Menganggap Semua Ide Penting Sangat Membantu Seorang Blogger


Lagi-lagi. Dan memang mungkin itulah sesuatu yang membuat Maniak Menulis akan mendapatkan banyak cibiran dan cemoohan dari banyak blogger. Di saat banyak blogger menyarankan untuk "hanya" menulis ide yang penting-penting saja, blog ini justru akan menyarankan kepada para blogger untuk menganggap semua ide penting.

Jangan pernah memilah mana yang "penting" dan mana yang "tidak penting". Jangan pernah berpikir hanya membuat artikel tentang sesuatu yang kita anggap "bermanfaat" atau "penting".

Anggaplah semua cetusan pemikiran di kepala Anda sebagai "penting" dan "bermanfaat".

Hal itu akan membantu sekali bagi blogger, seperti Anda dan saya.

Mengapa Semua Ide Harus Dianggap Penting dan Bermanfaat?

Sederhana saja alasannya.

1. Kita tidak bisa membaca pikiran orang : Sesuatu yang tidak penting bagi kita belum tentu tidak penting bagi orang lain

Dalam hal ini, dapatkah Anda mengetahui apa yang dibutuhkan oleh orang lain? Kecuali mereka mengatakan atau menuliskannya, maka jawabnya adalah tidak.

Bahkan, marketing di sebuah perusahaan yang berpendidikan tinggi sekalipun, tidak akan bisa melakukannya padahal mereka sudah melakukan survey. Mereka hanya bisa membuat asumsi , dugaan saja, dan tidak pernah bisa memastikan apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli produk mereka.

Lalu, bagaimana seorang blogger bisa tahu bahwa satu hal itu dibutuhkan atau tidak?

Pengalaman menunjukkan bahwa sesuatu yang saya anggap remeh sekali dan tidak penting, justru membuat saya terbelalak kaget, dan merasa malu. Sebuah tulisan saya di blog Lovely Bogor hanya berisikan tentang "cara menuju sebuah lokasi wisata di kota Bogor".

Saya hanya membuat tulisan karena iseng dan sambil tertawa-tawa.

Hasilnya, lebih dari 100 ribu orang membaca tulisan itu dan masih terus mendatangkan pengunjung ke blog tersebut.

Sesuatu yang tidak penting bagi kita belum tentu tidak penting bagi orang lain.

2. Menjauhkan blogger dari "Kehabisan Ide"

Yang ini tidak penting dan tidak akan menarik. Yang itu sepertinya hal kecil dan tidak terlihat keren.

Lalu apa yang akan ditulis?

Pikiran kita terkadang termanipulasi oleh keinginan untuk tampil keren, profesional, heboh dan pada akhirnya cenderung membuang ide-ide sederhana yang menurut kita tidak penting.

Padahal, hasilnya adalah dari 10 ide, hanya 2-3 saja yang dijadikan tulisan.

Bayangkan saja, kalau hal itu terus terjadi. Ide-ide akan terbuang percuma dan tidak pernah diwujudkan menjadi tulisan. Hasilnya, ketersediaan stok ide akan terus menerus menipis karena banyak yang dibuang.

Dengan menganggap semua ide penting, maka hal itu akan menjamin bahwa tidak akan ada ide yang terbuang. Stok ide akan tetap banyak di kepala kita dan ujungnya, kita bisa terus menulis dengan ide apapun yang melintas di kepala karena semuanya adalah ide penting.

Jangan memandang diri sendiri terlalu tinggi dan tahu segalanya. Tidak ada orang seperti itu di dunia.

Penting atau tidaknya sebuah tulisan dan ide bukan kita, penulis atau blogger yang menentukan, pembaca lah yang menilai.

Sebuah cerita sederhana tentang perjalanan ke Yogya tentu tidak penting ketika Anda mencari informasi tentang cara membuat blog, tetapi tulisan itu bisa memberikan gambaran pada mereka yang hendak pergi kesana suasana di salah satu sudut kota tersebut.

Lagipula, pernahkah terbayang lahir sebuah lagu yang sampai sekarang masih terdengar dan terus dinyanyikan kalau pada saat itu Ibu Soed hanya menulis tentang lagu bertema "penting"? Apakah Anda akan pernah mendengar lagu "Balonku Ada Lima"?

Tidak. Kalau sang maestro lagu anak-anak itu berpikiran ala Internet Marketer yang hanya menulis hal-hal penting, tidak akan ada anak-anak yang gembira dan belajar tentang warna.

Terlalu banyak contoh bahwa hal kecil nan tidak penting bisa menjadi hal besar ketika berada di tangan orang yang tepat.

Apakah Anda orang yang "tepat" itu, Anda lah yang menentukan, tetapi Anda sudah pasti bukan orang yang tepat ketika Anda tidak bisa menganggap semua ide penting dan hanya memilih yang "penting-penting" saja.


6 Responses to "Menganggap Semua Ide Penting Sangat Membantu Seorang Blogger"

  1. Pak ..... knp blog PM... tdk bisa akses seperti biasanya...lewat dekstop tdk muncul dan lewat HP ada pemberitahuan seperti " Sertifikat keamanan situs ini bermasalah " ?

    Maaf Pak komentnya tdk relevan dng artikel diatas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blog PM.. ditiadakan. Alias dihapus, kerusakannya terlalu parah.. hehehehe.. maksudnya dipindah kantornya.. URL yang lama benar-benar sudah rusak terutama karena Google tetap menindex ratusan ribu link yang sebenarnya tidak ada.. akibat script itu.

      Blog itu sedang dipindah kantornya, pakai URL baru dan sedang dikerjakan. Belum selesai 100%...

      Delete
  2. ooo... betul berati dugaan saya..... sebaiknya disembunyikan saja dulu Pak...khawatir si Hack macem2 lg. Good Luck... Pak.

    ReplyDelete
  3. Wah ternyata saya sudah buang terlalu Banyak​ ide yang menurut saya tidak penting.
    Saya baru nyadar setelah baca artikel ini.
    Bahwa yang menurut saya tidak penting justru bisa jadi hal penting buat orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah.. sayang kan ide tersebut jadi tidak dijadikan tulisan.

      Pungut kembali dan kemudian tulis

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel