Mengikuti Kata Hati Saat Memilih Tema Blog Lebih Baik Dibandingkan Bertanya Kepada Orang Lain

Mengikuti Kata Hati Saat Memilih Tema Blog Lebih Baik Dibandingkan Bertanya Kepada Orang Lain

Blogging atau ngeblog itu sederhana. Tidak rumit meski terkadang pelakunya membuatnya terlihat rumit. Ikuti saja pepatah " Blog is about passion", Blog adalah tentang gairah.

Maksudnya terlihat jelas sekali bahwa melakukan kegiatan ngeblog itu harus berdasarkan "gairah" yang ada dalam diri pelakunya. Ikut kata anak-anak zaman "now" ngeblog itu sebaiknya dilakukan dengan mengikuti kata hati. Tentunya kata hati diri sendiri dan bukan kata hati orang lain.

Berdasarkan pada inilah sebenarnya sebuah blog harus dimulai. Sejak awal mulanya seseorang yang hendak membuat sebuah blog harus mengikuti gairah yang ada dalam dirinya, kata hatinya sendiri.

Salah satu yang paling penting, supaya kegiatan ngeblog bisa tahan lama, kalau tidak mau disebut langgeng adalah tentang bagaimana menetapkan tema blog itu sendiri. Kata sebagian orang "niche", tetapi saya lebih suka menyebutkan tema.

Pada saat hendak menetapkan mau berisi apa blog yang akan dibangun, hal paling utama tanyakan kepada diri sendiri dua hal berikut ini :

1. Apa yang saya suka?
2. Apa yang membuat saya paling bersemangat?


Pertanyaan-pertanyaan ini akan membawa kita menemukan "gairah" kita pada sesuatu. Masing-masing orang akan berbeda satu dengan yang lain. Seorang blogger harus mengetahui apa yang disukainya, apa yang paling membuatnya bersemangat, apa yang bisa membangkitkan semangat dirinya.

Hal ini sangat penting. Mayoritas orang akan bersemangat dan pantang menyerah kalau melakukan sesuatu yang sangat dicintai dan disukainya. Mereka akan berjuang dan berusaha sebaik mungkin untuk hal itu.

Situasinya akan berbeda ketika jika kita melakukan karena terpaksa. Runyam rasanya di saat kita harus mengerjakan sesuatu yang sebenarnya kita tidak menyenanginya. Bahkan untuk sekedar membangkitkan semangat saja susah. Hati kita sulit mendorong anggota tubuh yang lainnya untuk bergerak dan melangkah.


Hal ini menjadi sangat penting karena blogging atau ngeblog pada awalnya adalah sebuah kegiatan sukarela dan tidak menghasilkan uang. Tidak ada dorongan lain yang bisa membuat kita bersemangat.

Berbeda sekali dengan bekerja di kantor. Kita akan terpaksa tetapi sudah hampir pasti pada akhir bulan kita akan mendapatkan uang, lewat gaji atau upah. Uang adalah bentuk motivasi yang kuat untuk membuat orang bergerak lincah.

Hal itu tidak akan ada dalam dunia blogging. Banyak sekali ketidakpastian di dalamnya. Meski tujuan kita uang sekalipun, tetap saja, blog yang kita miliki belum akan mengalirkan duit kepada pemiliknya.

Tidak pasti juga sebuah blog bisa menjadi pabrik uang bagi pemiliknya. Bisa saja menjadi "sampah" di dunia maya.

Tidak ada kepastian.

Ketiadaan akan kepastian inilah yang harus dihadapi setiap blogger. Bagaimana memotivasi semangat untuk terus menulis, bagaimana mendorong diri sendiri untuk tetap berkarya dan menemukan ide supaya blog berjalan.

Semua itu butuh motivasi agar tidak terhenti di tengah jalan.

Sulit menjadi berlanjut kalau sang blogger tidak bisa membangkitkan semangat diri sendiri.


Memilih tema blog yang mengikuti kata hati bisa membuatnya menjadi ringan. Ringan karena kita melakukan yang kita sujai. Kita melakukan sesuatu dimana "passion" dan "gairah" kita berada yang bayaran pertamanya adalah kepuasan atau kegembiraan.

Ha ini sulit ditemukan kalau kita sendiri tidak menemukan dimana "passion" kita berada.

Mengikuti apa yang disarankan orang lain, seperti blogger yang sudah malang melintang bisa menjadi sebuah kesalahan. Passion mereka tidak sama dengan passion kita. Bisa jadi, mereka nyaman menulis tentang internet marketing, anda senang menulis tentang traveling. Kalau kita mengikuti mereka, yang ada kitanya akan merasa tidak nyaman sekali.

Mengejar tema bernilai BPK (Biaya Per Klik) tinggi juga bisa menjadi hambatan karena belum tentu ada gairah disana. Bayangkan saja menulis tentang asuransi, tetapi kita tidak paham cara kerja, dan tidak suka sistem asuransi.

Tidak akan ada motivasi dan gairah disana. Padahal itu adalah bahan bakar yang penting bagi keberlangsungan sebuah blog dan perkembangan si blogger sendiri.

Itulah mengapa memilih tema yang sesuai dengan kata hati merupakan yang terbaik dibandingkan cara yang lain.

Anda setuju dengan pendapat ini?

0 Response to "Mengikuti Kata Hati Saat Memilih Tema Blog Lebih Baik Dibandingkan Bertanya Kepada Orang Lain"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel