Pelajaran Dari Blog Yang Kena Hack : Langkah-Langkah Pemecahan Masalah

Pelajaran Dari Blog Yang Kena Hack : Langkah-Langkah Pemecahan Masalah

Selamat pagi Sobat Maniak! Apa kabar? Semoga semua selalau berada di dalam lindungan-NYA!

RA Kartini mengatakan "Habis Gelap Terbitlah Terang". Pepatah lama mengatakan "Hujan pun suatu saat akan berhenti". Begitulah yang saya rasakan pagi ini.

Lebih dari 5 hari tenggelam kepusingan karena salah satu blog Pojok Menulis kena hack-entah oleh siapa. Pada hari ini titik terang tanda masalah sudah terpecahkan sudah terlihat dengan baik. Masih belum sempurna seperti kemauan, tetapi semua tanda memberi indikasi bahwa blog berisi pelajaran-pelajaran kecil tentang bahasa Inggris, Indonesia, dan pengetahuan umum akan tetap hidup dan berjalan.

Kekhawatiran dan kecemasan selama beberapa hari terakhir mulai sirna. Awan gelap yang selama ini menutupi perlahan mulai menghilang.

Insya Allah. Blog itu akan kembali berfungsi. Perlahan, tapi pasti.

Beranjak dari blog yang kena hack tersebut, ada beberapa hal yang bisa ditimba. Ternyata menghadapi blog yang kena hack membutuhkan langkah-langkah tertentu yang bisa mengurangi meluasnya masalah sekaligus mempercepat menemukan solusinya. Beberapa langkah diantaranya sederhana dan tidak berkaitan dengan kondisi blog-nya sendiri.

Pelajaran yang bisa diambil dari kasus Pojok Menulis "kena hack" adalah

1. Tenangkan Diri

Siapa yang tidak akan kesal, marah, dan khawatir saat hasil kerja keras kita terancam sia-sia hanya karena ulah orang-orang tak bertanggungjawab? Semua pasti merasakan itu.

Sayangnya, ternyata perasaan seperti ini menghambat otak untuk beroperasi dengan cepat untuk mencari solusinya. Maklum, emosi dan kemarahan akan menutupi pemikiran logis.

Itulah mengapa orangtua di zaman dulu selalu berkata janganlah mengambil keputusan saat sedang emosi karena biasanya hasilnya tidak bagus.

Jika melihat ada masalah seperti ini, luangkan beberapa waktu untuk diam dan menenangkan diri. Jauhkan dari keinginan melihat situasi karena cenderung bisa menambah kemarahan.

2. Pelajari Situasi

Bukan hanya temukan masalahnya. Yang terpenting lihat kerusakan yang ditimbulkan dari berbagai sisi.

Sebuah blog yang kena hack akan berimbas pada banyak hal dan bukan hanya pada trafik pengunjung. Seperti contoh, blog PM pengunjungnya menurun, hal ini disebabkan karena posisi ratusan URL-nya digantikan oleh URL berbahasa Jepang.

Masalahnya bukan sekedar berkurangnya trafik pengunjung, tetapi juga ribuan URL palsu masuk ke dalam database Google dan dianggap sah. Hal ini bisa berbahaya bagi kelangsungan blog PM di masa yang akan datang karena PM bisa dianggap sebagai website yang banyak broken link-nya.

Jadi, pelajari situasi dan apa saja yang terkena.

3. Temukan Tindakan Untuk Menghilangkan Masalah

Pengetahuan kita terbatas. Maklum namanya juga manusia. Tidak semua hal kita tahu, apalagi soal cara mengatasi hack - yang biasanya dilakukan orang yang pinter IT -. Jarang blogger menguasai pengetahuan dalam hal ini.

Jadi, lakukan pencarian sesegera mungkin. Pergunakan mesin pencari Google dan cari sebanyak mungkin informasi terkait kejadian yang mirip. Disini pengetahuan berbahasa Inggris akan sangat membantu karena kebanyakan blogger Indonesia belum menulis tentang bagaimana cara mengatasi hack seperti ini.

Kumpulkan sebanyak mungkin informasi dan berbagai cara pemecahan masalahnya.

4. Lakukan Dengan Cepat!

Jangan tunda. Pelajari dan ambil tindakan dengan cepat.

Semakin lama masalah dibiarkan, semakin besar kerusakan yang ditimbulkan. Semua langkah harus dilakukan dalam waktu sesingkat mungkin.

Tinggalkan semua hal yang lain dan fokus lah pada penyelesaian masalah yang satu ini.

Juga, tidak perlu bertanya kepada para "mastah" atau yang dianggap mastah di komunitas blogger. Bukan karena tidak ada yang mampu - rasanya pasti ada yang pernah mengalami -, tetapi karena akan makan waktu lama menunggu respon. Ditambah dengan bervariasinya saran tidak jelas yang menambah pusing kepala saat memutuskan.

Jangan buang waktu dan lakukan semua tindakan dengan cepat.

5. Ambil Resiko!

Tidak ada pemecahan masalah yang sempurna. Semuanya pasti ada resiko dan konsekuensinya.

Bisa dimaklum, rasa sayang melihat hasil kerja cukup lama terbuang percuma begitu saja, tetapi waktu akan terbuang jika solusi tidak ditemukan segera.

Tidak beda dengan seorang dokter yang terkadang harus mengambil langkah drastis mengamputasi salah satu organ pasien demi menyelamatkan nyawanya. Begitupun dalam kasus blog kena hack. Berpikirlah dengan berani dan ambil resiko.

Pada kasus blog PM, saya memutuskan membuang semua file lama dari server dan menggantinya dengan instalasi baru. Memang, dampaknya sudah bisa diduga bahwa pengunjung akan menurun drastis dan banyak hal, seperti memasukkan kembali image satu persatu harus dilakukan ulang. Tetapi, hal itu sangat membantu mempercepat penyelesaian masalah.

Indikasi bahwa blog PM sudah mulai normal adalah screenshot dari Google Webmaster di bawah ini


 Tidak ada error. Yah, tidak ada juga tulisan yang terindex. Tetapi, setidaknya tanda-tanda script yang mengacau sudah tidak lagi ada. Google sudah menganggapnya sebagai normal saja.

Tinggal menunggu agar berbagai tulisan yang ada di blog PM didatangi kembali oleh bots Google. Apakah nanti akan menempati posisi semula atau tidak, bukan juga masalah. Yang terpenting, blog PM tetap hidup dan berfungsi dengan baik.

Persis orang sakit, ia akan membutuhkan waktu untuk kembali normal.

Jadi, berani mengambil resiko itu penting sekali dalam mengatasi masalah seperti ini.

6) Sabar

Selama mengatasi masalah blog kena hack ini, akan selalu timbul rasa marah dan kesal kepada si hacker. Pasti itu. Kerusakan yang terlihat selalu membangkitkan rasa kesal dan geram kepadanya.

Sabarkan diri dan tetaplah berkonsentrasi pada masalah.

Jangan sampai kemarahan itu mengganggu dan justru membuat otak tidak bisa berpikir jernih.

Itulah pelajaran yang bisa diambil dari kasus blog Pojok Menulis kena hack. Rupanya pemecahan masalah, bisa berlaku dalam kasus apapun, kuncinya ada pada diri sendiri. Kemampuan melakukan tindakan dengan benar bukan berasal dari orang lain, tetapi dari dalam diri kita sendiri.

Setidaknya, kasus ini terlihat sudah memiliki titik terang, blognya mulai berjalan kembali, dan semuanya itu selesai dalam waktu beberapa hari saja. Tidak berlarut.

Alhamdulillah, meski belum pulih, blog PM sepertinya akan kembali beroperasi secara normal segera.

O ya satu lagi. Berdoa. Jangan pernah lupakan ini karena seberapapun upaya manusia, hanya DIA yang bisa memberikan jalan. Manusia boleh berusaha TUHAN yang menentukan.

Itu saja sobat Maniak.

Selamat pagi. Have a nice day!

2 Responses to "Pelajaran Dari Blog Yang Kena Hack : Langkah-Langkah Pemecahan Masalah"

  1. Wah rupanya Pak Anton sudah bisa tersenyum lagi nih. He..he..he

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel