TREEHUGGER : Blog Tentang Lingkungan Yang Menunjukkan Jumlah Artikel Yang Terbit Berpengaruh Pada Peringkat

TREEHUGGER : Blog Tentang Lingkungan Yang Menunjukkan Jumlah Artikel Yang Terbit Berpengaruh Pada Peringkat

Website (blog) nya sederhana. Tulisannya tidak mengandung SEO. Loadingnya menurut GTMterix termasuk slow dan kalau memakai acuan Pagespeed Insight dan Yslow, masuk kategori buruk dan sangat buruk. Waktunya di atas 4 detik, yang kalau menurut para mbah blogger Indonesia akan membuat pengunjung kabur.

Ini buktinya.


Ditambah topiknya yang kalau di Indonesia termasuk topik tidak menguntungkan, tentang LINGKUNGAN. Nggak keren. Nggak menjual.

Sederhana. Tidak SEO Friendly. Loading lemot. Topik tidak populer.

Berarti tidak akan sukses.

Pasti gagal.

Kata para mastah IAPD (Indonesia Adsense Publisher Discussion) rasanya tidak akan jauh dari seperti itu. Yang punya pasti akan dikuliahi habis-habisan kalau memberi screenshot loading seperti di atas.

Iya kan.

Cuma.. ada cuma. Kalau memang hal itu terpikir di kepala Anda, lihat dulu yang di bawah ini.



Screenshoot dari ALEXA tentang "treehugger.com" ini.

Kecil banget yah?

Yap. Walau tidak sesuai dengan kriteria blog yang "bakal sukses" ala mastah blogger Indonesia, Treehugger adalah salah satu blog tentang lingkungan yang sangat berpengaruh di dunia. Namanya akan selalu disebut sebagai website yang memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Isinya, sesuai namanya yang berarti "Pemeluk Pohon" adalah artikel-artikel terkait dengan lingkungan dan kecintaan kepada alam. Bagaimana manusia harus menyeimbangkan antara pemanfaatan alam dan pelestariannya, politik, teknologi, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan lingkungan.

Penulisannya jelas sekali lebih menekankan pada isi dan bukan kata kunci. Meskipun demikian bukan berarti pengunjungnya datang dari media sosial saja. Menurut Alexa, 51% dari pembacanya berasal dari Search Engine.

Jumlah pengunjung? Entahlah.. jika mendapat posisi di Alexa seperti itu, biasanya sudah di atas puluhan ribu dan bukan sekedar 1000-2000 visitor saja perhari.

Salah satu hal yang saya duga menjadi kunci sukses si blog ini sebenarnya tidak berbeda dengan blog-blog lainnya seperti Blog Linda Ikeji dan Mashable, yaitu pada jumlah artikel yang terbit. Setiap harinya blog ini menerbitkan antara 5-15 artikel.

Hingga tulisan ini dibuat ada 4298 halaman pada blognya dan setiap halaman ada 20 artikel. Silakan hitung sendiri berapa jumlah artikel yang ada di blog ini. Tulisan pertama diterbitkan tahun 2003.

Treehugger memiliki tim editor (bukan penulis yah) yang berasal dari mancanegara, terutama negara-negara di kawasan Amerika Utara, seperti AS, Canada. Tulisannya sendiri datang dari lebih banyak lagi orang.

Sebuah blog atau website yang jelas bermanfaat dan menginspirasi banyak orang.

Yang pasti membantah semua teori para master blogger Indonesia yang mengatakan tanpa SEO sebuah website/blog tidak akan sukses.

10 Responses to "TREEHUGGER : Blog Tentang Lingkungan Yang Menunjukkan Jumlah Artikel Yang Terbit Berpengaruh Pada Peringkat "

  1. Untuk website (blog) besar yang memiliki banyak artikel, kata kuncinya ada pada tulisannya berasal dari banyak orang.

    Untuk blog personal, saya angkat tangan jika harus menghasilkan 5-15 artikel perhari. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Linda Ikeji dan Pete Cashmore (Mashable) memulai blognya tidak langsung dengan banyak orang. Mereka mengetik sendiri,.

      Pete Cashmore mengetik sendiri dari kamar tidurnya 5-10 artikel perhari sebelum kemudian Mashable menjadi besar dan mempekerjakan orang lain.

      Blog atau web besar tidak lahir langsung besar. Mereka juga merangkak dari blog personal dengan penulis hanya si empunya saja

      Delete
    2. Inspiratif. Tapi saya sepertinya tetap belum sanggup melakukannya,,,

      Delete
    3. Setidaknya bilangnya belum sanggup... heheh berarti tidka menutup kemungkinan ke arah sana

      Delete
  2. Akhirnya sebuah artikel Mahal terbit juga di blog MM ini. :)

    Betapa tidak mahal sebab harus sabar menunggu selama 7 hari baru terbit artikel teranyar. :)

    Mungkin waktulah yang menyebabkan sebuah artikel terbaru sulit tampil diblog MM, sama halnya dengan blog saya,hehehe.... ( kok saya jadi curhat,,,,padahal ingin koment tentang artikel diatas....kwkwkwkwkkwk...).

    Umur blog yang sudah cukup tua, sekitar 17 tahun jadi wajar saja sudah menghasilkan trafik yang cukup tinggi dengan alexa yang ramping.

    apalagi didukung dengan tim inti yang berjumlah 7 orang, sudah tentu akan menjadi sebuah web yang selalu hidup dengan postingan yang selalu mengalir setiap harinya.

    Adakah blog Indonesia yang sudah berumur 17 tahun ? yang membahas masalah yang tidak menjual / tidak keren seperti TREEHUGGER ?



    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia.. konsisten banget ngeblognya.. hahahahaha....

      artikel di MM juga akan makin mahal karena ternyata ngurus RT butuh waktu banyak sekali jadi perhatian lebih banyak tercurah kesana.

      Delete
    2. hahaha,,,,iya Pak konsisten bangettzzz....

      sepertinya blog ini akan lebih banyak beroperasi di CL saja, iya Pak ?

      Itu dia yang saya suka Pak, semakin mahal artikelnya maka, semakin penasaran pembacannya untuk intip2 terus.... :)

      Kenapa tidak menulis tentang pengalaman mengurus RT-nya Pak di Sini... ?

      Delete
    3. Nulis di CL juga sudah semakin sulit.. semakin padat penumpangnya.

      Jadi kadang terpaksa juga tidak bisa menulis disana.

      Delete
  3. Buat nerbitin artikel sehari minimal 5. Masih belum bisa saya.

    Masih terkendala sama urusan rumah dan kantor.

    Ya.. ada rasa males juga sih.kalo udah capek kerja.

    Tapi keinginan ada sih buat nulis sebanyak itu sehari.

    Kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastilah.. capek itu pasti banget apalagi buat blogger part time seperti kita

      Tetapi senang mendengar kalau ada keinginan berarti nanti akan berusaha ke arah sana

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel