Blogger Perlu Menulis Tentang Lingkungan Lebih Banyak Untuk Membangkitkan Kesadaran

Blogger Perlu Menulis Tentang Lingkungan Lebih Banyak Untuk Membangkitkan Kesadaran

Agak sulit memang. Perlu blogger yang idealis dan bukan sekedar mengejar materi dan ketenaran saja untuk melakukannya. Indonesia perlu lebih banyak tulisan yang membahas tentang pelestarian alam.

Di sebuah negara dimana kesadaran masyarakatnya kepada lingkungan masih berada pada taraf yang begitu rendah, perlu lebih banyak orang untuk menyuarakan hal-hal tentang alam dan lingkungan hidupnya. Dengan begitu diharapkan bahwa tingkat kesadaran manusia-manusia Indonesia secara perlahan terus membaik.

Hal ini sangat penting mengingat kerusakan lingkungan di Indonesia sudah sedemikian parahnya. Kebiasaan membuang sampah di sembarangan tempat seperti tidak ada habis-habisnya. Polusi udara di beberapa kota yang sudah mencapai taraf membahayakan kesehatan.

Semua itu menunjukkan bahwa perkembangan kesadaran masyarakat tentang lingkungan dan bagaimana menjalani gaya hidup ramah lingkungan masih sangat lambat.

Masalahnya, di Indonesia sendiri masih sangat sedikit orang dan organisasi yang gencar dan terus menerus mengaspirasikan gaya hidup "hijau" tersebut. Memang ada WALHI  (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) dan beberapa organisasi pecinta lingkungan lainnya, tetapi dibandingkan lebih dari 250 juta penduduk Indonesia, jumlah tersebut tidak seberapa.

Kesadaran lingkungan harus juga dihadirkan dari akar rumput, yaitu masyarakat sendiri.

Blogger dalam hal ini merupakan kalangan yang sebenarnya memiliki akses, kemampuan, dan kesempatan untuk melakukan peran tersebut. Kemampuan menulis mereka dan juga berbagai skill lainnya bisa mengilhami lebih banyak orang untuk tergerak hatinya untuk lebih memperhatikan lingkungan. Juga, para blogger sebenarnya bisa mengajarkan bagaimana cara hidup yang lebih ramah lingkungan.

Sayangnya, topik tentang lingkungan sendiri di Indonesia, bukan hanya di kalangan blogger, masih merupakan bahasan yang sering dianggap angin lalu, tidak penting. Lingkungan sering dianggap hanya sesuatu yang perlu digunakan dan tidak perlu dijaga.

Khusus di kalangan para penggiat dunia maya, seperti blogger sendiri, topik alam dan lingkungan (selain wisata) bukanlah sesuatu yang memberikan daya tarik juga. Tidak menguntungkan dan sepertinya tidak akan mendatangkan materi.

Banyak yang meragukan kalau blog mereka akan dikunjungi banyak orang kalau mengambil topik itu. Berbeda dengan kalau memilih topik tentang teknologi yang pembacanya banyak sekali dan pasarnya lebih luas (otomatis karena tingkat kesadaran yang masih rendah itu).

Itulah mengapa perlu blogger-blogger yang agak idealis untuk melakukannya. Mereka tidak boleh hanya terfokus materi, tetapi lebih pada kerja sosial untuk membangkitkan kesadaran masyarakat. Mereka tidak boleh berharap akan menjadi tenar karena pembahas tentang alam dan lingkungan jarang sekali diekspose, tidak seperti kalau menulis tentang artis, gosip, atau politik.

Tetapi, tanpa mereka-mereka yang mau berpikir idealis, maka kerusakan alam dan lingkungan akan terus terjadi. Kesadaran dalam diri manusia Indonesia tidak akan terbentuk dan terbangun.

Hasilnya, kerusakan alam dan lingkungan akan terjadi dimana-mana.

Sulit, bukan agak sulit lagi. Memang sulit.

Hanya, tetaplah kita harus optimistis bahwa akan ada para blogger yang mau meluangkan waktunya untuk menulis artikel tentang lingkungan dan ikut berusaha menyebarkan kesadaran. Walaupun hanya satu dua artikel, tentunya hal itu akan sangat membantu.

Maukah Anda menuliskan satu dua artikel di blog Anda tentang lingkungan?

2 Responses to "Blogger Perlu Menulis Tentang Lingkungan Lebih Banyak Untuk Membangkitkan Kesadaran"

  1. saya seperti nya tertarik pak, sebeb saya suka kesal kalau pas naik motor tiba-tiba ada yang buang sampah dari jendela mobil.

    rasanya saya mau pungut itu sampah terus saya lempar ke mobil.

    apa lagi para perokok yang suka main lempar aja puntung rokok ke jalan.

    dan yang paling saya benci para peludah, yang se-enaknya buang ludah saat berkendara motor
    ( maaf ya bukan bermaksud menyinggung perasaan)

    tapi itu semua kenyataan yang terjadi di sini.
    di bumi indonesia tercinta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu langsung saja buat artikel tentang lingkungan.

      Memang hal-hal yang mas katakan benar adanya, jadi yuk kita coba bantu dengan cara ala blogger, menulis

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel