Bukan Hanya Wisata dan Kuliner, Blog Tentang Kota Bisa Berisi Lebih Banyak

Bukan Hanya Wisata dan Kuliner, Blog Tentang Kota Bisa Berisi Lebih Banyak

Kecenderungannya memang selalu mengarah kepada hal-hal yang populer. Kebanyakan blog yang membahas tentang sebuah kota membatasi diri pada dua topik populer saja, yaitu WISATA dan KULINER.

Kegemaran masyarakat yang semakin bergeser kepada "experience shopping" atau berbelanja pengalaman, memang menghadirkan sebuah pasar yang begitu besar berupa traveler, pelancong, atau wisatawan. Mereka-mereka ini kalau pergi ke sebuah kota atau tempat, perhatian mereka pertama kali memang akan mengarah ke kedua hal itu.

Tidak salah dan normal saja karena sesuai arahan dan anjuran para master bidang blogging, blogger harus menulis sesuatu yang sedang trending. Wisata dan kuliner adalah dua hal yang sedang menjadi trend dan akan tetap bertahan untuk beberapa tahun ke depan.

Itulah mengapa para blogger kota memilih keduanya dan seringkali hanya meyediakan topik-topik itu saja dalam blog mereka.

Padahal, sebenarnya, kalau digali lebih dalam banyak sekali hal yang bisa menjadi bahan tulisan dan memastikan sang blogger tidak akan kehabisan ide. Seringkali bahkan tidak disangka-sangka sebuah topik yang tidak ngetop justru menjadi pendulang pembaca.

Berdasarkan pengalaman mengelola sebuah blog tentang kota, Lovely Bogor, ada beberapa topik yang bisa menjadi andalan, seperti :

1. Wisata dan Kuliner

Sudah disebutkan di atas, jadi tidak perlu dijelaskan ulang. Dua topik ini haruslah ada di dalam sebuah blog yang bertema kota.

Tanpa keduanya, perkembangan blog, dalam urusan menarik pembaca akan terasa lamban sekali. Keduanya harus mendapat perhatian khusus.

2. Sosial Budaya (Kehidupan Masyarakat)

Sebuah kota sudah pasti bukan hanya ada tempat wisata dan tempat makan saja. Disana ada interaksi antar manusia dan kehidupan mereka.

Hal-hal seperti ini sering diabaikan para blogger karena kebanyakan kurang memahami dan bisa jadi karena dianggap sebagai sesuatu yang "tidak menguntungkan".

Padahal, penuturan tentang cara hidup di sebuah kota bisa menjadi rujukan banyak hal, mulai dari penelitian ilmiah hingga informasi bagi mereka yang akan tinggal atau menetap di kota tersebut.

Berbagai cerita tentang kehidupan manusia ini juga merupakan salah satu pendulang pembaca yang kerap dianggap remeh para blogger.

3. Sosial Budaya (Seni Budaya)

Setiap kota pasti memiliki kesenian-kesenian yang mewakili suku mayoritas yang ada di kota itu. Di sebuah kota juga pasti banyak kegiatan-kegiatan dan pentas-pentas seni. Contohnya Bogor yang memiliki ajang tahunan seperti Mojang-Jajaka atau Cap Go Meh Bogor.

Momen-momen seperti ini kerap bisa menjadi daya tarik tersendiri karena unik dan belum tentu ditemukan di tempat lain.

4. Jalan-Jalan

Memang sudah ada Google Maps yang dapat mempertunjukkan secara visual jalan-jalan di sebuah kota. Tetapi, fitur Google itu belum bisa memberikan gambaran secara rinci tentang kondisi, situasi, dan nuansa yang ada.

Tulisan-tulisan yang sebenarnya ringan tentang jalanan yang ada di Bogor hingga sekarang, bahkan ada artikel yang terbit 3 tahun yang lalu, masih rajin menyumbangkan pengunjung ke blog itu.

Apalagi bila kemudian ditambah dengan penjelasan rutenya, percayalah Anda bahkan bisa sama sekali tidak menduga jumlah pengunjungnya.

5. Pusat Perbelanjaan

Manusia zaman sekarang itu manusia mall dan pusat perbelanjaan. Itu karena kehidupan mereka akrab sekali dengan yang seperti ini, jadi seringkali kalau pergi ke kota lain pun, pusat perbelanjaan menjadi salah satu yang dicari.

Artikel-artikel yang mendeskripsikan sebuah pusat perbelanjaan juga tidak malas membuat pengunjung datang.

6. Sejarah

Sebuah kota juga tidak didirikan dalam satu malam. Ada proses panjang bagaimana sebuah kota bisa terlihat seperti sekarang. Ada sejarahnya.

Dan, jangan dikira penggemar kisah-kisah kehidupan di masa lampau sedikit. Banyak! Ini juga menjadi salah satu topik yang tak lekang oleh waktu.

Kota dimana Anda tinggal pun pasti memiliki sejarah masing-masing, pasti. Hanya menunggu siapa blogger yang mau menuliskannya.

7. Bangunan Bersejarah

Karena setiap kota pasti ada sejarahnya, pasti ada setidaknya peninggalan-peninggalan dalam bentuk bangunan.

Bangunan-bangunan bersejarah inilah yang kerap menjadi sasaran para pelaku wisata budaya. Mereka sering mencari informasi terkait bangunan-bangunan seperti ini.

Jangan pernah lupa untuk mengisi blog tentang kota dengan yang seperti ini.

Jadi, bukan hanya wisata dan kuliner saja yang bisa membuat blog berkembang. Masih banyak hal lain yang bisa dijadikan bahan bagi artikel dan konten sebuah blog tentang kota.

Lagipula, dengan beragamnya materi dalam sebuah blog, maka hal itu akan memberi kesempatan para pembaca mengetahui lebih banyak tentang kota itu.

Dan, yang pasti menghindari kantong penulisnya jebol. Jangan lupa menulis tentang kuliner dan wisata itu butuh biaya dan kalau hanya mengandalkan pada kedua topik ini, jelas anggaran rumah tangga bisa terganggu berat. Iya nggak?

5 Responses to "Bukan Hanya Wisata dan Kuliner, Blog Tentang Kota Bisa Berisi Lebih Banyak"

  1. Setelah saya cermati dan amati lebih jauh ternyata. Banyak blog tentang Jakarta yang tidak fokus seperti lovely Bogor.

    Dan saya jadi tertarik untuk membuat blog tentang Jakarta. Karena seperti Pak Anton pernah bilang pasti banyak yang bisa di kupas dan gali.

    Seperti nya saya akan keteter juga kalau buat blog tentang kota Jakarta.

    Sebab banyak sekali yang akan di bahas, selain wisata, bahasa, budaya dan kuliner di masing-masing wilayah itu ternyata beda.

    Contoh. Kue rangi di Jakarta timur berbeda bumbu dengan yang di Jakarta barat, begitu juga dengan nasi ulam-nya.

    Seperti nya memang akan banyak sekali ide menulisnya.

    Dan gak akan pernah habis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul kan. Sebuah peluang buat mas Andi.

      Jangan takut soal keteter. Kalau kita tidak dikejar target dan waktu, seharusnya tidak masalah. Tidak ada juga kewajiban harus meliput semuanya.

      Nikmati dan jalani saja.

      Delete
  2. Pak sepertinya saya harus membuat Domain baru untuk blog tentang kota agar lebih unik. Atau alternatif nya pakai subdomain blog utama saya. Atau blog utama saya aja yang saya jadikan tentang kota Jakarta dan Bekasi. Masih di pertimbangkan nih pak.

    Ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya sih, saya akan buat domain baru dengan kata Kota yang saya mau tulis. Hal itu akan bagus ke depannya untuk branding.

      Memakai subdomain bisa mempercepat datangnya pengunjung tetapi, sulit memisahkan brandingnya di masa datang karena akan tetap membawa induknya.

      Delete
  3. Terima kasih Pak akan saya pertimbangkan.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel