertema wisata untuk mendapatkan informasi, gambaran, atau segala sesuatu terkait kegiatan wisata untuk dijadikan bahan rujukan.

Blog tentang kota juga mengalami nasib baik serupa karena di sebuah kota pasti ada tempat wisatanya.

Hasilnya, banyak blog yang menyediakan kategori wisata akan mendapatkan lonjakan pengunjung selama periode itu. Besarnya sering tidak tanggung-tanggung karena kerap mencapai 100-200% dari pengunjung harian rata-rata.

Kenaikan ini juga memberikan imbas dan dampak positif bagi penghasilan dari iklan yang juga meningkat lumayan besar.

Jadi, musim liburan memang merupakan musim paceklik bagi banyak blogger, tetapi jelas merupakan musim panen blog wisata dan Kota.

Seperti saya ini. Salah satu blog, dan blog utamanya, Lovely Bogor mendapatkan limpahan pembaca yang tahun lalu sempat membuat kehabisan kapasitas bandwidth. Untungnya tahun ini, pengelolanya lebih siap dan kapasitasnya sudah diperbesar.

Jadilah, saya bisa tersenyum paling tidak selama satu dua minggu ke depan. Tanpa menulis artikel baru disana sekalipun pengunjung akan tetap bertambah. Setidaknya saya bisa beristirahat beberapa saat.

Mudah-mudahan ada tambahan sedikit dalam penghasilan dari Adsense.

Cuma sayangnya, blog MM dan beberapa blog lain bukan tentang wisata atau kota, jadi tetap saja tidak bisa istirahat dan harus tetap menulis.

Huh.

(Namanya manusia memang tidak pernah puas yah, dikasih musim panen, tetap saja mengeluh.. :-D)
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

1 comment

Selamat Panen Trafik dan Dollar Adsense Pak ! siap2 stand by diblog LB. :)

Balas