Mengapa Penghasilan Adsense Sulit Diandalkan Untuk Penghidupan ?

Mengapa Penghasilan Adsense Sulit Diandalkan Untuk Penghidupan ?

Banyak blogger bermimpi untuk suatu waktu bisa menjadi full time blogger, termasuk saya. Suatu saat dimana seorang blogger hanya perlu ongkang-ongkang saja dan kemudian uang mengalir masuk setiap bulan, layaknya gaji ke rekening. Impian yang ada di benak banyak blogger, bukan cuma di Indonesia, tetapi dunia.

Sayangnya, kenyataan yang dihadapi tidak seindah impian, dan memang biasanya mimpi selalu lebih indah dari kenyataan. Pada akhirnya banyak blogger menyadari kalau penghasilan dari Adsense sulit diandalkan untuk penghidupan seseorang, termasuk saya.

Kata banyak dipakai karena tetap ada mereka-mereka yang sudah berhasil merubah nasibnya menjadi full time blogger.

Ada alasan mengapa pernyataan itu akhirnya keluar, yaitu :

1. Penghasilan Adsense Terlalu Kecil (Belum Bisa Memenuhi Kebutuhan Hidup Minimum)

Ukuran rata-rata biaya hidup setiap orang berbeda, itu pasti. Tergantung gaya hidup masing-masing, maka nilainya akan berbeda. Meskipun demikian, ada standar yang bisa dipakai untuk mengukur biaya hidup minimum, yaitu Upah Minimum Regional yang ditetapkan pemerintah.

Itu cukup dipakai sebagai patokan.

Kenyataannya, mayoritas pemilik akun Adsense, penghasilannya masih di bawah nilai ini. Kebanyakan masih berjuang bahkan untuk sekedar Pay Out tiap bulan. Kecil sekali dan tidak akan mencukupi untuk dipakai membiayai kehidupan seorang per bulan, apalagi untuk keluarga.

2. Penghasilan Naik Turun (Tidak Tentu)

Satu hal yang bisa membuat seseorang menggantungkan diri adalah KEPASTIAN. Seorang karyawan bisa bekerja dengan tenang karena mereka tahu bahwa setiap bulannya mereka akan menerima jumlah yang kurang lebih sama untuk dipergunakan.

Sulit untuk bisa terganung pada satu sumber penghasilan ketika nilainya naik dan turun seperti itu sejak awal. Butuh keberanian ekstra.

Padahal, penghasilan dari iklan Adsense tidaklah pernah tetap. Kadang bisa setinggi langit, kadang bisa serendah tanah. Tidak ada stabilitas yang diberikan.

Oleh karena itu, sulit untuk menjadikannya penghasilan yang tetap bagi penghidupan yang stabil. Kecuali bermental baja dan sangat percaya diri, maka menjadi full time blogger dan menggantungkan diri pada penghasilan Adsense akan beresiko besar.

3. Rawan Terhenti

Semua memang ada resiko dalam hidup ini. Bekerja sebagai karyawan pun tetap ada resiko penghasilannya terputus, seperti di-PHK tiba-tiba (pernah saya mengalaminya). Saat itu pastilah keluarga menjadi kacau balau karena argo biaya hidup akan terus berjalan, sementara pendapatan berkurang.

Memiliki akun Adsense sendiri mirip berada di ladang ranjau. Meskipun sudah berusaha semampunya menjaga semua blog dan website, tetap saja terkadang banyak hal yang di luar kontrol akibat orang iseng dan tangan tak bertanggungjawab.

Akun Adsense rentan untuk dihentikan secara sepihak. Jeleknya tanpa pesangon dan kadang tanpa pemberitahuan kesalahan yang jelas, berbeda dengan pemecatan yang perlu melalui berbagai langkah sebelum bisa dilakukan.

Masih, masih sulit untuk penghasilan Adsense bisa diandalkan bagi penghidupan. Perlu waktu untuk itu, terutama untuk mengumpulkan keberanian dan perubahan pola pandang.

Tidak bisa menggantungkan diri pada Adsense kalau masih sekedar bermental karyawan. Butuh jiwa entrepreneur atau wirausahawan. Adsense harus dipandang sebagai sebuah bisnis bila tujuannya suatu saat akan dijadikan sumber penghasilan.

Butuh perubahan dalam diri sang blogger sendiri sebelum bisa berpikir menjadi full time blogger karena karakternya yang mendekati bisnis.

Sudah siapkah Anda?



2 Responses to "Mengapa Penghasilan Adsense Sulit Diandalkan Untuk Penghidupan ?"

  1. Tapi diluar sana banyak ya gan yang udah pada sukses dalam adsensenya. Ada Linda Ikeji, terus Eka Lesmana, dan masih banyak lagi yg lainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm.. banyak? Ceritanya banyak tetapi jumlah sebenarnya dibandingkan dengan jumlah blogger keseluruhan sebenarnya tidak banyak.

      Yang ada hanyalah cerita yang diulang-ulang oleh satu blogger ke blogger yang lain. Coba saja cek sendiri, blogger Indonesia 3 jutaan dan berapa yang bisa hidup dari Adsense?

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel