Apa Efek Update Artikel Dalam Jumlah Banyak Terhadap Sebuah Blog?

Apa Efek Update Artikel Dalam Jumlah Banyak Terhadap Sebuah Blog?

Kira-kira apa jawaban dari judul di atas? Adakah efek update artikel dalam jumlah banyak terhadap sebuah blog?

Bisa menebak atau menerka?

Pertanyaan ini diajukan salah seorang rekan dan sahabat sesama blogger dalam sebuah kolom komentar. Ia rupanya menyadari bahwa Maniak Menulis beberapa minggu belakangan dibanjiri oleh tulisan-tulisan baru. Kadang sehari bisa 4 atau 5 buah tulisan.

Sang penanya memahami bahwa pemilik blognya sedang "ngebut" menerbitkan artikel. Dan, rupanya ia ingin mengetahui apakah dampak yang ditimbulkan dari ngebut publish artikel seperti itu.

Apa Efek Update Artikel Dalam Jumlah Banyak Terhadap Sebuah Blog?


Jawabannya : ARTIKELNYA MAKIN BANYAK. BLOGNYA MAKIN GENDUT KARENA KONTENNYA SEMAKIN BANYAK.

Itu saja hal yang pasti dan bisa dijawab saat ini.

Memuaskan? Tidak akan. Pasti tidak sedikit orang yang ingin tahu perkembangannya karena kalau bisa meningkatkan jumlah pembaca, pasti mereka tidak akan segan meniru cara yang sama. Betul tidak?

Sayangnya, saya tidak bisa memberikan jawaban pasti. Ada terlalu banyak hal yang mempengaruhi perkembangan sebuah blog dan update artikel hanyalah salah satunya. Tidak serta merta penambahan jumlah artikel akan memberikan efek dalam waktu singkat.

Blog Maniak Menulis baru dibanjiri artikel fresh beberapa minggu terakhir saja. Sebelumnya pemiliknya sulit memposting tulisan baru karena keterbatasan waktu. Sempat dalam seminggu hanya 1 kali saja publish tulisan baru.

Jadi, hampir tidak mungkin akan terlihat perkembangan drastis dalam waktu singkat. Hal itu dikarenakan

  1. Domain Authority Maniak Menulis masih sangat rendah, blog ini tidak pernah diberikan asupan backlink sama sekali bahkan dari blogwalking sekalipun
  2. Usia Maniak Menulis belum lama dan bahkan sempat hiatus beberapa bulan
  3. Tidak ada artikel yang dipromosikan kecuali sharing otomatis ke akun Google Plus
  4. Tidak memakai SEO (Search Engine Optimization - Optimasi Mesin Pencari)
  5. Topik Maniak Menulis erat kaitannya dengan menulis di dunia maya, blogging yang sangat ketat kompetisinya 
  6. Memakai domain gratis dari blogspot
Blog ini sangat mendekati idealisme blogging, versi saya, yaitu memfokuskan diri pada menulis saja. Tidak ada tetek bengek lain yang melekat padanya. Bahkan pengurusnya tidak berharap banyak dan benar-benar hanya menginginkan kegembiraan menulis saja.

Jadi, sejak awal tidak ada target atau harapan apa-apa yang diinginkan dari blog MM ini.

Meskipun demikian ada pelajaran yang didapat dari mengelola blog ini. Beberapa tulisan, setelah dicek ternyata mampu bertengger pada peringkat atas SERP (Search Engine Optimization) setelah beberapa bulan diterbitkan. Bukan langsung menanjak ke posisi itu tetapi ada jeda 3-4 bulan sebelum sebuah tulisan naik peringkat.

Itupun tidak semua.

Jadi, efek update artikel dalam jumlah banyak bulan ini, tidak akan bisa terasakan hasilnya pada bulan ini. Mungkin, baru bisa terlihat beberapa bulan ke depan, kalau ada artikel yang bisa nangkring di halaman SERP.

Berbeda halnya dengan blog Lovely Bogor. Blog itu sudah sangat authoritative (dominan) di niche tentang Bogor. Sudah banyak backlink yang masuk secara natural kesana. Setiap artikel baru yang dipublish sering langsung menanjak ke peringkat pertama SERP.

Peringkat Alexa pun membaik.

Efeknya berbeda sekali dengan di Maniak Menulis.

Satu-satunya hal yang sudah pasti terlihat saat ini di blog MM ini adalah jumlah artikelnya yang semakin banyak saja. Jumlahnya bertambah.

Selebihnya, belum diketahui dampak bertambahnya artikel dalam jumlah lumayan dan dalam waktu singkat. Memang ada pertambahan pengunjung, tetapi tidak signifikan dan tidak menunjukkan lonjakan pembaca.

Mungkin, 3-4 bulan ke depan baru bisa diinformasikan efeknya, itupun kalau ada. Juga, kalau saya tidak malas menganalisis data.

Tetapi, saya tetap yakin bahwa penambahan artikel dengan sistem ngebut seperti ini, tetap akan memberikan dampak positif bagi blog ini. Hanya perlu waktu untuk melihatnya.

Bagaimana kalau tidak ada perkembangan apapun?

Yah, kenapa harus pusing. Seperti sudah disebutkan di atas, blog ini bukan blog "pemburu" uang atau ketenaran. Blog ini dibangun berdasarkan idealisme pemiliknya yang benar-benar kecanduan menulis, tentang apapun. Jadi, sebenarnya tidak masalah kalau tidak ada perubahan apapun dalam jumlah pengunjung atau pembaca.

Yang penting enjoy.

5 Responses to "Apa Efek Update Artikel Dalam Jumlah Banyak Terhadap Sebuah Blog?"

  1. uhuk....uhuk si Penannya datang... :)

    99 % jawaban pak Anton Sungguh luar biasa tepat, yakni blog jadi gemuk oleh artikel.
    hahaha......itu mah saya sdh tahu.

    mungkin bs ditambah pak jwbannya, misalny lupa makan , jari tangan mati rasa , lupa jemput si kribo atau bahkan naik CL terasa cepat.

    klu mau sich pak....hehehe. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah tahu kok nanya...

      Nanti kalau sudah ada perkembangannya, saya akan share kok.. tenang saja

      Delete
  2. dapat wawasan baru nih tentang dunia perbloggeran.terima kasih

    ReplyDelete
  3. Jika artikelnya penuh informasi yang menarik maka saya jamin trafik semakin naik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu masalahnya. Karena saya tidak tahu apakah apa yang saya tulis informatif dan menarik atau tidak.

      Butuh waktu untuk membuktikannya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel