[PREDIKSI] Topik Tentang Lingkungan Bisa Menjadi Trend di Indonesia di Masa Datang

[PREDIKSI] Topik Tentang Lingkungan Bisa Menjadi Trend Dalam Beberapa Tahun Mendatang

Masih jauh dibandingkan dengan topik agama, politik, artis, dan tentang cara mencari uang online. Butuh cukup banyak tahun untuk bisa menyamai kepopuleran topik-topik seperti ini dalam mendulang pembaca, dan tentunya uang. Meskipun demikian, sulit untuk mengabaikan topik tentang lingkungan.

Memang, di sebuah negara yang tingkat kesadaran kelestarian lingkungan dalam masyarakatnya masih sangat rendah, topik ini belum begitu populer. Tetapi, mengamati perkembangannya, baik di dunia nyata, maupun di dunia maya, gerakan untuk pelestarian alam dan lingkungan atau yang berbau gaya hidup ramah lingkungan semakin marak.

Semakin banyak pula selain tokoh masyarakat, organisasi, yang gencar menyuarakan agar masyarakat merubah pola pikirnya dalam memandang lingkungan.

Bukan sesuatu yang sahih, tetapi indikasi itu juga terlihat pada dua buah blog bertema lingkungan yang saya kelola. Blog-blog itu  belum terurus dengan benar. Dibandingkan Maniak Menulis, blog itu kalah jauh dalam hal isinya, rata-rata baru terisi 30-32 artikel saja setelah lebih dari satu tahun

Yang membuat heran dan senang, ternyata justru pengunjungnya tidak kalah dan bahkan yang menggunakan subdomain dari Lovely Bogor melebihi jumlah visitor dari MM. Jauh. Padahal sama juga tidak dipromosikan dan tidak memakai SEO, dan bahkan belum diupdate dengan artikel baru selama beberapa bulan terakhir.

Tetap saja banyak yang datang.

Prediksi atau dugaan saya :

  • Pasar pencari tulisan tentang lingkungan cukup besar saat ini dan akan terus membesar di masa yang akan datang seiring dengan membaiknya kesadaran masyarakat menjaga lingkungan
  • Penyedia artikel tentang lingkungan dan alam masih sedikit karena masih bukan topik yang populer
Entah dalam hal BPK (atau Biaya Per-Klik) iklan Adsense. Beberapa kali mendapat klik dari dua blog ini, nilainya tidak berbeda dengan blog-blog lainnya. Kadang bagus, ya kadang jeblok juga.

Rasanya tidak dalam 3-5 tahun ke depan. Masih butuh waktu agak lama karena perubahan gaya hidup dan pemikiran tidak pernah bisa dalam waktu sebentar. Begitu juga dalam hal ini, bisa jadi 10 tahun ke depan baru topik ini akan menggeliat dan menggantikan topik tentang blogging atau mencari uang online sebagai salah satu yang populer.

Jangan salah juga, sudah cukup banyak blog tentang lingkungan yang sukses di luar negeri, seperti misalnya "Treehugger" atau "para pemeluk pohon". Di Indonesia juga sudah ada, walau agak vakum belakangan. Pernah dengar Alamendah.org?

Siapa tahu 10 tahun yang akan datang, salah satu dari blog lingkungan saya bisa ikut tenar juga, dan tentunya mendulang uang buat yang punya. Kalau dilihat sekarang, yah masih jauh karena diurus saja tidak, tetapi bolehkan bermimpi?

4 Responses to "[PREDIKSI] Topik Tentang Lingkungan Bisa Menjadi Trend di Indonesia di Masa Datang"

  1. Membuat blog tentang lingkungan setidaknya memang dari orang yg peduli akan lingkungan. Jadi tulisannya bisa lebih mengalir. Saya sendiri bukan pengamat yg baik, jadi kurang pandai menulisnya.

    Blog tentang lingkungan saya rasa memang prospeknya bagus. Seperti yg Bapak bilang, yg menulis masih sedikit. Padahal Indonesia adalah negara yg kaya akan sumber daya alam.

    Selain itu artikel lingkungan tidak mudah basi seperti tutorial blogger. Dari dulu sampai sekarang, kalimat bersih pangkal sehat itu selalu benar. Maka tema lingkungan akan selalu relevan dengan zaman. Kalo pun ada yg berubah, maka tidak banyak.

    Saya mendukung Bapak dengan blog tema lingkungannya. Untuk saat ini saya cukup jadi pembaca saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh.. justru orang seperti Nisa yang masih muda yang diharapkan bisa ikut terjun. Apalagi sebagai guru.

      Pendidikan tentang lingkungan yang terbaik seharusnya dimulai sejak kecil.

      Kalau saja Nisa bisa menulis untuk anak-anak, dengan gaya yang sekarang, rasanya akan banyak yang tertarik untuk membaca

      Delete
  2. Saya pengin juga pak bikin blog tentang lingkungan.

    Tapi masih bingung harus mulai darimana.

    Sebab saya juga belum sebagai pengamat lingkungan yang baik.

    ReplyDelete
  3. Seperti yang biasa blogger lakukan, mulai dari sekitar kita saja. Apa yang biasa kita lakukan, kebiasaan di rumah dan lingkungan.

    Mulai saja dari yang terlihat. Biarkan berkembang kemudian.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel