Memata-Matai Blog Pesaing Itu Wajib Hukumnya ! Jika, Uang Adalah Tujuan Anda


Dunia blog adalah dunia yang kompetitif, itu kalau uang dan ketenaran adalah target utama. Jika memang tujuan mendirikan sebuah blog adalah untuk memenuhi pundi-pundi uang, suka tidak suka, mau tidak mau maka dunia blogging harus dianggap sebagai sebuah dunia kompetisi, dunia bisnis, medan perang.

Untuk itu juga berlaku filosofi bisnis dan filosofi perang.

Siapa kuat dia menang. Siapa pintar dan cerdik dia tidak terkalahkan. Survival of the fittest. Filosofi seperti itu haruslah menginspirasi tindakan seorang blogger yang ingin kaya dari blognya.

Salah satu filsuf yang banyak menginspirasi mereka-mereka yang bergelut di dunia bisnis dan kemiliteran adalah Sun Tzu.

Filsuf yang merupakan penasehat militer beberapa abad lalu di Cina menelurkan berbagai filosofi yang bahkan hingga masa sekarang masih sangat relevan. Ratusan buku, baik tentang kemiliteran dan bisnis terbit hanya berdasarkan sebagian dari filosofi yang ditulisnya.

Salah satu filosofi cetusannya yang paling menginspirasi banyak orang adalah "KENALI DIRIMU, KENALI LAWANMU, DAN KAMU TIDAK AKAN TERKALAHKAN DALAM SERIBU PERTEMPURAN".

Singkatnya begitulah inti dari filosofi si Sun Tzu.

Seseorang harus mengenali diri dan musuhnya jika ingin menang dalam pertempuran. Kalau tidak, jangan harap. Kekalahan sudah pasti akan datang.

Sangat betul. Cobalah bayangkan jika Anda mengajak bertarung seorang petinju atau ahli bela diri, padahal Anda tidak tahu fakta itu. Yang ada adalah Anda akan babak belur dan benjut sana benjut sini karena gagal memahami kemampuan diri dan lawan.

Itulah mengapa banyak orang, perusahaan, negara melakukan yang namanya kegiatan mata-mata. Tujuannya untuk mengumpulkan data dan informasi terkait dengan "kekuatan lawan". Dengan mengetahui informasi seperti ini, tentunya ia bisa membuat strategi untuk mengalahkan lawannya.

Perlukah Blogger Memata-matai Blogger Lainnya?

Sekali lagi, JIKA memang uang dan ketenaran adalah tujuan utamanya, maka jawabannya adalah YA.

Blogger dengan tujuan ini harus memahami

  • Siapa pesaingnya
  • Apa kelebihan lawannya
  • Apa kekurangan lawannya
  • Apa teknik yang dipergunakannya
Semua itu untuk memastikan bahwa blog miliknya akan selalu ada selangkah di depan pesaingnya. Jika ukurannya posisi di SERP (Search Engine Result Page), maka ia harus selalu berada di peringkat satu dan tidak boleh berada di bawahnya.

Dengan begitu blognya akan memiliki keunggulan merebut hati pembaca.

Memata-matai blog pesaing tentunya akan memberinya keuntungan. Jika si pesaing mengeluarkan artikel baru tentang "cara menghasilkan uang dalam 1 minggu", ia harus membuat tulisan sejenis berjudul "cara menghasilkan uang dalam 3 hari".

Hal tersebut tidak akan bisa dilakukan kalau ia tidak pernah melihat, berkunjung, dan memata-matai blog pesaingnya. Ia akan tertinggal jauh kalau tidak segera menyadari langkah dan strategi yang diterapkan pesaingnya.

Kalau tertinggal jauh, pembaca bisa saja segera condong dan beralih kepada blog pesaingnya. Sulit merebutnya kembali kalau hal itu terjadi.

Untuk itulah, seorang blogger pemburu uang harus selalu siap siaga untuk menangkap perkembangan terbaru di pesaing-pesaingnya.

Caranya ya dengan memata-matai tadi.

Banyak yang memperhalus dengan mencari inspirasi atau ide atau belajar, tetapi pada dasarnya itu adalah sebuah teknik memata-matai pesaing. Beda dengan seorang blogger yang menulis tentang memasak yang berkunjung ke blog tentang mobil, barulah disebut belajar atau mencari inspirasi. Kalau seorang blogger membahas tentang sebuah tema kemudian berkunjung ke blog lain yang membahas tentang tema yang sama, yaitu menghasilkan uang, ya namanya memata-matai.

Diperhalus gimanapun, ya intinya mencari apa yang baru, apa yang ngetren di blog tersebut untuk kemudian diterapkan di blognya sendiri.

Jadi, sekali lagi jika blog dianggap sebagai ladang penghasil uang, berlakulah sebagai seorang pebisnis, dan jangan ragu untuk memata-matai pesaing Anda.

Halal dan sah kok. Selama Anda tidak melakukan copy-paste, ya normal. Apalagi ada bahasa yang diperhalus seperti re-write atau mencari ide dan inspirasi.

Jadi, mulailah memata-matai blog orang lain. Tentunya, jika Anda mau.

:D

4 Responses to "Memata-Matai Blog Pesaing Itu Wajib Hukumnya ! Jika, Uang Adalah Tujuan Anda"

  1. tpi...klu pak Anton pakai ngk " metode mata2ai" nya...?

    ReplyDelete
  2. Lha kan saya sendiri tidak fokus pada mencari uang, lalu untuk apa saya memata-matai dan bersaing?

    ReplyDelete
  3. Di grup wa saya juga belajar pak cara memata-matai blog lawan caranya supaya page one, riset KW dll. Tapi itu bikin saya harus mikir lagi waktu nulis, Saya lebih nyaman nulis berdasarkan pengalaman.

    ReplyDelete
  4. Mah, kalau begitu jangan mengintip dan memata matai. Datang sebagai sahabat dan teman, hasilnya lebih baik

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel