Contoh Bahwa Artikel di Wordpress Self-Hosted Tidak Selalu Menang Dari Blogspot di SERP


Banyak blogger mengidamkan untuk mengelola blog mereka di Wordpress Self-hosted dibandingkan di blogspot.

Katanya, tentu lebih keren memiliki blog berakhiran .com dibandingkan yang berembel-embel "blogspot.com". Selain itu karena artikel-artikel yang diterbitkan di blog Wordpress Self-hosted lebih SEO Friendly dan cenderung "menang" di SERP (Search Engine Result Page).

Katanya lo...

Kenyataannya, tidak selalu demikian. Ini entah yang ke berapa kalinya, artikel-artikel yang saya buat di blogspot mengungguli artikel-artikel yang terbit di blog Wordpress Self-Hosted.

Screenshoot di atas contohnya.

Blog Maniak Potret dan Blog LB Fotografi keduanya adalah milik saya juga. Yang satu masih numpang di blogspot, dan memang tidak ada niat dipindahkan. Domainnya juga masih sub domain bukan TLD.

Hampir tidak ada backlink sama sekali karena saya jarang blogwalking.

Cuma artikelnya mengalahkan tulisan dengan topik yang sama dan bahasan yang sama yang dibuat di blog LB Fotografi. Padahal blog ini memakai Wordpress Self Hosted, memiliki backlink dari Lovely Bogor.

Tidak sesuai dengan berbagai kaidah yang diajarkan para suhu dunia blogging.

Heran?

Saya sih tidak.

Kenyataannya memang banyak mitos berkeliaran di dunia maya. Banyak asumsi dan opini yang disebarkan bak kebenaran tak terbantah. Padahal tetap saja hanya mitos dan opini, bukan kebenaran.

Klaim bahwa Wordpress Self Hosted lebih SEO Friendly dibandingkan blogspot mendekati mitos karena sebenarnya banyak sekali hal yang terlibat dalam SEO atau tidaknya sebuah artikel. Bukan sekedar platform yang dipakai. Banyak sekali bukti kalau blog dengan platform gratisan blogspot masih bertengger anteng dan berada di posisi puncak SERP.

Jadi, tidak seharusnya kita "menelan" apa saja yang dikatakan orang lain tanpa melihat sendiri buktinya.

Tetapi, screenshot di atas memang membuat saya agak bingung? Ngapain saya membuat dua buah blog fotografi dan diisi tulisan-tulisan yang sama.

Yah, bagaimanapun saya hanya manusia yang terkadang terlalu banyak keinginan.

2 Responses to "Contoh Bahwa Artikel di Wordpress Self-Hosted Tidak Selalu Menang Dari Blogspot di SERP"

  1. Kata para pakar sih gitu pak. Kalau mau bagus posisi di search engine dan penghasilan gede dari Adsense wajib pake WordPress dan TDL.

    Tapi saya gak tau siapa pakar itu soalnya gak pernah menampakkan wajah aslinya.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel