[Bukti] Blogger Sudah Menjadi Profesi (Tetapi Bukan di Indonesia Yah!)

Di Indonesia, blogger memang belum menjadi profesi. Mayoritas penghasilan yang didapat para blogger masih mengandalkan pada pemasukan iklan saja. Jangan berharap bahwa sebuah perusahaan akan mempekerjakan seorang blogger.

Tetapi, tidak demikian di beberapa negara maju. Budaya blogging bukan lagi milik personal, banyak perusahaan yang melihat betapa pentingnya kata "blog" terpampang pada website sebuah perusahaan. Tulisan-tulisan dalam sebuah blog milik perusahaan menjadi sebuah hal yang "penting" dalam banyak bisnis.

Oleh karena itu, tidak heran kalau banyak perusahaan bisnis pun menyediakan kolom "BLOG" di website mereka.

Hasilnya, kebutuhan akan orang-orang yang mampu menulis ala blogger pun meningkat dan banyak perusahaan di luar negeri mulai mempekerjakan blogger untuk mengisi kolom BLOG mereka.

Salah satu buktinya adalah sebuah screenshoot di atas yang diambil dari salah satu situs lowongan kerja di Amerika Serikat. Disana terlihat adanya lowongan kerja bagi seorang blogger.

Sebuah pertanda bahwa di luar negeri, perkembangan  menunjukkan bahwa suatu saat blogger akan menjadi sebuah profesi yang diakui oleh masyarakat. Belum seratus persen diakui, tetapi hal-hal seperti ini menunjukkan suatu waktu kata "blogger" akan bersanding dengan kata "wartawan", "dokter", sebagai kata yang menunjukkan profesi.

Masih butuh waktu, yang lumayan panjang pastinya.

Apalagi di Indonesia. Dimana blogger masih dianggap sebagai sebuah kegiatan iseng belaka. Sekalipun sudah mulai dijadikan ladang mencari uang, dengan memasang iklan, atau tulisan bersponsor, tetap belum diakui sebagai sebuah profesi.

Entah kapan hal itu bisa terwujud di negara ini. Yang pasti biasanya agak lamban dibandingkan dengan di negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris dan lainnya.

4 Responses to "[Bukti] Blogger Sudah Menjadi Profesi (Tetapi Bukan di Indonesia Yah!)"

  1. Kenapa tidak mencoba melamar Pak ...?

    Apalagi Pak Anton punya kemampuan menulis dalam bahasa Inggris.

    ngeblog memang sudah banyak digandrungi oleh Orang Ditanah air, namun entah kenapa profesi ini belum diakui, padahal sudah banyak orang yang menghasilkan uang puluhan juta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya melawar lalu apa bedanya dengan pekerjaan yang saya lakukan sekarang?

      Blogging bagi saya lebih kepada kesenangan dan melamar pekerjaan sebagai blogger menghilangkan banyak kesenangan itu.

      Entah nanti kalau saya sudah pensiun..:D

      Delete
  2. Kriterianya mantab euy, melihatnya saya sudah mundur.

    Bagi saya blogging adalah hobi, maka saya menikmatinya.

    Ketika masuk lingkup pekerjaan dan adanya tuntutan, biasanya menjadi beban.

    ReplyDelete
  3. Iyah.. saya rasa itu kriteria penulis profesional. Bisa dikata di luar negeri, blogger = penulis. Tidak beda.

    Betul sekali. Lebih nyaman ngeblog tanpa adanya tekanan. Mungkin karena itulah sebaiknya blogger memiliki pekerjaan tetap untuk penghidupannya. Jadi tidak terlalu memaksa diri

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel