Buku Termahal Di Dunia - ISINYA BURUNG

Buku Termahal Di Dunia - ISINYA BURUNG
kredit foto : wikimedia common

Judulnya "THE BIRDS OF AMERICA", atau Burung-Burung Amerika. Pada tahun 2010 salah satu kopi buku ini terjual seharga US$ 8.8 juta alias Rp.118.000.000 saja di Balai Lelang Christie.

Buku ini memang merajai daftar buku termahal di dunia yang tidak panjang. Paling tidak 5 kopi dari 120 kopi buku ini menempati posisi buku yang terjual dengan harga paling fantastis di seluruh dunia. Selain yang terjual dengan harga US$ 8.8 juta masih ada beberapa lagi yang terjual dengan harga US$ 7.9 Juta dan US$ 5.6 juta.

Bukan sebuah buku sembarangan karena dari 120 kopi yang ada 107 diantaranya dimiliki oleh berbagai institusi, seperti universitas atau perpustakaan ternama. Cuma ada 13 kopi yang dimiliki perorangan.

Buku termahal di dunia ini adalah hasil karya John James Audubon, seorang ahli burung dan pelukis asal Amerika Serikat. Itulah mengapa buku ini tidak berisi banyak kata. Isinya berupa ilustrasi dari berbagai jenis burung yang ada di negara Paman Sam itu, termasuk gambaran 6 jenis burung yang sudah punah.

Pada saat pembuatannya, Audubon dibantu oleh asistennya yang bernama Joseph Mason. Pria ini selain membantu menyediakan logistik padanya juga membuat lukisan latar belakang yang dipakai oleh Audubon.

Buku ini dibuat antara tahun 1820-1839 lewat cetakan tangan (dilukis). Cetakan pertama dibeli oleh Universitas Michigan seharga US$ 970 atau kalau dinilai dengan uang saat ini sekitar US$ 60.000.-

2 Responses to "Buku Termahal Di Dunia - ISINYA BURUNG "

  1. Karena langka dan unik mungkin pak, jadi harganya mahal.

    Dan karyanya asli buatan tangan.

    Mungkin juga karena berisi gambar burung yang sudah punah pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi.. yang pasti sudha sangat kuno dan tua

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel