Mau Baca Sesuatu Yang Nyeleneh Pergi Saja Ke MOJOK

Mau Baca Sesuatu Yang Nyeleneh Pergi Saja Ke MOJOK

Bosan baca blog yang itu-itu saja? Atau jenuh dengan artikel-artikel tutorial? Coba saja pergi ke MOJOK.

Bukan nama tempat buat hangout atau kongkow. Pasti bukan karena di belakangnya ada satu titik dan dua huruf lainnya, lengkapnya Mojok.co.

Betul sekali. Memang MOJOK adalah nama sebuah website, atau bisa dikata blog yang dikelola oleh gabungan banyak blogger. Bukan sebuah media resmi karena di bagian footernya tidak ada yang namanya Panduan Media Siber, jadi rasanya memang belum terdaftar di Kominfo.

Cuma, bersiaplah masuk ke dunia yang berbeda. Apalagi, jika Anda bergelut di dunia tutorial yang penuh basa basi dan terbiasa memakai "topeng" guru dan gemar melakukan branding. Di Mojok biasakan melepas kesemuanya itu.

Berpikirlah bebas. Kalau bisa, bahkan, berpikirlah agak nyeleneh, alias tidak sesuai mainstream.

Bebaskan.

Barulah Anda bisa menikmati MOJOK.

Artikel-artikel di blog keroyokan ini memang bisa dikata tidak biasa. Isu yang dibahasnya sih biasa dan mengulas apa yang sedang menjadi tren di dunia nyata. Ada politik, gosip, bahkan pengalaman pribadi yang nulis.

Cuma yang bikin berbeda ya itu gaya penulisannya yang terkesan "liar". Penggunaan kaidah bahasanya, terkadang bercampur dengan dialek dan bahasa dari daerah si penulis. Begitu juga istilah-istilah yang kadang dianggap saru, alias tidak sopan tidak jarang dipergunakan.

Jadi, janganlah kaget.

Dunia yang sangat berbeda dan mencerminkan pasal UUD 1945 tentang kebebasan berpendapat dilakukan pada level yang tidak terbayangkan.

Tidak jarang artikel-artikelnya berisi sindiran terhadap tokoh-tokoh yang sedang menjadi topik pembicaraan di dunia dibahas dengan penuh sentilan dan sindiran. Sering juga, pandangan-pandangan berisi sentilan terhadap tingkah polah kelompok tertentu diungkapkan secara gamblang dan keras.

Nyeleneh lah pokoknya.

Hal itu tidak mengherankan karena para penulis di belakangnya bukanlah mereka yang suka menekuni SEO. Artikel-artikelnya dibuat seperti mengikuti aliran ide di kepala yang nulis saja.

Jangan harap juga menemukan tutorial disana. Jangan pernah lah.

Bebas. Lepas.

Disanalah ide dan pemikiran yang tidak terikat pada berbagai teori seperti tercurah dengan bebas dari kepala penulisnya, yang ada orang biasa, wartawan, dan dari profesi lainnya.

Justru hal itulah yang membuatnya menjadi menarik. Ke-nyelenehan gaya menulisnya ditambah dengan pengetahuan yang terlihat mumpuni membuat blog/website ini menjadi cukup terkenal di dunia maya.

Nggak percaya? Coba saja lihat Alexa rangkingnya. Rasanya kalau melihat ini para blogger tutorial juga bakalan melongo dan meneteskan air liurnya.

Padahal, kalau menurut teori mereka kan tanpa SEO , sebuah blog bisa jadi kuburan yang sepi. Kenyataannya, MOJOK bisa membuat blognya para mastah SEO jadi seperti kuburan.

Mau Baca Sesuatu Yang Nyeleneh Pergi Saja Ke MOJOK

Inilah salah satu tempat dimana saya suka sekali nongkrong, sambil kadang berdiri di atas Commuter Line yang padat. Terkadang sambil membayangkan para mastah SEO dan internet marketer sedang pongah-pongahnya menggurui orang lain bagaimana mengelola blog yang baik dan benar.

Entahlah, apa reaksi para mastah itu kalau mengetahui bahwa banyak teori yang mereka pergunakan sama sekali tidak berlaku di blog ini. Semuanya dibantahkan dan dimentahkan.

Tapi, saya putuskan untuk menikmatinya saja. Toh mereka tidak akan mau mendengar. Telinganya akan sulit menerima kenyataan bahwa ngeblog itu bukan sekedar SEO atau promosi saja. Lebih dari itu.


Itulah Mojok.co. Blog nyeleneh bin nakal binti liar yang memikat saya.

Mungkin karena saya termasuk seseorang yang suka melawan arus dan mbalelo. Paling tidak ada sedikit gen "nyeleneh" dalam diri saya.

Bagaimana dengan Anda? Ingin merasakan sedikit keluar jalur?

1 Response to "Mau Baca Sesuatu Yang Nyeleneh Pergi Saja Ke MOJOK"

  1. saya pernah dengar nama situs tsb, penulisnya klu tdk salah agusmul ya pak ?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel