Inti Blog Sukses Ada 2

Inti Blog Sukses Ada 2

Sederhana. Memang blog dan blogging itu sederhana. Tidak rumit. Hanya, terkadang karena banyak manusia berpikiran bahwa sesuatu yang rumit terlihat lebih keren dan profesional, maka segala sesuatu dibuat menjadi berbelit. Semakin berbelit semakin asyik dan membuat orang penasaran.

Padahal, dasarnya sederhana. Inti blog sukses itu hanya ada 2 dan sebenarnya harus mendasari semua tindakan yang dilakukan (kalau memang ketenaran dan kekayaan adalah targetnya = sukses ala manusia masa kini). Strategi yang dibangun harus memiliki target untuk mencapai salah satu dari inti ini.

1. Mampu Menjaring Pembaca Baru Sebanyak Mungkin

Ketenaran tidak akan didapat kalau tidak ada pembaca yang datang. Iya kan? Uang pun tidak akan masuk rekening kalau pengunjung hanya 10 atau 20 saja.

Untuk itulah seorang blogger, yang mau kaya dan terkenal, harus terus berpikir untuk mendatangkan pembaca baru sebanyak-banyaknya. Tidak bisa tidak. Prinsip semakin banyak semakin baik berlaku dalam blogging seperti ini.

Untuk itulah hadir yang namanya promosi, SEO (Search Engine Optimization), dan berbagai hal lainnya.

Tujuannya untuk memastikan ada pembaca baru yang datang berkunjung.

Tidak beda dengant toko.

2. Mampu Memastikan Pembaca Lama Betah

Tidak ada bisnis atau usaha yang bisa berhasil tanpa loyalitas dari pembeli mereka. Tidak ada yang bisa berhasil kalau tidak ada "pelanggan" alias orang yang membeli lebih dari satu kali.

Basis pelanggan seperti ini sangat penting karena disana terkumpul orang-orang yang memiliki kemungkinan besar untuk membeli kembali barang/produk tanpa diundang.

Begitu juga blog. Pembaca baru penting, tetapi tidak kalah pentingnya memiliki kalangan pembaca setia. Mereka selain akan terus membaca tanpa diundang, bisa menjadi channel untuk mempromosikan blog tanpa diminta.

Tetapi, untuk membuatnya betah tidak bisa dilakukan dengan cara "promosi" yang sama. Promosi terbaik di kalangan ini adalah dengan menerbitkan artikel baru, mengupdate blog secara kontinyu.

Pembaca lama/setia tidak butuh sekedar undangan-undangan untuk datang. Mereka akan lebih tertarik pada hal-hal baru yang dihadirkan di sebuah blog. Berpromosi seperti apapun kalau artikelnya itu itu saja suatu waktu akan menyurutkan minat kalangan ini.

Itu secara teori dan kalau memang niat pengen kaya dan terkenal.

Kalau tidak mau? Ya sudah. Jangan dipikirkan. Jalani saja dan nikmati.

Saya juga terus terang malas mikirin yang seperti itu.

:-D

3 Responses to "Inti Blog Sukses Ada 2"

  1. untuk poin No 2 , sepertinya Pak Anton sudah sukses besar menerapkannya, contohnya adalah saya " BETAH '. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... yang poin 1 nya itu masalahnya karena saya belum mikirin sukses..

      Delete
    2. Betul kata Kang Nata ini. Saya ikutan betah karena ulasannya "beda". Sudah bosan kalau berkunjung ke blog lain itu2 saja nada tulisannya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel