Mengapa Perusahaan Juga Ngeblog?


Blogging atau ngeblog biasanya dilakukan oleh individu atau personal. Tujuannya tentu beragam, mulai dari sekedar tempat curhat hingga untuk menghasilkan uang. Individu yang melakukan kegiatan ini disebut dengan blogger.

Biasanya begitu.

Tetapi, tahukah Anda bahwa di zaman now, kegiatan ngeblog bukan lagi monopoli perorangan saja. Banyak sekali perusahaan ternyata juga ngeblog. Hal itu bisa terlihat pada website-website perusahaan tersebut dimana tersedia menu blog, seperti screenshoot di atas.

Pertanyaannya, mengapa perusahaan juga ngeblog? Apakah bisnis kurang lancar sehingga harus mencari pendapatan lain? Apakah karena pegawainya kurang kerjaan sehingga mereka perlu diberi kerjaan tambahan mengisi blog supaya tidak terlihat luntang lantung?

Jawabannya, bukan itu semua.

Kelebihan dari sebuah blog dan isinya ternyata juga menarik bagi para penggelut dunia bisnis. Banyak dari mereka bahkan tidak segan mengeluarkan biaya tambahan agar blog di website mereka terisi secara terjadwal.

Alasannya :

1. Melakukan Branding

Para pelaku bisnis menemukan bahwa blog bisa dijadikan sebuah media untuk menanamkan branding atau pencitraan perusahaannya.

Mereka biasanya menerbitkan artikel-artikel untuk bisa menimbulkan kesan "khusus" pada diri pembacanya, seperti perusahaan "A" sebagai perusahaan yang ramah lingkungan atau lain sebagainya.

2. Memperkenalkan Produk Baru

Sebuah perusahaan akan selalu menawarkan sesuatu, entah produk atau jasa baru. Tentunya, tidak serta merta para calon pengguna akan tahu tentang produk baru tersebut. Perusahaan. harus memperkenalkannya kepada khalayak agar bisa terjual.

Cara terbaru yang mulai umum dilakukan adalah dengan membuat sebuah artikel yang membahas tentang produk baru tersebut di blog mereka.

3. Menghemat Biaya Promosi

Pomosi itu mahal lo. Tidak murah. Perlu uang banyak untuk membuat orang mengenal sebuah produk dari perusahaan.

Menerbitkan artikel-artikel di blog yang tersedia di website sendiri adalah sebuah langkah promosi yang sangat murah. Biaya promosi hanyalah sekedar mencari penulis review atau artikel saja.

Memang penjualan tidak bisa hanya via blog dan harus ditunjang kegiatan promosi lainnya, tetapi, dengan menerbitkan artikel di website sendiri, maka tentunya ada biaya promosi yang bisa dihemat.

4. Membangun Loyalitas

Pernah coba mencari tutorial cara memperbaiki hal-hal kecil dari sebuah produk seperti Televisi dan tidak menemukannya? Pastilah sudah. Kalaupun sudah ada blogger yang membuatnya, tentunya tidak akan begitu saja dipercaya dibandingkan ketika si pembuatnya yang mengatakan.

Sebuah blog yang berisi berbagai penjelasan atau bantuan teknis terhadap sebuah produknya akan membangkitkan rasa percaya dan loyal dari penggunanya. Ia akan memberikan kesan bahwa produsen barang yang dibelinya sangat memperhatikan kebutuhan dari penggunanya.

Sebuah hal yang sulit dlakukan ketika yang ada di websitenya hanyalah beberapa halaman statis. Sebuah blog berisi artikel tutorial tentang produk-produknya akan sangat bermanfaat.

5. Membuat Pasar

Sebuah blog, jika ditangani secara baik, akan melahirkan pembaca-pembaca yang setia di ceruk pasar yang diterjuni.

Pembaca-pembaca ini adalah manusia dan setiap manusia selalu "berbelanja".

Sebuah blog perusahaan yang memiliki banyak pembaca setia akan diuntungkan karena mereka bisa mendapatkan pembeli/pengguna jasa dari komunitas pembaca blog mereka sendiri.

Mereka bisa menawarkan sebuah produk lewat blognya dan bisa dibeli langsung oleh pembaca blog mereka.

6. Menjalin Interaksi Dengan Pengguna/Pembeli

Memang, biasanya selalu ada bagian customer service atau marketing di setiap perusahaan. Bagian ini bertanggungjawab melakukan pendekatan dan interaksi kepada pelanggan atau calon pelanggan dengan tujuan akhir tentunya penjualan.


Tetapi, bagaimana ketika seorang calon pembeli berada di tempat jauh sehingga akan sangat mahal untuk mendatanginya? Mudah saja, kolom tanya jawab di blog, atau kolom komentar bisa menjadi sebuah sarana interaksi dengan pelanggan atau calon pelanggan yang seperti ini.

Akan menjadi lebih efisien lagi, jika sebuah forum disediakan di sebuah website perusahaan untuk membahas artikel tentang sebuah produk yang diterbitkan di blog perusahaan itu.

Begtulah kira-kira mengapa semakin banyak website perusahaan yang memasang menu "BLOG".

Banyak keuntungan yang diraih sehingga tidak jarang perusahaan mengeluarkan dana untuk menyewa "blogger" untuk mengelola blog mereka.

Sebuah peluang pekerjaan baru untuk para blogger di masa yang akan datang. Di banyak negara maju hal ini sudah umum dilakukan, tetapi sepertinya di Indnesia masih butuh waktu. Mungkin karena para perusahaan masih belum 100% memanfaatkan potensi yang ada dari sebuah blog di website perusahaan.

Mungkin 3-5 tahun lagi? Maybe yes, maybe no.

3 Responses to "Mengapa Perusahaan Juga Ngeblog?"

  1. saya baru terpikir pak akan ide seperti itu....cermerlang juga ide tulisannya.

    sepertinya bisa diterapkan oleh banyak perusahaan.

    dan pasti banyak keuntungannya.

    membangun blognya jg gampang tinggal cari karyawan utk mengurus blognya.

    saya mau daftar klu ada perusahaan yg membutuhkan tenaga kerja sebagai blogger.


    tpi ada ngk yach....? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yawda.. Kang Nata bikin perusahaan saja, nanti saya daftar jadi bloggernya.

      Delete
    2. bisa kisruh ntr blognya....hahaha.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel