Bukan Saya Membenci Blogger Tutorial atau Internet Marketer

Bukan Mengabaikan Teori Tetapi Mengajak Melihat Dari Berbagai Sudut Pandang

Di blog Maniak Menulis (MM) ini, banyak sekali tulisan yang bernada menentang, membantah, kontra, dan kadang terkesan merendahkan berbagai teori yang banyak disampaikan oleh para blogger lain, terutama dari kalangan blogger tutorial dan internet marketer. Saya akui itu karena memang dengan sengaja hal itu dilakukan.

Demi popularitas? Tidaklah. Buktinya blog MM tidak dipromosikan via jalur manapun. Tidak iklankan dimanapun. Tidak memakai SEO (Search Engine Optimization).

Karena benci dan tidak suka pada kalangan blogger tutorial atau internet marketer? Tidak juga sih. Normal-normal saja. Tidak ada masalah sama sekali. Meski terus terang gaya mereka sangat tidak cocok dengan saya, terutama kebiasaan "memamerkan keberhasilan" demi membentuk self-branding kadang keterlaluan dan menjadi konyol, tetap saja tidak ada rasa benci atau tidak suka.

Gaya yang dipergunakan pada blog ini, memang ditujukan sebagai pengimbang. Jika kebanyakan blogger tutorial atau internet marketer biasa berkata "Ikuti cara saya kalau mau sukses", maka saya akan bilang "Jangan. Pertimbangkan dulu karena ada cara lain. Jangan termakan gombalan ala internet marketer yang kadang tidak berdasar".

Itu saja.

Dengan begitu, saya ingin membuka pemikiran mereka yang hendak terjun di dunia blogging dan kemudian ingin mendapatkan penghasilan darinya bahwa jalan yang harus ditempuh bukan hanya satu. Ada banyak sekali jalan.

Bukan berarti teori-teori yang dikatakan para blogger dan internet marketer tersebut TIDAK BERGUNA, ada banyak yang bermanfaat, walau tidak sedikit yang sebenarnya KONYOL dan sama sekali tidak masuk akal dan logika. Bukan itu.

Tetapi, blogging adalah sebuah dunia yang demokratis. Semua orang bebas memilih jalannya. Tidak boleh ada yang mendikte siapapun. Oleh karena itu sangat menyebalkan ketika melihat seorang yang mengaku mastah dalam blogging menyebutkan bahwa kalau tidak begini, kamu akan gagal. Padahal blogging tidak demikian.

Kesuksesan apapun yang diharapkan bisa saja tercapai dengan banyak cara lain dan lewat jalan yang lain. Bukan hanya cara yang disarankan oleh mereka yang mengaku sudah "sukses", padahal banyak yang masih ngeluh karena pendapatan dari Adsense tidak naik-naik (kalau sudah berhasil dan kaya, rasanya tidak akan mengeluh soal BPK yang kecil kan?)

Blogging juga adalah sebuah dunia yang mengandalkan kreatifitas sebagai dasarnya. Tidak ada blog yang bisa sukses tanpa kreatifitas bloggernya. Dan, dalam kreatifitas, maka tidak ada batasan jalan yang harus dilalui. Semua bebas menentukan jalan hidupnya sendiri.

Bisa dikata ngeblog adalah perwujudan kehidupan manusia di dunia maya dalam bentuk tulisan, karya. Dan, manusia itu adalah makhluk yang bebas dan kreatif, ia diciptakan dengan akal pikiran yang seperti tidak terbatas. Tidak seharusnya dibatasi dan diarahkan oleh segelintir atau sekelompok orang agar memilih satu jalan saja, jalan yang mereka ajarkan.

Maaf, kekonyolan seperti ini lah yang membuat kesempitan berpikir.

Gaya inilah yang banyak dipergunakan para blogger tutorial dan internet marketer. Gaya yang sebenarnya mengarahkan pada matinya kreatifitas dari banyak orang, yang berminat menekuni ngeblog. Tidak seharusnya hal tersebut dilakukan, apalagi demi sekedar uang atau ketenaran.

Para internet marketer atau blogger tutorial seharusnya mau berkata jujur dan memperlihatkan, setidaknya bahwa ada jalan-jalan lain, yang mungkin bisa membawa kesuksesan. Bukan hanya apa yang diajarkannya.

Itulah misi dari blog MM itu. Menunjukkan bahwa ada banyak cara dan jalan lain untuk menggapai kesuksesan dalam ngeblog. Bukan hanya cara yang banyak diajarkan oleh kalangan yang disebutkan di atas.

Banyak sekali.

Jadi, bukan karena saya membenci mereka, tetapi karena saya ingin mengatakan, jangan asal telan apa yang dikatakan para blogger tutorial dan internet marketer. Banyak saran yang konyol dan tidak logis. Pertimbangkan dan temukan teori-teori dan jalan-jalan lain, kemudian putuskan mana yang terbauik untuk Anda.

Itu saja.

1 Response to "Bukan Saya Membenci Blogger Tutorial atau Internet Marketer"

  1. iya pak, banyak jalan menuju kesuksesan terutama dibidang bog.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel